Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Magnet Dan Mengetahui Kutub-Kutubnya

INIRUMAHPINTAR - Untuk mendapat sebuah magnet, engkau tidak perlu ke tempat Magnesia. Sebuah magnet sanggup dibentuk dengan cara yang sangat gampang. Ada tiga cara untuk membuat magnet, yaitu dengan cara menggosok, induksi, dan memakai arus listrik. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat magnet ialah bahan-bahan yang termasuk kelompok ferromagnetik menyerupai baja dan besi. 

1. melaluiataubersamaini Teknik Menggosok 

Besi atau baja sanggup dijadikan dengan cara menggosokkan sebuah magnet permguan di atas permukaan besi atau baja yang hendak dibentuk magnet. Gosokkan salah satu ujung magnet permguan ke satu arah. Lakukan selama beberapa menit. Sesudah itu, dekatkan besi tersebut pada benda logam menyerupai paku, apa yang terjadi.? 

2. melaluiataubersamaini Teknik Menggunakan Arus Listrik 

Magnet yang dibentuk dengan cara memakai arus listrik sebagai pemicu medan magnetik disebut elektromagnetik. Elektromagnet sanggup dibentuk dengan melilitkan kawat penghantar yang terbungkus materi isolator pada batang baja sampai berpuluh-puluh bahkan diberibu-ribu lilitan. contohnya transformator. 

Lilitkan kawat penghantar pada sebuah batang baja yang hendak dibentuk magnet. Hubungkanlah kawat penghantar pada sebuah sumber tegangan, contohnya watu baterai. Apabila batang baja yang dililiti kawat penghantar tersebut didekatkan pada paku, paku akan tertarik. melaluiataubersamaini cara menyerupai ini, engkau sanggup membuat sebuah magnet dari baja dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, magnet yang dihasilkan dengan cara memakai arus listrik ini lebih berpengaruh daripada magnet yang dihasilkan dengan cara lain. 


3. melaluiataubersamaini Teknik Induksi 

Apabila engkau mendekatkan sebatang besi atau baja ke sebuah magnet permguan yang cukup kuat, besi atau baja yang didekatkan tadi akan mempunyai sifat magnetik. Peristiwa ini disebut induksi magnetik. 

Apabila dibandingkan, besi lebih simpel terinduksi menjadi magnet dari baja. Namun, setelah besi dan baja dijauhkan dari magnet sumber, sifat kemagnetan besi menjadi hilang, sedangkan baja tetap mempertahankan kemagnetannya. Hal ini menunjukkan bahwa baja tetap mempertahankan kemagnetannya. Hal ini menunjukkan bahwa baja sangat cocok untuk dibentuk menjadi magnet permguan. 

Jadi, sanggup disimpulkan bahwa ada 3 cara untuk membuat magnet, yaitu menggosok, arus listrik, cara induksi. Besi sanggup dijadikan magnet dengan cara menggosokkan magnet permguan pada besi ke satu arah. Begitupun, sebatang baja sanggup dijadikan magnet dengan dililiti kawat berarus. misal terakhir, besi dan baja sanggup menjadi magnet lantaran adanya induksi dari magnet permguan. 

Hilangnya kemagnetan pun sanggup hilang gaya tariknya lantaran tiga sebab, yaitu lantaran dipukul, dijatuhkan ke lantai, atau digerahkan. 

Kutub Magnet 

Setiap magnet mempunyai 2 ujung yang disebut kutub magnet. Kedua kutub ini mempunyai gaya magnetik atay gaya tarik paling kuat. Kutub-kutub ini didiberi nama kutub utara dan kutub selatan. 

Kedua ujung magnet selalu mengarah ke Kutub Selatan dan Kutub Utara bumi. Ujung yang mengarah ke Kutub Selatan bumi disebut kutub selatan batang magnet, dan yang mengarah ke Kutub Utara bumi disebut kutub utara batang magnet. Sifat magnet ini dipakai pada kompas. Jarum kompas dipengaruhi oleh medan magnet bumi sehingga selalu menunjuk ke arah utara dan selatan. Bilamana bumi sebagai magnet raksasa maka kutub utara magnet bumi ada di arah selatan bumi dan kutub selatan magnet bumi ada di arah utara bumi. 

Dua buah magnet maka didekatkan dengan kutub berlawanan akan tarik-menarikdanunik. Sebaliknya, jikalau didekatkan dengan kutub yang sama akan tolak-menolak. 

Untuk mengetahui lebih terang terkena kutub utara dan kutub selatan magnet, eksperimen diberikut ini boleh dicoba. Sediakan sebuah magnet batang, seutas tali, dan penyangga. Gantungkanlah magnet batang pada seutas tali yang diam. Kemudian, diberilah tanda pada salah satu ujungnya. Lalu, diberikanlah sedikit gangguan pada salah satu ujung magnet sehingga magnet berputar. Sesudah magnet berhenti berputar, perhatikan arah kedua ujung magnet, diberilah gangguan lagi pada magnet. Apakah arah kedua ujung magnet batang sama menyerupai ketika gangguan pertama didiberikan? 

Untuk menyidik sifat tarik-menarikdanunik dan tolak-menolak pada Kutub Magnet. Sediakanlah dua buah magnet batang. Lalu tandai kutub utara dan kutub selatan magnet. Salah satu magnet batang digantung dengan seutas tali. Magnet tersebut dalam keadaan tergantung bebas. Kemudian, dekatkanlah salah satu ujung magnet yang dipegang ke salah satu magnet yang tergantung. Apa yang terjadi? Lalu, masih pada ujung magnet bebas yang sama, dekatkanlah ujung magnet lainnya yang engkau pegang. Apa yang terjadi?