Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap

INIRUMAHPINTAR - Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap - Teks Deskripsi ialah salah satu bahan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP/MTs sederajat dalam kurikulum 2013 versi revisi terbaru 2016. Materi tersebut ialah pembagian terstruktur mengenai dari dua kompetensi dasar. Pertama, siswa mengidentifikasi gosip dalam teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat bersejarah, lokasi wisata, dan atau aula festival seni daerah) yang didengar dan dibaca. Kedua, siswa menentukan  isi teks  deskripsi  objek yang didengar dan dibaca tersebut.

Berikut ini klarifikasi lengkap wacana Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umum teks deskripsi, Struktur teks deskripsi, dan Kaidah kebahasaan teks deskripsi:

Pengertian teks deskripsi

Kata deskripsi berasal dari verba to describe (Ing.) yang artinya menguraikan, menggambarkan, atau rnelukiskan. Teks deskripsi sanggup diartikan sebagai teks yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan situasi atau masalah. Teks deskripsi yaitu teks yang bertujuan rnemdiberikan kesan/impresi kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. melaluiataubersamaini deskripsi yang baik pembaca sanggup dibentuk seperti melihat. mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis.
Sumber gambaran : koleksi INIRUMAHPINTAR

Isi teks deskripsi

Dalam teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan/persepsi, hasil observasi dan kata hatinya kepada pembaca dengan memberikan sifat dan tiruana perincian yang sanggup ditemukan pada objek yang diamati. melaluiataubersamaini istilah lain, melalui teks/paragraf deskripsi, penulis berusaha membuat sensasi/impresi indera pembaca dalam rangka menghasilkan kesan menurut daya nalar dan imajinasinya.

Ciri umum teks/paragraf deskripsi

  1. Teks deskripsi melukiskan atau menggambarkan kondisi objek, tempat, peristiwa, dan semacamnya secara terperinci.
  2. Teks deskripsi mempersembahkan kesan menurut efek panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat. mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis
  3. Teks deskripsi menggali sumber wangsit dari pengamatan (observasi) sehingga semakin baik dan detail pengamatan seorang penulis, maka besar kemungkinan penggambaran dalam teks deskripsi semakin baik dan detail pula.
  4. Teks deskripsi membutuhkan data-data valid berupa fakta dan sesuai realita sebagai gambaran untuk memperjelas penggambaran.
  5. Teks deskripsi menggunakan pola pengembangan urutan ruang. Di bab ini, penulis menggambarkan suatu kondisi, peristiwa, dan hal dalam teks deskripsi menurut objek yang diamati satu persatu atau secara bergantian.

Struktur teks deskripsi

Struktur Umum teks deskripsi, yaitu:
  1. Identifikasi, meliputi identifikasi wacana topik yang akan dideskripsikan (misalnya: tempat, benda, binatang, orang atau sesuatu yang akan dideskripsikan)
  2. Deskripsi, meliputi deskripsi rinci wacana bagian-bagian topik yang dideskripsikan, contohnya wacana ciri fisik (warna, ukuran), sifat-sifat, asal, kesukaan, dan lain-lain. Deskripsi spesialuntuk mempersembahkan gosip terkena tempat, benda, atau orang, hewan tertentu yang dibahas saja (tidak boleh melebar ke topik lain), contohnya deskripsi wacana rumah aku, (maka pembahasannya serius pada ciri-ciri rumah aku, sehingga pembaca seperti mengenali setiap detail rumah aku)

Kaidah Kebahasan teks deskripsi

Berikut ini yaitu kaidah kebahasaan teks deskripsi:
  1. Teks deskripsi menggunakan kata benda sesuai topik yang ingin dideskripsikan. Misalnya, rumah, sekolah, mitra aku, guruku, dsb.
  2. Teks deskripsi menggunakan frase yang mengandung kata benda. Misalnya, dia yaitu seorang kepala sekolah baik hati, dsb.
  3. Teks deskripsi mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Misalnya, dua sepatu hitam, satu siswa rajin, dsb.
  4. Teks deskripsi mengandung kata kerja Transitif untuk mempersembahkan gosip subjek. Misalnya, siswa itu menggunakan baju seragam putih biru, dsb
  5. Teks deskripsi mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) untuk mengungkapkan pandangan eksklusif penulis wacana subjek. Misalnya, saya pikir itu yaitu kucing pintar, saya meyakini buku itu mahal, dsb
  6. Teks deskripsi mengandung kata keterangan untuk mempersembahkan gosip suplemen wacana objek. Misalnya, dengan cepat, di sekolah, di rumah, dsb.
  7. Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Misalnya, kulitnya putih ibarat sagu, dsb.

misal-contoh teks deskripsi

Untuk memahami lebih jelas, diberikut ini disajikan beberapa pola teks deskripsi:

Teks deskripsi 1 wacana lingkungan rumah

Di teras rumah sudah tersedia nasi gerah dan guaka lauk. Selain majemuk sayur dan ayam goreng, terdapat juga sambal dan lalapan. Lebih istimewa lagi, ada ikan bakar yang masih mengepukan asap. Panas dan gurih baunya. Terpaan angin pegunungan yang hambar dan gurihnya ikan bakar membuat kami semakin lapar dan selera makan kami meningkat tajam. Karena itu, setelah dipersilakan oleh tuan rumah, kami tak malu-malu menyantap tiruana sajian dengan lahap. Enak, gurih, dan pedas kami rasakan hingga benar-benar kenyang.

Teks deskripsi 2 wacana lingkungan sekolah

Tiang bendera yang bangun tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Berdera tersebut gres saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.

Teks deskripsi 3 wacana tempat wisata

Permandian Alam Ompo terletak di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata sekitar 3 Km sebelah utara Kota Watansoppeng. Dalam daerah objek wisata Ompo ini terdapat areal untuk perkemahan dan balap motor (road race) dan juga terdapat sebuah danau buatan yang cukup luas sebagai areal bermain bahtera dan memancing ikan air tawar. Di bab luar, tempat wisata ini dikelilingi oleh kios-kios masakan dan minuman. Selain itu, tersedia juga tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Para pengunjung dimanjakan dengan dua kolam. Di bab timur, terdapat kolam kecil untuk belum dewasa sedangkan di bab tengah terdapat kolam berbentuk aksara "L" yang disediakan untuk orang dewasa. Di setiap sisi disediakan tempat berteduh sedangkan di bab utara dan selatan Ompo menyediakan kamar mandi dan tempat berganti pakaian. Secara umum, Ompo ialah tempat wisata yang sederhana, asri, dan menyejukkan.

Selanjutnya, implementasi bahan ini terperinci menjadi beberapa bab kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa, yaitu:
  1. Mengamati model-model teks deskripsi.
  2. Merumuskan pengertian dan menandakan isi teks deskripsi
  3. Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang meliputi beberapa aspek struktur dan kaidah kebahasaannya.
  4. Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk memilih isi dan ciri-cirinya menurut struktur dan kaidah-kaidahnya.
  5. Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari banyak sekali sumber untuk memilih isi dan ciri-cirinya.
Demikian pembahasan wacana Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap. Semoga bermanfaa!