Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Ciri-Ciri Rumah Pintar

INIRUMAHPINTAR - Pernahkah kalian mendengar wacana Rumah Pintar atau Smart House? Jika pernah, apakah kalian sudah mengetahui Pengertian dan Ciri-ciri Rumah Pintar secara lengkap? Jika belum, pada peluang ini, penulis tertarik untuk mengulas wacana rumah berilmu atau smart house menurut dua sudut pandang tidak sama. Oleh alasannya yaitu itu, silahkan simak klarifikasi diberikut ini:

Pengertian dan Ciri-ciri Rumah Pintar (Smart House)

Berdasarkan sudut pandang penulis, rumah berilmu dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Rumah Pintar / Smart House (versi 1) yaitu sebuah rumah yang dilengkapi dengan perangkat dan perabot canggih sehingga tiruana fungsi rumah tangga sanggup dikendalikan dengan remote kontrol (nirkabel). Ciri khas fundamental dari rumah berilmu versi 1 ini yaitu, pagar, pintu, dan jendela rumah sanggup dibuka tutup spesialuntuk dengan menekan remote kontrol.

Bukan spesialuntuk itu, dengan remote kontrol pemilik rumah sanggup menyalakan dan mematikan TV, radio, komputer, rice cooker, dispenser, kulkas, AC, dan perangkat elektronik lainnya. Bahkan, di masa maju menyerupai ketika ini, melalui teknologi komputer, internet, aplikasi-aplikasi pemrograman (software), dan kontribusi sistem operasi menyerupai android, sistem pengendali perangkat dan perabot rumah berilmu sudah sanggup berbasis ponsel pintar.

melaluiataubersamaini demikian, rumah pun sanggup dikontrol, diawasi dan dikendalikan dari jarak jauh oleh pemilik rumah. Untuk level paling tinggi, pemilik rumah pun sanggup melengkapi rumah pintarnya dengan sistem keamanan berupa alarm, kamera pengintai, jebakan rahasia, dan pemanggil call center polisi otomatis.

Sedangkan untuk kenyamanan, pemilik rumah sanggup melengkapi rumah dengan robot berilmu untuk urusan rumah tangga menyerupai memasak, memmembersihkankan, mencuci, melipat pakaian, menyetrika, dsb. Intinya, semakin banyak dan canggih teknologi yang dipakai di dalam sebuah rumah, maka semakin tinggi level kepintarannya.

sumber ilustrasi : pixabay.com

2. Rumah Pintar / Smart House (versi 2) yaitu sebuah rumah yang dilengkapi kemudahan pendidikan menyerupai perpustakaan, bimbingan belajar, sentra petes dan keterampilan serta wadah kreativitas masyarakat dengan ciri khas.

Menyesuaikan dengan ciri dan kebutuhan kawasan masing-masing, perpustakaan dilengkapi dengan buku-buku pemberdayaan ekonomi masyarakat, menyerupai kerajinan tangan, pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Buku-buku ini sanggup diperoleh dari menolongan Pemerintah atau dari pihak donatur. Sedangkan kegiatan bimbingan berguru dan petes masyarakat, rumah berilmu didukung oleh pengajar sukarelawan atau pengajar khusus yang direkrut oleh forum penyelenggara. Tujuan utama dari rumah berilmu (versi 2) yaitu untuk memberdayakan dan menghidupkan ekonomi masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah.

Perbedaan Rumah Pintar Versi 1 dan 2

Rumah berilmu versi 1 disebut berilmu alasannya yaitu perabot dan perangkat di dalamnya canggih dan modern, sedangkan rumah berilmu versi 2 disebut berilmu alasannya yaitu acara dan acara kegiatan di dalamnya mencerdaskan orang banyak.

Selain itu, rumah berilmu versi 1 umumnya dimiliki oleh orang-orang kaya dan untuk dinikmati sendiri dengan keluarga, sedangkan rumah berilmu versi 2 umumnya diselenggarakan oleh forum swadaya berskala menengah di bawah naungan pemerintah dan diperuntukkan semata-mata untuk kepentingan masyarakat luas. Andai kedua versi rumah berilmu di atas digabung, maka tercipta kerja sama rumah berilmu yang luar biasa. 

Semoga klarifikasi wacana Pengertian dan Ciri-ciri Rumah Pintar di atas bermanfaa untuk pembaca. ^_^