Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Anutan Pemanfaatannya)

INIRUMAHPINTAR -  Pembahasan kali wacana Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Pedoman Pemanfaatannya). Materi ini ialah bertujuan untuk menjawaban pertanyaan, apa pengertian sumber daya alam?, sebutkan penggolongan sumber daya alam?, dan sebutkan fatwa memanfaatkan sumber daya alam? Nah, mari kita perhatikan klarifikasi selengkapnya diberikut ini:

A. Pengertian/Definisi Sumber Daya Alam

Sumber daya ialah menyebarkan faktor produksi yang dikerjakan dalam proses produksi atau acara ekonomi, menyerupai modal, energi, air, dan manusia. Sumber daya alam yaitu tiruana kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hidup yang dimiliki oleh suatu daerah yang sanggup dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

B. Penggolongan Sumber Daya Alam

sumber ilustrasi : Pixabay
Sumber daya alam sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang sanggup diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui.
  1. Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui yaitu sumber daya alam yang tidak akan habis terpakai lantaran bagian-bagian yang sudah dipakai tersebut sanggup diganti dengan yang gres atau memiliki kemampuan memperbanyak diri secara alamiah. Yang termasuk sumber daya alam itu, antara lain tiruana makhluk (hewan dan tumbuh-tumbuhan), tanah, sinar matahari, dan air.

  2. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui yaitu sumber daya alam yang akan habis terpakai alasannya yaitu tidak sanggup terbentuk yang gres dan tidak sanggup diperbarui dalam waktu singkat. Yang termasuk sumber daya alam itu yaitu mineral dan barang tambang.

C. Pedoman Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Setiap memanfaatkan sumber daya alam perlu memperhatikan pedoman-pedoman sebagai diberikut:
  1. Memdiberikan kemungkinan untuk mengadakan pilihan penerapanya dalam pembangunan pada masa depan;
  2. Mempertimbangkan pengambilan sumber daya alam biar sumber daya alam itu terpulihkan secara berlanjut;
  3. Mengolah sumber daya alam harus memperhatikan kelestarian lingkungan hidup;
  4. Menjaga air sebagai kebutuhan hidup sehari-hari untuk pengairan dan pembangkit tenaga listrik supaya tetap volumenya dan tidakboleh hingga rusak lantaran polusi (pencemaran);
  5. Mengusahakan materi tambang untuk kehidupan harus bijaksana dan memperhatikan jawaban sampingannya;
  6. Mengembangbangkan teknologi yang berteman bersahabat atau tidak merusak lingkungan;
  7. Menggunakan tanah untuk pertanian dan pemukiman haruslah memperhatikan kelestariannya supaya tidak merugikan kehidupan insan disekitarnya dan generasi yang hadir kemudian;
  8. Memelihara kelangsungan dan fungsi hutan.
 
 Referensi:
  • Kuswanto, dkk. 1997. IPS Geografi untuk Kelas 2 SLTP. Jakarta: Tiga Serangkai.

Demikian pembahasan lengkap wacana Sumber Daya Alam (Pengertian, Penggolongan, Pedoman Pemanfaatannya). Yang berminat dengan goresan pena ini dalam bentuk file Ms. Word, silahkan cantumkan email di kolom komentar dan ingatlah untuk tetap mematuhi terms of service INIRUMAHPINTAR ya!. Semoga bermanfaa!