Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kriteria Calon Penghuni Nirwana Berdasarkan Al-Quran

INIRUMAHPINTAR - INI 8 Kriteria Calon Penghuni Surga Menurut Al-Quran - Tidak ada satupun insan bumi yang tidak menginginkan kebahagiaan infinit menyerupai kehidupan surga. Bagaimanapun keadaannya, nirwana selalu menjadi impiannya. Namun, tidak tiruana orang yang rindu menjadi penghuni-penghuni nirwana juga dirindukan surga. Tidak sedikit malah dirindukan neraka, kawasan abadinya penyiksaan dan penghukuman atas dosa-dosa dunia. 

Banyaknya godaan, cobaan, dan ujian di dunia umumnya membuat insan terlena. Akibatnya, perindu-perindu nirwana yang benar-benar membuktikannya dengan penghambaan sepenuh hati spesialuntuklah sebagian kecil dari umat manusia. Kebanyakan malah jatuh ke kubangan dosa, bergelimangan gemerlap kebahagiaan tiruan, dan justru jauh dari sifat-sifat calon penghuni surga. 

Surga ialah kawasan setinggi-tingginya kesenangan. Tiada kawasan yang lebih indah dari surga, sebagaimana yang dijanjikan Allah dalam kitab-kitabNya. Sayangnya, walaupun insan sudah tahu kabar tersebut, masih banyak yang berkilah, menunda-nunda menjadi insan bertobat dan lupa taat dalam istiqamah hingga simpulan hayat. Akhirnya, mereka mati dalam di ketika dosa-dosa belum terampuni dan sebagai hadiah doorprize, mereka akan memperoleh tiket gratis menginap dan menikmat seluruh akomodasi penyiksaan di hotel prodeo alam akhirat, yaitu Neraka Jahannam. 

Lalu, siapakah yang akan digolongkan Penghuni-Penghuni Surga Menurut Quran? Siapakah mereka yang beruntung itu? Pertanyaan ini masih sering terdengar di indera pendengaran walaupun sudah banyak sumber yang mempersembahkan jawabanan. Oleh lantaran itu, semoga lebih paham dan yakin memperoleh jawabanan paling akurat, simak petikan ayat dari Alquran diberikut ini: 

1. Penghuni nirwana yaitu yang diberiman dan berbuat baik 

Alquran (Al-Baqarah):25 - Dan sampaikanlah diberita besar hati kepada mereka yang diberiman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka didiberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "INI yang pernah didiberikan kepada kami lampau". Mereka didiberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka infinit di dalamnya. 

2. Penghuni nirwana yaitu orang yang bertaqwa 

Alquran ('Āli `Imrān):14 - Dijadikan indah pada (pandangan) insan kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah kawasan kembali yang baik (surga). 

Alquran ('Āli `Imrān):15 - Katakanlah: "Inginkah saya kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada nirwana yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka infinit didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. 


3. Penghuni nirwana yaitu yang senantiasa berdoa 

Alquran ('Āli `Imrān):16 - (Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, bekerjsama kami sudah diberiman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka, 

Penghuni nirwana yaitu orang yang sabar, benar, taat, menafkahkan harta, memohon ampun di waktu sahur 

Alquran ('Āli `Imrān):17 - (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur. 

4. Penghuni Surga yaitu orang yang taat pada Allah dan Rasul 

Alquran (An-Nisā'):13 - (Hukum-hukum tersebut) itu ialah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, pasti Allah memasukkannya kedalam nirwana yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka infinit di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar 

5. Penghuni nirwana yaitu orang yang menjauhi dosa besar 

Alquran (An-Nisā'):31 - Jika engkau menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dihentikan engkau mengerjakannya, pasti Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan engkau ke kawasan yang mulia (surga). 

6. Penghuni nirwana yaitu orang yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat 

Alquran (Al-Mā'idah):12 - Dan bekerjsama Allah sudah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan sudah Kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku beserta engkau, bekerjsama jikalau engkau mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta diberiman kepada rasul-rasul-Ku dan engkau menolong mereka dan engkau pinjamkan kepada Allah pertolongan yang baik bekerjsama Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan bekerjsama engkau akan Kumasukkan ke dalam nirwana yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu setelah itu, bekerjsama ia sudah tersesat dari jalan yang lurus. 

7. Penghuni nirwana yaitu orang yang mengerjakan amal saleh 

Alquran (Al-'An`ām):127 - Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. 

8. Penghuni nirwana yaitu mukmin pria dan perempuan 

Alquran (At-Tawbah):72 - Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) nirwana yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, infinit mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang anggun di nirwana 'Adn. Dan keridhaan Allah ialah lebih besar; itu ialah keberuntungan yang besar. 

Demikianlah 8 Kriteria Calon Penghuni Surga Menurut Al-Quran. Jika ada suplemen informasi dari sumber lain, silahkan menambahkan di kolom komentar. Jangan lupa like dan share semoga banyak orang yang memperoleh manfaat dan kebaikan.