Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catat! Inilah Kampus Favorit, Terbaik, Dan Pilihan Di Parepare

INIRUMAHPINTAR - Pada umumnya, setelah lulus SMA, para pelajar di Sulawesi Selatan menentukan kota Makassar sebagai destinasi utama untuk melanjutkan pendidikan. Hal itu di satu sisi ialah hal masuk akal alasannya yaitu Makassar yaitu sentra pendidikan di Indonesia belahan timur. Itu dibuktikan dengan tersedianya bermacam-macam pilihan universitas, jurusan, serta kegiatan studi kesukaan, terbaik, dan pilihan di kota daeng ini. Namun, akungnya, di sisi lain tidak tiruana kampus di Makassar bisa menampung jumlah calon mahasiswa yang menyerbu dari segala penjuru di awal tahun anutan baru.

melaluiataubersamaini kata lain, tidak tiruana lulusan Sekolah Menengan Atas bisa bersaing dalam memperebutkan bangku perkuliahan di ibu kota. Selain kuota terbatas, daya saing mahasiswa tiap tahun pun semakin meningkat. Walhasil, sebagian dari mereka yang kurang beruntung, rela menunggu untuk mendaftar ulang di universitas kesukaan sampai tahun diberikutnya. Sebagian yang lain menentukan kembali ke kampung halaman sembari kuliah di perguruan tinggi yang dianggap kurang populer. 

Sebagai renungan, motivasi para lulusan Sekolah Menengan Atas yang menentukan Makassar sebagai sasaran nomor wahid untuk kuliah pun diakui tidak sama-beda. Sebagian bermaksud untuk benar-benar kuliah sembari menikmati mewahnya ibukota. Sebagian yang lain justru terperdaya dan mengakibatkan kota Anging Mamiri ini sebagai lembah kebebasan. Jauh dari orang tua, oleh mereka dimanfaatkan untuk membebaskan diri menentukan pergaulan dan kehidupan di luar batas kewajaran kemudian mengesampingkan niat dan kesungguhan untuk mengenyam pendidikan sampai tak sedikit yang mudik bukan dengan gelar S2 melainkan titel berbadan dua.

Andai mereka tahu, bahwa indahnya ibu kota berjalan seiring dengan tingginya dampak negatif ibarat hedonisme, pergaulan bebas, kriminalisme, dunia malam, dll yang siap memangsa para penhadir gres di ibu kota, termasuk kaum-kaum lugu nan polos bergelar calon mahasiswa gres (maba).

Lagipula, kuliah di ibu kota dipastikan sangat mahal. Berdasarkan hasil penelusuran secara random, harga sewa kamar kos termurah di Makassar  tahun 2016/2017 sudah mencapai kimasukan 4 sampai 6 juta per tahun. Belum lagi biaya hidup, mahaaaaal. Semua harus dibeli dan tidak ada yang gratis. Itu belum termasuk biaya transportasi, kebutuhan kuliah (buku, fotocopy, makalah), dan kebutuhan-kebutuhan lain yang seringkali hadir tanpa diundang.

Terlepas dari kasus dan tantangan perkuliahan di kota Makassar,  ada baiknya para calon mahasiswa (i) yang menetap di sekitar Parepare, ibarat Pinrang, Sidrap, Barru, Polman, Enrekang, Sengkang, dan Soppeng mempertimbangkan beberapa kampus pilihan di kota Parepare sebagai destinasi kawasan kuliah alternatif. Jangan khawatir! alasannya yaitu beberapa kampus yang disebutkan di bawah ini ialah kampus recommended dan patut diandalkan. Catat! INI Kampus Favorit, Terbaik, dan Pilihan di Parepare versi INIRUMAHPINTAR:
Antusiasme Kuliah di Parepare Semakin Meningkat, Ayo Gabung!

1. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare

Perguruan tinggi ini beralamat di Jalan Amal Bakti Nomor 8 Parepare, Bukit Harapan, Soreang, Sulawesi Selatan, Indonesia. melaluiataubersamaini lokasinya yang luas, asri, berbukit-bukit dihiasi panorama pantai di kejauhan, cita rasa kuliah di kawasan ini memang tiada duanya. Merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia, kampus ini kian tumbuh menjadi kampus kesukaan di wilayah Parepare dan sekitarnya. Saat ini STAIN Parepare ini tengah berjuang beralih status menjadi IAIN Parepare sembari menunggu proses realisasi pembangunan kampus 2.

Selanjutnya, dilihat dari ranking dan kualifikasi perguruan tinggi ini, para calon mahasiswa (i) tidak perlu ragu. Pasalnya, secara institusi STAIN Parepare sekarang sudah mengantongi ratifikasi B. Terlepas dari jatuh bangunnya sebuah perjuangan, kampus ini pun terbukti semakin baik dalam melaksanakan pelayanan pendidikan baik di tingkat S1 dan S2 sehingga sudah sanggup disandingkan dengan universitas-universitas ternama di Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar. 

Di bidang prestasi akademik, kampus ini pun tercatat pernah meluluskan sejumlah alumninya dalam ajang pertukaran pelajar dan shortcourse di Amerika Serikat. Dan sampai sekarang pun terus sukses dalam kegiatan tahunan Super English Camp yang menghadirkan ratusan penerima dari banyak sekali sekolah di Sulawesi Selatan dan Barat. Bahkan, prestasi lain masih banyak lagi tetapi tidak disebutkan secara detail di goresan pena ini.

Nah, bagi adik-adik pelajar yang berencana lanjut di kampus ini, silahkan melihat-lihat program-program studi yang ditawarkan oleh STAIN Parepare, diberikut ini:

Pertama, Jurusan Tarbiyah dan Adab mempunyai lima Program Studi (prodi), yaitu:
  1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 
  2. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 
  3. Prodi Bahasa Arab (PBA), 
  4. Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI), 
  5. Bahasa dan Sastra Arab (BSA). 
Kedua, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam mempunyai tujuh kegiatan studi, yaitu:
  1. Prodi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhsiyyah), 
  2. Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah), 
  3. Ekonomi Syariah (ES), 
  4. Hukum Pidana Islam (Jinayah), 
  5. Perbankan Syariah (PS), 
  6. Hukum Tata Negara (Siyasah), 
  7. Zakat dan Wakaf (ZW). 
Ketiga, Jurusan Dakwah dan Komunikasi mempunyai empat kegiatan studi yaitu:
  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 
  2. Bimbingan Konseling Islam (BKI), 
  3. Manajemen Dakwah (MD), 
  4. Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

2. Universitas Muhammadiyah Parepare

Perguruan tinggi ini beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Km. 6, Bukit Harapan, Soreang, Sulawesi Selatan, Indonesia. melaluiataubersamaini ratifikasi institusi di level B yang berhasil diraihnya, UMPAR abreviasi dari Universitas Muhammadiyah Parepare tidak salah digelari predikat sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Parepare. Dulunya kampus ini berjulukan STKIP Muhammadiyah Parepare kemudian naik level menjadi Universitas Muhammadiyah Parepare pada tahun 1999. 

Seiring dengan berjalannya waktu, perbaikan di tiruana lini terus mengantarkan kampus ini menjadi buah bibir di kancah nasional dan internasional. Tercatat, di tahun 2016, UMPAR berhasil membuka kegiatan S3 (Doktor) Prodi Pendidikan Agama Islam, yang ialah satu-satunya di wilayah Sulawesi Selatan. Selain itu, kerjasama dengan kampus-kampus di banyak sekali negara sudah berlangsung sampai ketika ini. Bahkan, dosen-dosen UMPAR sampai ketika ini, banyak yang sudah berhasil menembus kompetisi dalam seminar nasional dan internasional. Dan dalam waktu dekat, tidak usang lagi kampus ini akan sukses mengorbitkan sejumlah mahasiswa pilihan dan terbaik untuk menimba ilmu di Universitas rekanan di Malaysia.

Nah, dari segi lokasi, kampus ini sangat simpel diakses alasannya yaitu berada di tepi jalan protokol. Untuk itu, adik-adik pelajar yang berencana kuliah di wilayah Parepare, tidak usah khawatir dengan biaya kemudahan dan transportasi, banyak tersedia di bersahabat Kampus. 

Untuk itu, silahkan melihat-lihat fakultas-fakultas yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Parepare di jenjang S1 (Sarjana) diberikut ini:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1.  Program Studi Pendidikan Matematika
  2.  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  3.  Program Studi Luar Sekolah
  4.  Program Studi Biologi
Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan
  1.  Program Studi Agroteknologi
  2.  Program Studi Agribisnis
  3.  Program Studi Ilmu Peternakan
  4.  Program Studi Budidaya Pengairan
Fakultas Ekonomi
  1.  Program Studi Akutansi
  2.  Program Studi Pembanguan
  3.  Program Studi Ilmu Hukum
  4.  Program Studi Manajemen
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
  1.  Program Studi Teknik Sipil
  2.  Program Studi Teknik Elektro
  3.  Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Agama
  1.  Program Studi Pendidikan Agama Islam
  2.  Program Studi Dakwah dan Bimbingan Penyuluhan Islam
  3.  Program Studi Perbankan Syariah
  4.  Program Studi Pendidikan Guru Raudatul Athfal
Fakultas Ilmu Kesehatan
  1. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sementara di tingkat S2 (Magister), Kampus ini membina:

  1. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Prodi Pendidikan Agama Islam
  3. Prodi Agribisnis
Terakhir, di jenjang S3 (Doktor), kampus ini membina:
  1. Prodi Pendidikan Agama Islam 

Selain perguruan-perguruan tinggi yang disebutkan di atas, tidakboleh lupa catat kampus-kampus pilihan lain yang tidak kalah baiknya diberikut ini:
  1. Polimetode Kesehatan Kemenkes Makassar (Kampus Parepare) - Prodi D3 Keperawatan 
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amsir Parepare
  3. Akademi Kebidanan Andi Makkasau Parepare
  4. Akademi Keperawatan Fatima Parepare

Semoga adik-adik pelajar yang berminat kuliah di Parepare merasa termenolong dengan gosip di atas. Ingat, dimanapun Anda kuliah, asalkan fokus dan giat, keberhasilan ada di genggaman Anda. Jadi, kuliah tidak mesti di Makassar. Selamat mempertimbangkan dan berjuang meraih cita-cita!