Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kriteria Rumah Idaman Keluarga Kala Kini

INIRUMAHPINTAR - Berbicara tentang kriteria dan ciri-ciri rumah idaman keluarga masa kini, ada sebuah peribahasa terkait yang menyampaikan bahwa “Rumahku yakni Surgaku”. Benar saja, mempunyai sebuah rumah menjadi sebuah harapan yang sangat berharga bagi sebuah keluarga, bagaikan bermimpi mempunyai kehidupan nirwana dan seisinya. Rumah tidak spesialuntuk sekedar sebagai tempat berteduh dari terik matahari dan hujan, melainkan rumah yakni tempat membuatkan kebahagiaan dan kesedihan antar anggota keluarga. melaluiataubersamaini kata lain, rumah yakni nirwana tempat membuatkan suka dan duka, tawa dan lara, bangga dan sengsara. Tanpa rumah, tak ada tempat berbagi, sehingga tak ada ruang untuk mencicipi senang bersama dan tak ada ruang menenangkan hati di kala sedih melanda dalam jiwa, dan itu sama saja tak ada kehidupan nirwana di dunia.

Rumah harapan setiap keluarga tentu tidak sama-beda. Ada keluarga mempunyai selera tinggi dan mewajibkan hadirnya perabot mahal serta pernak-pernik antik di dalam rumah impiannya. Ada juga keluarga yang tidak bermimpi macam-macam, asal mempunyai rumah sendiri yang cukup menampung seluruh anggota keluarga dianggap lebih dari cukup. Perbedaan inilah yang menjadi bab peradaban insan dalam pemenuhan “papan”, setelah “sandang” dan “pangan”. Seiring berjalannya waktu, perbedaan selera itulah yang melahirkan wajah peradaban insan baik di kota besar maupun di desa pedalaman. Di kota besar, tampak gedung bertingkat berkolaborasi dengan rumah-rumah bergaya minimalis, dirancang oleh arsitek ternama, dan bernilai ratusan sampai milyaran rupiah. Sedangkan, di pedesaan, yang tampak mendominasi yakni rumah sederhana berdinding bilik bambu atau kayu berkarakter sedang. Namun, bagaimanapun rupa rumah tersebut, bahwasanya ciri-ciri rumah yang menjadikannya sebagai tempat tinggal harapan bergantung pada pribadi-pribadi yang hidup di dalamnya.

Berikut ini yakni kriteria dan ciri rumah idaman keluarga masa kini:

1.  Berlokasi di dataran tinggi (sejuk dan bebas banjir)

Memiliki rumah yang berlokasi di dataran tinggi ialah salah satu harapan keluarga Indonesia. Keuntungan utama yang akan dinikmati pemiliki rumah di dataran tinggi yaitu mereka akan terbebas dari tragedi banjir dan dimanjakan dengan udara sejuk.

2.  Berlokasi di kawasan strategis

Memilih hidup di rumah yang berlokasi di kawasan strategis juga menjadi tren masa kini. Rumah yang akrab dengan sentra pemerintahan, sekolah, tempat ibadah, pasar, dan tempat kerja mempunyai laba tersendiri. Banyaknya kesibukan dan terbatasnya mobilitas alasannya yakni macet atau jarak yang jauh merupaka alasan utama untuk menentukan tempat tinggal di kawasan yang tidak membutuhkan waktu usang menjangkau tempat-tempat strategis yang sering dikunjungi.

3.    Memiliki lingkungan yang kondusif dan tenang

Apa artinya hidup bersama keluarga di rumah yang bebas banjir dan akrab dengan pusat-pusat strategis tanpa mempunyai jaminan keamanan  dan bebas dari polusi suara. Hal ini tentu menjadi sebuah prasyarat dan pertimbangan saat menentukan rumah tinggal. Rumah idealnya harus terbebas dari potensi kejahatan, apalagi rumah yang sering ditinggal kosong pada jam kerja. Selain itu, menghindari jalan raya utama dan pabrik yang menghasilkan polusi bunyi juga harus diperhatikan.

4.    Memiliki halaman yang lapang

Walau tidak menjadi prasyarat utama, mempunyai rumah harapan yang mempunyai halaman yang lapang sanggup menjadi nilai tambah bagi kehidupan sebuah keluarga. Halaman depan yang lapang sanggup dimanfaatkan untuk taman, garasi mobil, dan bak ikan. Sedangkan di halaman belakang sanggup dimanfaatkan sebagai  ruang terbuka, bak renang, area bercocok tanam, dan sebagai tempat bermain yang kondusif untuk anak-anak.

5.    Memiliki sumber air dan listrik yang memadai

Tercukupinya pasokan air dan listrik yakni bab terpenting dalam menentukan sebuah rumah tinggal untuk keluarga. Tanpa air dan listrik, tak ada kehidupan. Andaikan tak ada pasokan air dari PDAM, yang terpenting yakni masih adanya alternatif lain menyerupai tersedianya sumber air tanah yang cukup sehingga memungkinkan penerapan sumber air bor atau sumur pompa. Mengenai pasokan listrik, jikalau tak memungkinkan tersedinya pasokan dari PLN, memanfaatkan teknologi listrik tenaga surya sanggup menjadi pilihan.

6.    Didiami oleh keluarga yang serasi dan religius

Ciri penting yang juga termasuk dalam kriteria rumah idaman yaitu rumah yang mempunyai keluarga yang serasi dan religius. melaluiataubersamaini kata lain, rumah tidak cukup spesialuntuk terpenuhi secara lahir dan material tetapi rumah juga harus terpenuhi secara psikologis maupun batin. Kesempurnaan nilai-nilai lahiriah dan batiniah inilah kemudian yang menjadi “the main model and power of home” dengan istilah rumahku yakni surgaku.

Sekian dulu artikel ide pada peluang ini. Jangan lewatkan tulisan-tulisan menarikdanunik selanjutnya. Semoga bermanfaa!