Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba, langit berubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.

Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh.

Keadaan cuaca memang sering berubah-ubah. Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang.

Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.

Ayo Mengamati
Udara malam setelah hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan acara dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menuntaskan soal-soal berikut ini. Tuliskan keadaan cuaca menurut gambar di bawah ini!
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Ayo Menulis
Cuaca sanggup berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan. Di bawah ini yaitu simbol-simbol cuaca. Amati baik-baik.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Amati cuaca selama lima hari. Lengkapi tabel di bawah ini. Gunakan simbol cuaca.
WaktuSeninSelasaRabuKamisJumat
Siang
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Malam
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Cuaca apa yang sering terjadi di daerahmu lima hari ini malam cerah

Tuliskan informasi yang kau ketahui perihal keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya. Gunakan kalimat yang baik dan gampang dimengerti.
  1. Cuaca cerah yaitu keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya. Ciri-cirinya langit terang, awan yang terlihat di langit hanya sedikit, dan udara terasa hangat.
  2. Cuaca panas / cerah berawan yaitu keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya dengan terik. Udara terasa panas dan terasa memperabukan kulit. Di ketika panas, angin bertiup kencang dan banyak debu berterbangan
  3. Cuaca berawan yaitu keadaan ketika sinar matahari tertutup oleh awan. Langit menjadi agak gelap, awan menebal, dan udara terasa dingin. Keadaan cuaca ibarat ini mengambarkan akan turunnya hujan.
  4. Cuaca hujan yaitu keadaan ketika butiran-butiran air jatuh ke bumi. Ketika cuaca hujan udara terasa hirau taacuh dan langit menjadi gelap. Cahaya matahari hanya sedikit terpancar alasannya tertutup oleh awan.

Ayo Berlatih
Udin menonton informasi prakiraan cuaca di televisi. Ibu membawakan makanan ringan anggun bolu kesukaan Udin. Satu loyang makanan ringan anggun bolu dengan aroma cokelat. Harum cokelatnya mengundang selera. Lalu, makanan ringan anggun tersebut dipotong menjadi dua. Satu makanan ringan anggun dipotong menjadi dua. Setiap potongan disebut satu perdua atau seperdua. Kedua potongan satu per dua dibagi lagi menjadi empat.

Sekarang setiap potongan disebut satu perempat atau seperempat. Ibu memotong makanan ringan anggun menjadi delapan bagian. Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan bab dari makanan ringan anggun yang utuh. Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.

Ayo Berlatih
A. Mengenal pecahan sederhana
Mengenal pecahan setengah, sepertiga, seperempat, dan seperenam. Perhatikan potongan makanan ringan anggun A dan B di bawah ini.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Kue A
  1. Satu dibagi 2 bab yang sama.
  2. Nilai tiap bab satu per dua atau seperdua.
  3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya 1 per 2 atau seperdua.
  4. Lambang pecahan seperdua yaitu 1/2 .
  5. 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Kue B
  1. Satu dibagi 4 bab yang sama.
  2. Nilai tiap bab satu per empat atau seperempat.
  3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya 1 per 4 atau seperempat. Lambang pecahan seperempat yaitu 1/4 .
  4. 1 disebut pembilang dan 4 disebut penyebut.

Tulislah lambang pecahan untuk soal di bawah ini.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
  1. Berapa bab pizza yang sudah dimakan Udin?1/4
  2. Siti bahagia makan buah apel. Ia ingin membaginya pada Lani dan Dayu. Berapa bagiankah buah apel dipotong supaya Siti, Lani, dan Dayu menerima bab yang sama?1/3
  3. Ibu menyediakan satu roti panjang untuk sarapan pagi keluarga. Roti utuh ini dipotong menjadi 4. Setiap anggota keluarga akan menerima berapa bab roti?1/4
  4. Saat udara panas, makan buah jeruk terasa menyegarkan. Beni ingin membagi jeruknya pada Edo. Dari satu buah jeruk, Beni dan Edo akan menerima berapa bagian?1/2
  5. Lani membawa makanan ringan anggun bulan ke sekolah. Lani ingin membaginya untuk 4 orang. Satu bab diberikan untuk Lani, Siti, Udin, dan Beni. Berapa  bab makanan ringan anggun kah yang didapatkan setiap teman?1/4
  6. Siti berulang tahun. Dia ingin membuatkan martabak anggun aneka rasa untuk teman-teman di kelas. Satu loyang martabak dipotong untuk 8 orang. Berapa bab martabak untuk setiap orang?1/8

Ayo Bernyanyi
Cuaca malam masih diselimuti hujan. Saat hujan, bulan tak tampak di langit. Ibu mendendangkan lagu Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti berguru di kamar. Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama.
 Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola Pembelajaran 1 Subtema 1 Keadaan Cuaca
Nyanyikanlah dengan irama yang tepat. Ada bab yang kita nyanyikan dengan tempo irama cepat. Ada bab yang kita nyanyikan dengan tempo irama sedang. Ada pula bab yang dinyanyikan dengan tempo irama lambat.

Perhatikan lagu Ambilkan Bulan Bu. Kalimat 1 dan 2 mempunyai tempo irama yang sama. Menyanyi sanggup menciptakan hati senang. Menyanyi juga sanggup menenangkan hati.
Sumber http://www.mikirbae.com/