Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Contoh Keruangan Desa

INIRUMAHPINTAR - Penjelasan bahan kali ini terkena Pengertian dan Macam-macam Pola Keruangan Desa. Pembahasan ini bertujuan untuk menjawaban pertanyaan: jelaskan pengertian rujukan keruangan desa, dan sebutkan macam-macam rujukan keruangan desa. Berikut klarifikasi lengkapnya:

Pengertian Pola Keruangan Desa

Nah, tentu kita pernah melihat atau mencicipi sendiri bagaimana memanfaatkan lahan di desa-desa. Antara desa yang satu dengan desa yang lain mempunyai karakteristik tidak sama-beda tetapi mempunyai ciri khas yang identik. Itulah yang dikenal dengan istilah rujukan keruangan desa. Ini penjelasannya:

Pola keruangan desa yakni pengaturan dan memanfaatkan ruang atau lahan untuk keperluan tertentu sehingga tidak terjadi memanfaatkan yang tumpang tindih. Secara umum, ruang atau lahan di desa dimanfaatkan untuk pemukiman, lahan pertanian, lapangan olahraga, dan sebagai sentra pemerintahan.
sumber ilustrasi : Flickr

Macam-macam Pola Keruangan Desa

Pola keruangan desa secara sederhana sanggup dikemukakan sebagai diberikut:
  1. Desa yang Menyusur Sepanjang Pantai
    Di daerah pantai yang landai sanggup tumbuh suatu permukiman yang mata pencaharian penduduknya di bidang perikanan, perkebunan kelapa, dan perdagangan. Jika desa menyerupai itu berkembang, tempat tinggal meluas dengan cara menyambung menyusur pantai hingga bertemu dengan desa lainnya. Adapun pusat-pusat acara industri kecil (perikanan dan pertanian) tetap dipertahankan di bersahabat tempat tinggal penduduk yang tiruanla.
  2. Desa yang Terpusat
    Pola keruangan desa yang terpusat terdapat di daerah pepegununganan. Penduduk umumnya terdiri atas masyarakat yang seketurunan; pemusatan tempat tinggal tersebut didorong oleh kegotongroyongan mereka; bila jumlah penduduk bertambah, pemekaran desa pepegununganan itu mengarah ke segala jurusan, tanpa terencana. Sementara itu, pusat-pusat acara penduduk pun sanggup bergeser mengikuti pemekaran.
  3. Desa yang Linear di Dataran Rendah
    Permukiman penduduk di dataran rendah umumnya memanjang sejajar dengan rentangan jalan raya yang menembus desa yang bersangkutan. Jika lalu secara wajar, artinya tanpa direncanakan desa mekar, tanah pertanian di luar desa sepanjang jalan raya menjadi permukiman baru. Ada kalanya, pemekaran juga ke arah pedalaman sebelah menyebelah jalan raya. Oleh sebab itu, harus dibuatkan jalan gres mengelilingi desa (semacam) ring road dengan maksud supaya daerah permukiman gres tidak terpencil.
  4. Desa yang Mengelilingi Fasilitas Tertentu
    Jenis desa menyerupai ini terdapat di dataran rendah. Fasilitas tertentu yang dimaksud, contohnya mata air, waduk, dan lapangan terbang. Arah pemekarannya sanggup ke segala jurusan, sedangkan fasilitas-fasilitas untuk industri kecil sanggup disebarkan di segala tempat sesuai dengan harapan setempat.

Demikian pembahasan wacana Pengertian dan Macam-macam Pola Keruangan Desa. Selamat mencar ilmu dan semoga bermanfaa.