Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan Para Ahli

INIRUMAHPINTAR - Penjelasan ihwal Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli penting untuk dipahami. Sistem penjabaran makhluk hidup berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Makin berkembang ilmu pengetahuan makin banyak kelemahan yang ditemukan untuk lalu disempurnakan. Dalam perkembangan tersebut, tercatat beberapa hebat yang sudah melaksanakan proses penjabaran makhluk hidup berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Mereka yaitu Aristoteles, Linnaeus, John Ray, Cuvier dan R.H. Whittaker. 

Pada zaman Aristoteles dipakai sistem Dua Kerajaan dan pada zaman Linnaeus dipakai sistem Tiga Kerajaan. Pada tahun 1969, R.H. Whittaker memakai sistem Lima Kerajaan. Penjelasan selengkapnya yaitu sebagai diberikut:
sumber ilustrasi : en.wikipedia.org

1. Klasifikasi Makhluk Hidup berdasarkan Aristoteles

Aristoteles (384-322 SM) yaitu filosof pertama yang mengadakan sistem klasifikasi. Aristoteles mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kelompok, yaitu flora dan hewan. Tumbuhan dikelompokkan menjadi herba, semak, dan pohon. Hewan dibedakan ke dalam dua kelompok, yaitu vertebrata dan invertebrata. Aristoteles dijuluki Bapak Zoologi, alasannya dialah orang pertama yang bisa mengelompokkan binatang berdasarkan kesamaan karakter.

2. Klasifikasi Makhluk Hidup berdasarkan Carolus Linnaeus

Carolus Linnaeus (1707-1778), hebat botani Swedia yaitu orang yang meletakkan dasar-dasar penjabaran modern dan pemdiberian nama (nomenclature). Dalam systema Naturae, buku yang ditulis Linnaeus, binatang dibedakan menjadi 6 kelas, yaitu mammalia, aves, amphibia (reptil dan amphibia), pisces, insecta, dan vermes. Selama hidupnya Linnaeus mempublikasikan 1753 flora dan 1758 nama hewan.

3. Klasifikasi Makhluk Hidup berdasarkan John Ray

John Ray (1627-1708) ialah hebat biologi pertama yang mempunyai konsep modern ihwal spesies dan mengadakan banyak sekali perjuangan untuk mengklasifikasi beberapa kelompok makhluk hidup.

4. Klasifikasi Makhluk Hidup berdasarkan Cuvier

Pada tahun 1829, Cuvier membagi binatang menjadi 4 cabang, yaitu vertebrata (mammalia hingga dengan pisces), mollusca, articulata (gualida, crustaceae dan insecta), radiata (echinodermata, nematoda, dan Coelenterata).
 

5. Klasifikasi Makhluk Hidup berdasarkan R.H. Whittaker

Pada tahun 1969, R.H. Whittaker membagi makhluk hidup ke dalam 5 Kerajaan (Kingdom atau Regnum) sebagai diberikut:
  • Kerajaan Monera

    Organisme yang tergolong ke dalam Monera mempunyai tipe sel prokariotik (inti tidak diselaputi membran), masakan sanggup diperoleh secara absorpsi, fotosintesis, dan kemosintesis. Semua organisme sanggup bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Tubuh ada yang uniseluler, bentuk filamen atau berkoloni dan mempunyai dinding sel. Organisme yang tergolong Monera yaitu basil dan ganggang hijau biru.
     
  •   Kerajaan Protista

    Kerajaan Protista beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik (inti diselaputi membran). Makanan diperoleh secara absorpsi, ingestiv (memasukkan makanan), dan ada yang berfotosintesis. Semua organisme sanggup bereproduksi aseksual dan ada beberapa organisme membentuk sel kelabuin dan terjadi fertilisasi. Tubuh sanggup uniseluler, soliter atau berkoloni, multiseluler atau berbentuk miselia. Organisme yang tergolong Protista yaitu Amoeba, Mastigophora, Cilliata, Radiolaria, dan Diatom.
  • Kerajaan Jamur (Fungi)

    Kerajaan jamur beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik. Makanannya diperoleh dengan mengabsorpsi masakan yang berada di sekitar sel. Reproduksi sanggup terjadi secara seksual dan aseksual. Dinding sel mengandung kitin dan pada umumnya hidup di darat. Fungi terdiri dari ragi dan jamur.
  • Kerajaan Tumbuhan (Plantae)

    Kerajaan Tumbuhan beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik. Makanan diperoleh secara fotosintesis. Reproduksi secara seksual dengan pembentukan gamet. Pada beberapa flora sederhana, reproduksinya dengan memakai spora. Sel mempunyai dinding yang terdiri dari selulosa. Organisme yang termasuk kerajaan flora yaitu lumut, ganggang, flora paku, flora biji (spermatophyta).
  • Kerajaan Hewan (Animalia)

    Kerajaan Hewan beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik. Sel binatang tidak dibatasi dinding sel. Makanan diperoleh secara ingestiv. Reproduksi secara seksual. Organisme yang tergolong binatang diantaranya binatang spons, cacing, koral, mollusca, insecta, dan mammalia. 

Demikianlah klarifikasi lengkap ihwal Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaa!