Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri Kota Dan Ciri Masyarakat Kota

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan pengertian kota dan sebutkan ciri kota dan masyarakatnya? Untuk menjawaban pertanyaan tersebut, mari kita perhatikan klarifikasi materi Pengertian, Ciri Kota dan Ciri Masyarakat Kota diberikut ini!

Pengertian Kota

Pengertian kota sanggup ditinjau dari banyak sekali sudut pandang sesuai dengan disiplin ilmu para jago yang mengulasnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa pendapat para jago terkena kota diberikut ini:
  1. Menurut Bintarto
    Kota yakni sebuah bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan nonalami dengan tanda-tanda pemusatan penduduk yang cukup besar dan corak kehidupan yang bersifat heterogen dan materialistis dibandingkan dengan tempat belakangnya.
  2. Menurut Max Weber
    Kota yakni suatu tempat yang penghuninya sanggup memenuhi hampir tiruana kebutuhannya di pasar yang ada di kota itu sendiri.
  3. Menurut Northam
    Kota yakni lokasi yang kepadatan penduduknya lebih tinggi dibandingkan dengan populasi (kepadatan umum). Penduduk pada lokasi atau tempat tersebut sebagian besar tidak tergantung pada sektor pertanian dan tidak juga pada acara ekonomi primer. Lokasi tersebut menjadi sentra kebudayaan, administrasi, dan ekonomi bagi wilayah di sekitarnya
  4. Menurut Grunfeld
    Kota yakni suatu pemukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih besar daripada kepadatan wilayah nasional dengan struktur mata pencaharian nonagraris dan sistem penerapan tanah yang yang berguaka ragam serta ditutupi oleh gedung-gedung tinggi yang lokasinya sangat berdekatan.
  5. Menurut Burkhad Hofmeister
    Kota yakni suatu pemusatan keruangan dari tempat tinggal dan tempat kerja insan yang kegiatan umumnya di sektor sekunder (industri dan perdagangan) dan tersier (jasa dan pelayanan masyarakat) dengan proteksi kerja yang khusus yang pertambahan penduduknya sebagian besar disebabkan embel-embel kaum penhadir serta bisa melayani kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang jauh letak dan posisinya.
  6. Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 Pasal 1
    Kota yakni sentra permukiman dan kegiatan penduduk yang memiliki batasan manajemen yang diatur di dalam perundang-undangan, serta pemukiman yang sudah memperlihatkan adab dan ciri kehidupan perkotaan.
sumber ilustrasi : Pixabay

Ciri-Ciri Kota

Ciri kota sanggup dikelompokkan menurut fisik dan ciri masyarakatnya, yaitu:
  1. Ciri Fisik Kota
    Ciri-ciri fisik kota yakni sebagai diberikut:
    • Terdapat gedung-gedung perkantoran, gedung-gedung hiburan
    • Terdapat gedung-gedung pemerintahan
    • Terdapat alun-alun
    • Terdapat tempat-tempat parkir kendaraan
    • Terdapat masukana olahraga
    • Terdapat open space (daerah terbuka untuk paru-paru kota)
    • Terdapat kompleks perumahan penduduk yang terdiri atas slums area, permukiman masyarakat ekonomi lemah (RSS), permukiman masyarakat ekonomi sedang, dan tempat permukiman elite.

  2. Ciri Masyarakat Kota
    Beberapa ciri masyarakat yang tinggal di tempat perkotaan, antara lain sebagai diberikut:
    • Ada heterogenitas sosial. Artinya, masyarakat yang bertempat tinggal di tempat perkotaan sangat berguaka ragam.
    • Sikap hidup penduduk individualis dan bersifat egois. Artinya, kebanyakan penduduk kota cenderung memikirkan diri sendiri tanpa mempedulikan anggota masyarakat lainnya. Sikap individualis itu terjadi akhir persaingan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari antara sesama anggota masyarakat kota sangat tinggi.
    • Hubungan sosial bersifat gesselschaft. Artinya, hubungan sesama anggota masyarakat sangat terbatas pada bidang-bidang tertentu saja. Hubungan sosial itu tidak didasarkan pada sifat kekeluargaan atau gotong royong, tetapi lebih didasarkan pada hubungan fungsional.
    • Ada segregasi keruangan. Segregasi yakni pemisahan yang sanggup mengakibatkan kelompok-kelompok atau kompleks tertentu.
    • Norma-norma kemasyarakatan tidak begitu ketat. Artinya, masyarakat kota kurang memperhatikan norma-norma kemasyarakatan.
    • Pandangan hidup masyarakat kota lebih rasional dibandingkan masyarakat desa. Hal itu lantaran masyarakat kota lebih terbuka dalam mendapatkan budaya baru. Selain itu, laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tempat perkotaan lebih cepat diterima masyarakat.

Sesudah menilai dan memahami Pengertian, Ciri Kota dan Ciri Masyarakat Kota di atas, apa yang kalian rasakan? Apakah sobat bersahabat yakin bahwa teori-teori di atas sudah sesuai dengan kenyataan? Apakah benar masyarakat kota secara keseluruhan tidak lebih ketat dalam mengaplikasikan norma-norma dalam kehidupannya ketimbang masyarakat desa? Silahkan diskusikan bersama kawan-kawan kalian. Jika ada inspirasi dan pendapat yang ingin dibagi, silahkan share di kolom komentar di bawah ini!