Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendekatan Pembelajaran Penguasaan; Pengantar

Pendukung utama pendekatan pembelajaran penguasaan yakni Carrol, yang memadukan teori behavioristik dan humanistik. Belajar tuntas yakni taktik pembelajaran yang diindividualisasikan dengan memakai pendekatan kelompok (group-based approach).
Langkah-langkah pendekatan pembelajaran penguasaan, yaitu:
  1. Mengajarkan satuan pelajaran pertama dengan memakai metode kelompok.
  2. Memdiberi teori diagnostik untuk mengetahui kemajuan berguru siswa sehabis disampaikan satuan pelajaran tersebut.
  3. Siswa yang sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang sudah diputuskan diperkenankan menempuh pengajaran diberikutnya, sedangkan bagi yang belum didiberikan acara korektif.
  4. Melakukan investigasi selesai untuk mengetahui hasil berguru yang sudah tercapai oleh siswa dalam jangka waktu tertentu.
®
Kepustakaan:
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan, Teoritis-Praktis, dan Implementasi, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2007).