Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi Di Dunia Dan Di Indonesia

INIRUMAHPINTAR - INI Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi di Dunia dan di Indonesia. Pengadministrasian yang beres dan rapi dalam suatu organisasi ialah kunci untuk kelancaran dan kelangsungan jalannya organisasi tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, setiap organisasi wajib mempunyai manajemen yang baik.

Seorang pimpinan memegang peranan dalam mengendalikan suatu organisasi dengan melaksanakan pengadministrasian yang rapi dan teratur. Bagaimana caranya mencatat suatu transaksi atau kejadian, diatur sedemikian rupa oleh seorang pimpinan dimenolong para stafnya, menyerupai pengaturan para karyawan dikelola oleh bab kepegawaian, pengelolaan keuangan diatur oleh seorang bendahara, dan pengaturan surat masuk dan keluar dipegang oleh bab kearsipan.

Demikian selanjutnya sehingga tidak ada satu hal pun yang terlewat dalam pencatatannya. Dalam pengaturan selanjutnya, seorang pimpinan organisasi/perusahaan perlu mengarahkan seluruh direksi melaksanakan pencatatan-pencatatan atas segala kejadian dan transaksi yang berlangsung. Salah satu tujuannya yaitu untuk mengetahui seberapa besar laba yang diperoleh pada suatu periode. INI yang ialah cakupan pembahasan dari ilmu akuntansi.

Lalu, dari mana asal mula akuntansi itu? bagaimana sejarah perkembangannya? Siapa-siapa yang terlibat di dalamnya? Kapan ilmu akuntansi masuk ke Indonesia? Nah, pada peluang ini, kita akan mengulas singkat wacana sejarah perkembangan akuntansi baik di dunia internasional maupun di Indonesia.

1. Perkembangan Akuntansi dari Sistem Pembukuan Berpasangan

Akuntansi mulai berkembang setelah adanya perkembangan organisasi-organisasi dan perkembangan dunia perjuangan yang memerlukan pencatatan untuk mencatat transaksi-transaksi yang terjadi perusahaannya. Sebelum kala 15, pencatatan spesialuntuk dilakukan sesederhana mungkin dan bahkan pencatatannya dilakukan di lempengan tanah atau pada daun lontar (papirus).

Kemudian, setelah kala ke-15, pencatatan sudah mulai teratur. Pada tahun 1494 Luca Pacioli, hebat matematika Italia menerbitkan buku yang pertama wacana sistem Pembukuan Berpasangan.

Sistem ini ialah dasar yang kokoh bagi perkembangan Akuntansi alasannya yaitu dalam sistem ini setiap transaksi dicatat dengan memperlihatkan kedua aspeknya, contohnya jikalau membeli perlengkapan dengan kredit akan dicatat pada dua buku yaitu perlengkapan dan pada utang.

Buku karangan Luca Pacioli menyebar luas ke Eropa Barat yang kemudian dikembangkan oleh pengarang lainnya dengan tidak meninggalkan Prinsip Pacioli.

Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi di Dunia dan di Indonesia Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi di Dunia dan di Indonesia

2. Perkembangan Akuntansi dari Sistem Kontinental ke Anglo Saxon

melaluiataubersamaini berkembangnya Akuntansi secara pesat yang dibarengi terjadinya revolusi di Inggris dan tumbuhnya perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat, penerapan akuntansi semakin diutamakan. Apalagi setelah ditemukannya komputer, organisasi perusahaan semakin kompleks. Artinya, penerapan sistem Akuntansi semakin mutakhir.

Di Indonesia pada tahun 1947 spesialuntuk ada seorang Akuntan yaitu Prof. Dr. Abutari. Dikurun waktu 1945-1950, kursus-kursus untuk mendidik tenaga akuntansi mulai berkembang, yang hasilnya menyebar ke tingkat universitas. Tujuannya yaitu untuk mendidik para mahasiswa-mahasiswa di kala itu dengan ilmu Akuntansi. Kemudian pada tahun 1978, berdirilah Ikatan Akuntansi Indonesia yang bertujuan untuk menyamakan langkah dalam penerapan ilmu Akuntansi secara merata dan profesional.

3. Perkembangan Akuntasi di Indonesia

Mulai tahun 1642 Akuntansi di Indonesia sudah mulai dikenal dan lebih berkembang lagi pada tahun 1747. Pada tahun 1870, Akuntansi di Indonesia sudah diterapkan pada waktu undang-undang Tanam Paksa dihapuskan. Banyak para pengusaha Belanda menanamkan modalnya di Indonesia dan sistem yang dipakai yaitu sistem Lucas Pacioli. Untuk pengontrolan pembukuan pada tahun 1947 dilaksanakan sistem investigasi (Auditing).

Sesudah Indonesia merdeka, pemerintah Republik Indonesia mempunyai peluang untuk mengirimkan putra-putrinya ke luar negeri untuk mempelajari Akuntasi. Sesudah itu, pendidikan-pendidikan Akuntansi mulai bermunculan. Termasuk di antaranya yaitu sebagai diberikut:
  • Pada tahun 1952, di Universitas Indonesia dibuka jurusan Akuntansi.
  • Pada tahun 1961, Univeristas Padjadjaran, Bandung menyusul membuka jurusan Akuntasi.
  • Pada tahun 1962, Universitas Airlangga meneruskan perkembangan Akuntansi dengam membuka jurusan serupa.
  • Pada tahun 1964, didirikanlah Sekolah Akuntansi Negara. 
Dan hasilnya di setiap kota yang sudah mempunyai perguruan tinggi tinggi di tahun-tahun diberikutnya membuka jurusan Akuntansi. Undang-Undang No. 34 mengatur pemakaian gelar Akuntansi dan pada tahun 1957 organisasi profesi menghimpun para Akuntan dengan nama Ikatan Akuntasi Indonesia (IAI). Pada tahun 1968 perkembangan Akuntansi di Indonesia semakin berkembang pesat.

Nah, begitulah Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi di Dunia dan di Indonesia. Selamat berguru dan supaya bermanfaa!