Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran 2 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah bersama. Edo menggunakan jaket ke sekolah. Jaket mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari udara dingin.

Kita memerlukan pakaian embel-embel ketika udara dingin. Pakaian embel-embel jaket atau sweater menciptakan badan hangat.

Makanan juga sanggup menciptakan badan hangat. Begitu juga minuman. Banyak masakan dan minuman yang sanggup menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan pameran masakan daerah. Setiap siswa membawa masakan dari kawasan asalnya. Kemudian, mereka menawarkan klarifikasi singkat perihal masakan tersebut.

Ayo Berdiskusi
Edo maju ke depan kelas untuk memimpin diskusi. Edo mendata kawasan asal teman-teman di kelas. Daerah asal yang dimaksud yaitu kawasan asalusul orang tuamu. Yuk, kita bantu Edo. Isilah tabel di bawah ini. Isi sesuai kawasan asal teman-teman di kelasmu.
No.Nama SiswaDaerah Asal
1.EdoMaluku
2.UdinJawa Barat
3.DayuBali
4.SitiJawa Tengah
5.UcokSumatera Utara
6.PatrickPapua
7.JuliLampung
8.AgusDKI Jakarta
9.SeptianSumatera Selatan
10.OktavianDKI Jakarta
11.NovendyDKI Jakarta
12.DestaD. I. Jogjakarta

Daerah asal teman-teman di kelas sangat beragam. Di Indonesia, asal-usul orang renta menjadi kawasan asal kita. Walaupun kita lahir di kawasan yang berbeda, tetapi kawasan asal orang renta tetap dianggap kawasan asal kita. Ini menandakan Indonesia terdiri atas bermacam-macam daerah. Indonesia juga mempunyai banyak suku bangsa. Kita mungkin berbeda kawasan dan suku bangsa. Akan tetapi, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.

Ayo Menulis
Tulislah percakapan terkait keadaan cuaca yang kau alami ketika ini.
Budi:hai Wawan!
Wawan:hai juga Bud, bagaimana kabarmu ?
Budi:aku baik-baik saja.bagaimana perasan kau katika demam isu hujan yang telah berlangsung ini?
Wawan:saya merasa bahagia alasannya sudah beberapa bulan ini demam isu kemarau, dan air higienis juga susah untuk didapatkan.
Budi:iya betul juga, tetapi ada salah satu keadaan yang tidak saya suka pada demam isu hujan. Ketika hujan terus maka kota ini akan banjir jikalau kita tidak menjaga kebersihan.
Wawan:ya memang begitu adanya, demam isu kemarau kekurangan air dan jikalau demam isu hujan tiba banjir dan beberapa peristiwa lainnya.
Budi:walaupun begitu kita harus tetap bersyukur alasannya datangnya demam isu bermanfaat bagi kehidupan masyarkat.

Ayo Bercerita
Ceritakan hasil percakapanmu di depan kelas. Sampaikan info yang kau peroleh. Berceritalah dengan penuh percaya diri. Perhatikan volume dan intonasi suara. Pastikan suaramu terdengar ke seluruh kelas.
Di negara kita Indonesia mengenal dua demam isu yaitu demam isu hujan dan demam isu kemarau. Pada ketika demam isu kemarau biasanya persediaan air higienis berkurang. Pada ketika demam isu hujan air melimpah dan terkadang menyebabkan peristiwa alam. Namun kita harus tetap bersyukur alasannya dengan adanya kedua demam isu tersebut masyarakat tetap sanggup melaksanakan aktivitasnya dengan baik.

Ayo Berlatih
Cuaca hari ini masih terlihat cerah. Ayo, kita melaksanakan acara di luar kelas. Beraktivitas saat
cuaca cerah sangat menyenangkan. Berdirilah berjajar. Ambil jarak dengan merentangkan tangan. Yuk, lakukan gerakan bangkit memalsukan burung bangau. Sebelumnya, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu.

Berdiri Menirukan Burung Bangau
Sikap Permulaan:
Berdiri tegak, kedua tangan terentang.
 Jaket mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari udara cuek Pembelajaran 2 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Gerakannya:
  1. Tekuklah kaki kiri dan pertahankan kaki tumpu. Pertahankan perilaku ini selama 5-8 hitungan
  2. Kemudian, ganti kaki yang sebelahnya. Pertahankan perilaku ini selama 5-8 hitungan.

Rasakan perbedaan kedua kaki tumpumu. Kaki tumpu mana yang kau rasakan lebih kuat? Apakah kaki kiri atau kaki kanan? Ayo, lomba menirukan gerakan burung bangau. Ajak semua sahabat di kelas. Bertumpulah pada satu kaki. Jagalah keseimbangan dengan bangkit sampai hitungan 5-8.

Siapa yang paling usang bertahan? Dialah yang akan menjadi juaranya. Sebelum kembali ke kelas, lakukan gerakan pendinginan. Tarik napas yang dalam, tahan, hembuskan perlahan.
Sumber http://www.mikirbae.com/