Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti Apa Bidadari Nirwana Itu?

INIRUMAHPINTAR - Masuk nirwana yaitu hadiah terindah untuk orang-orang diberiman di hari kemudian. Salah satu kenikmatan yang niscaya diperoleh oleh hebat nirwana yaitu mendapat pasangan yang manis luar biasa, bening sebening-beningnya, dan lembut selembut-lembutnya yang dikenal sebagai bidadari surga. Namun, Seperti Apa Bidadari Surga Itu? Pembahasan diberikut ini gampang-gampangan mempersembahkan gambaran!

Apakah Rupa Bidadari Surga Seperti Artis atau Model? 

Walau sudah digambarkan dalam film-film, rupa bidadari yang sesungguhnya belum bisa tertandingi dan terjangkau oleh imajinasi manusia. Cantik, spesialuntuk kata itulah yang selalu disandarkan pada wajah bidadari. Namun, itu tidak cukup, walau seluruh kata dikumpulkan, dipastikan belum bisa mendeskripsikan rupa bidadadi surga. Bahkan artis dan model tercantik di seluruh penjuru dunia sekalipun tak bisa menandingi pesona bidadari surga. Malahan, dengan perhiasan operasi plastik (baca: haram) dan polesan kosmetik mahal, rupa bidadari tak sanggup juga tersaingi. Apalagi dengan bekal ilmu editing dan rekayasa fotografi menyerupai aplikasi C60, masih dirasa tak bisa mengubah wajah insan menjadi bidadari surga.



Terus, Bagaimana Rupa Bidadari Surga Itu?

Untuk mempersembahkan jawabanan yang lebih akurat, Rumah Pintar akan mengajak pembaca untuk ikut memahami perkataan Allah dalam Quran dan Hadist Rasulullah Muhammad SAW, sebagai diberikut:

Quran Surah Aş-Şāffāt:48 - Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya

Quran Surah Şād:52 - Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.

Quran Surah Aţ-Ţūr:20 - mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang manis bermata jeli.

Quran (Ar-Raĥmān):56 - Di dalam nirwana itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh insan sebelum mereka (penghuni-penghuni nirwana yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.

Quran (Ar-Raĥmān):58 - Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.

Quran (Ar-Raĥmān):70 - Di dalam nirwana itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.

Quran (Ar-Raĥmān):72 - (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih membersihkan, dipingit dalam rumah.

Quran (Al-Wāqi`ah):36 - dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.

Sedangkan dalam hadist terungkap citra bidadari nirwana menyerupai di bawah ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sekiranya salah seorang bidadari nirwana hadir ke dunia, niscaya ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang perempuan nirwana itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rombongan yang pertama masuk nirwana yaitu dengan wajah bercahaya kolam rembulan di malam purnama. Rombongan diberikutnya yaitu dengan wajah bercahaya menyerupai bintang-bintang yang berkemilau di langit. Masing-masing orang di antara mereka mempunyai dua istri, dimana sumsum tulang betisnya kelihatan dari balik dagingnya. Di dalam nirwana nanti tidak ada butidakboleh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitulah citra bidadari nirwana yang termaktub dalam Quran dan hadist. Selebihnya, manusia  boleh saja berandai-andai, tetapi jikalau ingin mengetahuinya, maka pantaskan diri menjadi ahli-ahli/penghuni surga.

Nah, Bagaimana Penciptaan Bidadari Surga? 

Tentu ada yang penamasukan tentang bagaimana penciptaan bidadari surga. Apakah mempunyai Ayah dan Ibu menyerupai insan biasa? ataukah diciptakan pribadi menyerupai Nabi Adam? ataukah diciptakan tak ber-Bapak menyerupai Nabi Isa AS? Entahlah, Ayat Quran diberikut ini sanggup mempersembahkan pencerahan:

Quran (Al-Wāqi`ah):35 - Sesungguhnya Kami membuat mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung.

Quran (Al-Wāqi`ah):36 - dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan.

Quran (Al-Wāqi`ah):37 - penuh cinta lagi sebaya umurnya.

Dari ayat ini, sanggup diketahui bahwa bidadari nirwana diciptakan tanpa mediator alias pribadi oleh Allah SWT.

Siapakah yang Berhak Atas Bidadari Surga? 

Quran (Al-Wāqi`ah):38 - (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan,

Quran (Al-Wāqi`ah):40 - dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.

Sungguh beruntung mereka yang tergolong sebagai golongan kanan, golongan yang erat dengan Allah. Golongan yang akan dihadiahi nirwana kenikmatan dan segala kemewahannya, termasuk dinikahkan dengan bidadari surga. Jangan lupa untuk merenungi lirik lagu dari Almarhum Uje yang berjudul "Bidadari Surgaku" di bawah ini!

Semoga pembahasan ini mempersembahkan pencerahan Seperti Apa Bidadari Surga Itu sebenarnya. Sungguh beruntung pria yang berhasil masuk Surga di hari kemudian dan sungguh beruntung perempuan yang derajatnya lebih tinggi dari bidadari nirwana alasannya yaitu kesalehannya. Mari ber-fastabiqulkhaerat; berlomba-lomba dalam kebaikan semoga kita termasuk penghuni-penghuni nirwana kelak. Aamiin.