Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Kisah Film Fiksi Yang Cocok Dikembangkan Di Indonesia

INIRUMAHPINTAR - Salah satu genre film yang sangat cocok dan dikembangkan di Indonesia yaitu fiksi. Hal itu dikarenakan ide-ide dongeng fiksi mempunyai ruang kreativitas yang lebih luas dibandingkan ide-ide dongeng non-fiksi. Coba kita lihat beberapa tahun terakhir, film-film fiksi menyerupai Warkop DKI Reborn, berhasil menembus angka fenomenal dalam raihan jumlah penonton di seluruh Indonesia. Untuk itu, penggiat film mesti mengambil peluang ini.

Lagipula, serbuan film-film luar ke Indonesia tiada habisnya. Mengapa kita tidak membuat film sendiri yang lebih baik.Jangan hingga kita terlelap dan membiarkan generasi-generasi kita dipenuhi fatamorgana dan ketiruanan film-film romantika ala Korea atau India. Kita harus berdiri dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Salah satunya dengan menaikkan derajat film Indonesia dengan ciri khas ketimurannya.

Semakin banyak film fiksi yang dibuat, maka peluang mengumpulkan pundi-pundi uang pun semakin besar. Di sisi lain, para penikmat film pun mendapat kesenangan berupa hiburan yang bermanfaa. Lagipula, bisnis dunia perfilm-an memang tiada matinya. 

Sisi dunia film yang menghibur, sebaiknya dinaikkan derajatnya menjadi menghibur sekaligus mendidik. Tujuannya ialah biar terjadi keseimbangan antara memperoleh kesenangan dan mendapat pengetahuan atau nilai-nilai moral.

Agar seimbang, film tidak sebaiknya dibentuk spesialuntuk alasannya ialah bahan atau egoisme produser. Film wajib mencerminkan kearifan timur Indonesia. Untuk itu, perlu santunan ide-ide dari sejumlah pihak, termasuk manusia penikmat film. 

Film-film fiksi yang hadir di layar lebar dan diputar di bioskop-bioskop tanah air mesti menggabungkan ide-ide dongeng yang mengandung nilai keunikan dan nilai-nilai moral yang mendidik. Film-film yang dipenuhi romantika atau dongeng percintaan lebay bertahap sebaiknya ditinggalkan. Apalagi film-film fiksi horor yang kebanyakan fakir dalam cerita, miskin dalam ide, tetapi kaya dalam mengumbar aurat harus dijauhkan dari jangkauan penikmat film tanah air.

Mengapa kita tidak mencoba ide-ide dongeng lain yang mengandung unsur-unsur kreativitas tanpa mengorbankan huruf dan adab-adab ketimuran. Mengapa kita harus mencontoh wajah-wajah film luar yang memang tidak sama dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia? Mengapa kita tidak percaya diri untuk menampilkan sisi-sisi Nusantara yang kaya akan dongeng dan kisah-kisah unik. 

Untuk itu, melalu goresan pena ini, saya tertarik menyebarkan ide-ide dongeng film fiksi yang cocok dikembangkan di Indonesia untuk tahun-tahun yang akan hadir. Berikut penjabarannya!

Transformer Indonesia Kapan Rilis ya? Cepetan donk! hehehe

1. Film Fiksi bertema Detektif

Jika Anda pernah menonton film Detective Conan asal Jepang, atau film 007, maka Anda termasuk satu selera dengan aku. Film-film yang menceritakan ihwal dunia detektif menyerupai itu berdasarkan aku, selain menambah pengetahuan ihwal dunia kedetektifan, juga tidak cepat menjadikan rasa bosan, alasannya ialah selalu dibumbui cerita-cerita yang unik dan menggugah rasa penamasukan. Para penonton pun tahu lebih banyak bagaimana cara detektif mengungkap kasus-kasus rumit dalam dunia hitam. Ditambah dengan aksi-aksi heroik dan kejar-kejaran, film fiksi bertema detektif niscaya akan laris keras di Indonesia.

2. Film Fiksi bertema Komedi

Tontonan fiksi yang sanggup membuat penonton tertawa terbahak-bahak terdapat dalam film bergenre lawakan. Dalam film-film ini, penonton akan terhibur alasannya ialah setiap agresi pemain film dan aktris sanggup memancing gelak tawa. melaluiataubersamaini kata lain, sisi kelucuan menjadi the main power keberhasilan film bergenre lelucon di Indonesia. Misalnya film Warkop DKI yang sangat lekat dengan huruf Dono, Kasino, dan Indro, kelucuannya abadi sepanjang zaman. Hingga kini, aroma lelucon di film tersebut terbukti belum mempunyai tandingan di Indonesia,bahkan di dunia. Jadi, peramu film di tanah air tiada ruginya menghasilkan karya film fiksi bertema lelucon sebanyak-banyaknya. Siapa tahu, suatu ketika nanti, film fiksi lelucon Indonesia berhasil memikat penonton dan penikmat dari seluruh makhluk bumi. 

3. Film Fiksi bertema Petualangan

Film petualangan ialah film yang selalu meliputi hal-hal gres dan unik. Indonesia kaya sumber daya alam dan penuh dengan destinasi-destinasi yang masih jarang dilihat publik. Jadi, potensi film fiksi bertema petualangan di Indonesia sangat besar. Coba kita diberimajinasi andai ada film Indonesia yang menceritakan ihwal pecarian harta karun di hutan kalimantan, atau film ihwal petualangan melepaskan diri dari kejaran suku kanibal di tengah hutan Papua, atau sanggup juga film petualangan dunia bawah maritim di perairan Sulawesi, dsb. Saya yakin cerita-cerita petualangan menyerupai ini bakal sukses besar di dunia perfilman Indonesia. Para penonton akan berduyun-duyun memenuhi bioskop ingin melihat keseruan dunia petualangan di alam Indonesia. Lihatlah program TV "My Life My Adventure", serunya bukan main kan? Coba kisah petualangan di program tersebut dikemas dalam bentuk film bergenre fiksi, niscaya ada keseruan lain yang menggugah selera penikmat film.

4. Film Fiksi bertema Anak-Anak

Dunia bawah umur ialah dunia yang penuh keceriaan. Dunia bawah umur juga penuh kepolosan dan hal-hal unik yang susah ditebak. Jika diangkat ke dunia film, peluangnya untuk sukses pun sangat besar. Sayang, beberapa tahun terakhir, film bawah umur di Indonesia minim prestasi. Terakhir, seingat aku, film bawah umur yang berkarakter yang pernah tayang dan viral di masa saya yaitu Petualangan Sherina, dan Joshua oh Joshua. Film fiksi bertema bawah umur dari luar yang juga menarikdanunik yaitu Home Alone. Film fiksi menyerupai inilah yang meski diperbanyak lagi. Banyak bawah umur Indonesia yang butuh hiburan mendidik. Jangan hingga mereka justru dimanjakan dengan film-film yang belum siap mereka tonton. Film-film yang justru membahayakan tumbuh kembang dan kreativitas mereka sebagai anak-anak. Untuk itu, kehadiran film fiksi bertema bawah umur sangat ditunggu di Indonesia. 

5. Film Fiksi bertema Robot dan Teknologi Canggih

Film-film yang menampilkan teknologi canggih hingga ketika ini masih didominasi film-film dari Hollywood. Memang luar biasa dan susah dipercaya! Faktanya, dunia robot bernuansa teknologi modern ialah dunia lain yang menarikdanunik untuk dijelajahi. Jadi, pantas saja film fiksi jenis ini mempunyai nilai jual tinggi di pamasukan, termasuk di Indonesia. Agar lebih baik, pencipta film di Indonesia sepantasnya melirik peluang untuk mengembangkan genre ini. Saya pernah melihat penggalan film fiksi animasi buatan Indonesia yang menyerupai dengan film Transformer di Facebook. Saya suka dan sangat mengapresiasi pengembangnya. Semoga film tersebut cepat rilis alasannya ialah kesuksesan sudah menantinya di depan mata.

Demikianlah, celoteh dini hari ihwal Ide Cerita Film Fiksi yang Cocok dikembangkan di Indonesia. Semoga terinspirasi dan secepatnya Indonesia akan dipenuhi film-film berkarakter, menghibur, dan sekaligus mendidik.