Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran 5 Subtema 2 Saya Anak Mandiri

Siti berlatih biar sanggup menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.

Edo berlatih biar sanggup membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumah bersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan beling meja.

Lani berlatih biar sanggup memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.

Udin berlatih biar sanggup menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank. Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.

Ayo Berlatih
Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapat tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus sanggup terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga mempunyai banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri.
Siti berlatih biar sanggup menjahit dengan berdikari Pembelajaran 5 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas! Apa saja tanda pengenal yang dimiliki Siti dan Lani?

Tanda pengenal anda pengenal yang ada pada seragam pramuka yang dikenakan Lani dan Siti ialah tanda jabatan, tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.

Apa saja persamaan dan perbedaannya?
Tuliskan persamaan dan perbedaan pada tabel berikut!
PersamaanPerbedaan
Tanda tutup kepala, tanda pandu sedunia, TKK memasak, TKK menabung, TKK merapikan rumah, dan TKK menyiram tanaman.Perbedaan: tanda jabatan

Ayo Berlatih
Siti mempunyai tanda jabatan berbentuk persegi panjang. Mari, mengenal sifat persegi panjang melalui
acara berikut ini! Ikuti acara berikut untuk mengetahui sifat dari bangkit persegi panjang! Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang! Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari belahan kertas!
Siti berlatih biar sanggup menjahit dengan berdikari Pembelajaran 5 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Ukur sisi AB memakai tali, kemudian potong.
Ukur sisi BC memakai tali, kemudian potong.
Ukur sisi CD memakai tali, kemudian potong.
Ukur sisi DA memakai tali, kemudian potong.
Tempelkan tali pada tabel berikut
SisiPotongan Tali
AB
Siti berlatih biar sanggup menjahit dengan berdikari Pembelajaran 5 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
BC
CD
DA

Apa yang kalian temukan?...
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu, ukur semua sudut persegi panjang memakai pojok siku-siku!
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A = sudut B  = sudut C  = sudut D.

Jawablah pertanyaan berikut ini menurut acara sebelumnya! Jawaban pertanyaan akan membantumu menciptakan tamat sifat persegi panjang.
  1. Apakah persegi panjang merupakan bangkit segi empat? (Ya)
  2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya? (Sisi yang berhadapan mempunyai ukuran yang sama)
  3. Bagaimana ukuran besarnya sudutnya?..(Semua sudut sama besar, yaitu 4 pojok siku-siku)
  4. Buatlah tamat sifat persegi panjang dari acara tersebut!
Kesimpulan :
Persegi panjang ialah bangkit segi empat dengan sisi yang berhadapan sama panjang, dan mempunyai empat sudut siku-siku.

Kegiatan memilih sifat persegi panjang sanggup dilakukan secara berkelompok. Bekerja sama dengan sobat satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih mudah. Pekerjaan juga sanggup dikerjakan lebih cepat.

Anggota pramuka dilatih mempunyai keterampilan secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan tenda. Saat mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih biar sanggup bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai.

Bekerja sama dan saling menolong. termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila. Bunyi sila ketiga ialah persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga Pancasila ialah pohon beringin.

Ayo Membaca
Persatuan Indonesia
Sekelompok anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian suatu masalah. Mereka mencari cara untuk menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua anggota memberikan pendapat. Mereka oke mengadakan acara membersihkan selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka memperlihatkan perilaku pengamalan dari sila Pancasila.

Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan. Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memperlihatkan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila ialah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Semua penerima musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan teladan pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila ialah persatuan Indonesia.

Ayo Berlatih
Warnailah bab perisai lambang negara berikut ini!
Warnailah sesuai dengan sila Pancasila!

Isilah tabel berikut dengan benar!
Sikap/PerilakuPengamalan dari Sila Pancasila
LambangBunyi
BeribadahBintangKetuhanan Yang Maha Esa
Memberi sumbangan kepada orang yang kesulitanRantaiKemanusiaan yang Adil dan Beradab
Memberi kesempatan semua anggota tampilPadi dan KapasKeadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mendamaikan sobat yang sedang berselisihKepala BantengKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan
perwakilan
Membersihkan kelas bersama-samaPohon BeringinPersatuan Indonesia

Apakah kau pernah melaksanakan salah satu perilaku tersebut di atas? Coba tuliskan pengalamanmu! Tuliskan pula sila Pancasila yang sesuai dengan pengalamanmu!
Sumber http://www.mikirbae.com/