Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam/Jenis Dan Pola Sumber Daya Alam Di Indonesia

INIRUMAHPINTAR - Pembahasan kali ini tentang Macam/Jenis dan misal Sumber Daya Alam di Indonesia. Penjelasan bahan ini untuk menjawaban pertanyaan, sebutkan macam-macam atau jenis-jenis sumber daya alam di Indonesia, dan sebutkan pola sumber daya alam di Indonesia.

Sumber Daya Alam di Indonesia

Indonesia kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang sanggup diperbarui dan yang tidak sanggup diperbarui.

A. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang sanggup diperbarui ada dua, yaitu sumber daya alam fisik (non hayati) dan sumber daya alam nonfisik (hayati).
  1. Sumber daya alam fisik (Nonhayati)
    Sumber daya alam fisik ialah sumber daya alam yang berupa benda mati. Yang termasuk sumber daya alam fisik ialah sumber daya tanah, sumber daya udara, sumber daya matahari, sumber daya air, dan sumber daya iklim.

    a. Sumber daya tanah
    Tanah ialah faktor penting bagi kehidupan yang menyimpan air dan zat-zat masakan yang perlu bagi tumbuhan. Tanah juga ialah lahan yang penting bagi perjuangan pertanian, peternakan, perkebunan, dan sebagai tempat permukiman. Di samping itu, tanah juga ialah habitat penting bagi banyak organisme. Oleh alasannya itu, tanah perlu diawetkan biar kerindangannya tetap terpelihara. Adapun cara pengawetannya adalah:
    (1). Reboisasi,
    (2). Penyengkedaan tanah (terasering)
    (3). Pencegahan peternakan liar, dan
    (4). Irigasi dan pemupukan.

    b. Sumber daya udara

    Tanpa udara, tiruana organism akan mati. Udara yang bergerak (angin) sangat penting banyak sekali keperluan, contohnya kincir angin untuk pembangkit tenaga yang berfungsi menaikkan air tanah. Udara juga ialah media untuk penerbangan.

    c. Sumber daya matahari

    Matahari ialah sumber energi terpenting bagi kehidupan. Tanpa matahari tidak akan ada makhluk hidup di dunia. Matahari sangat besar lengan berkuasa terhadap iklim, manusia, tumbuhan, dan hewan. Sinar matahari juga sanggup diubah menjadi tenaga listrik dengan memakai sel matahari atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Energi matahari (surya) dimanfaatkan pula untuk alat pemanas air. Alat semacam itu digunakan untuk keperluan rumah tangga di kota-kota besar tempat pepegununganan. Pemerintah juga membangun proyek pengadaan air membersihkan dengan memakai tenaga sinar matahari. Proyek tersebut terletak di Tangerang.

    d. Sumber daya air
    Air ialah komponen penting bagi kehidupan, baik hewan, tumbuhan, maupun manusia. Disamping itu, air sanggup memanfaatkan untuk banyak sekali keperluan, menyerupai pengairan lahan pertanian, perikanan, air minum, kemudian lintas air, dan pembangkit tenaga listrik. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang sudah dibangun di Indonesia, yaitu:
    PLTA Tes di Bengkulu;
    PLTA Asahan di Sumatra Utara;
    PLTA Maninjau di Sumatra Barat;
    PLTA Jatiluhur di Jawa Barat;
    PLTA Saguling di Jawa Barat;
    PLTA Garung di Jawa tengah;
    PLTA Sempor di Jawa Tengah;
    PLTA Gaja Mungkur Wonongiri di Jawa Tengah:
    PLTA Wilingi di Jawa Timur;
    PLTA Sengguruh di jawa Timur;
    PLTA Lodaya di Jawa Timur;
    PLTA Ayung di Bali;
    PLTA Sadang di Sulawesi Selatan;
    PLTA Tonsea Lama di Sulawesi Utara;
    PLTA Riam Kanan di Kalimantan Selatan.

    e. Sumber Daya Iklim
    Iklim yang baik sanggup dimanfaatkan untuk menunjang perjuangan meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, dan para wisata, contohnya :
    • Curah hujan yang tinggi dimanfaatkan untuk pengairan ( irigasi );
    • Iklim pepegununganan yang sejuk dimanfaatkan untuk meningkatkan perjuangan perkebunan teh, kina, dan tumbuhan pepegununganan yang lain;
    • Iklim di tempat pantai dimanfaatkan untuk meningkatkan perjuangan perkebunan kelapa.
     
  2. Sumber Daya Alam Nonfisik (Hayati)
    Sumber daya alam nonfisik mencakup sumber daya nabati dan sumber daya hewani.

    a). Sumber Daya Nabati
    Tumbuhan termasuk sumber daya hayati yang menempati posisi sangat penting bagi manusia. Keperluan sumber daya nabati, contohnya untuk pangan, sandang, dan obat-obatan. Tumbuhan ialah sumber daya yang sanggup diperbarui alasannya sanggup berproduksi dan berasimilasi, yang sanggup diusahakan dalam bentuk pertanian, perkebunan, kehutanan, dan lain-lain.

    b). Sumber Daya hewani
    Hewan juga ialah sumber daya yang penting bagi manusia. Sumber daya binatang sanggup diperoleh dari perjuangan perikanan dan peternakan.

B. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Karena sifat produksinya sanggup habis. Pengusahaan sumber daya alam itu sangat perlu memperhatikan waktu dan kondisi. Sekali barang-barang tambang itu diambil habis, akan habis pula persediaan tambang itu. Beberapa pola barang tambang sebagai sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui dan proses kerikil bara sebagai sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui dan proses pembentukannya memerlukan waktu yang sangat usang (jutaan tahun) antara lain kerikil bara, minyak bumi, gas alam, timah, emas, perak, bauksit, besi, mika, nikel, mangan, dan intan.

Referensi: 
  • Kuswanto, dkk. 1997. IPS Geografi untuk Kelas 2 SLTP. Jakarta:Tiga Serangkai. 

Semoga klarifikasi bahan tentang Macam/Jenis dan misal Sumber Daya Alam di Indonesia bermanfaa untuk Anda. Bagi yang berminat dengan goresan pena di atas, silahkan cantumkan email di kolom komentar. Janga lupa baca baca terms of service INIRUMAHPINTAR demi kebaikan bersama.