Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Registrasi Masuk Kampus Swasta Di Makassar

INIRUMAHPINTAR - Bagi adik-adik di kota Makassar, Sulawesi Selatan dan sekitarnya yang gres saja tamat di Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), atau di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2016/2017, tentu dikala ini sedang mencari-cari isu ihwal daerah kuliah. Sebagai pilihan pertama, kebanyakan adik-adik calon mahasiswa menentukan kampus negeri. Sayangnya, tidak tiruana sanggup lulus dan diterima di kampus tersebut. Pertama, selain alasannya yaitu kuota kampus negeri tidak sebanding dengan jumlah lulusan yang kian meningkat tiap tahun. Kedua, alasannya yaitu tidak lulus tes masuk. Ketiga, alasannya yaitu terlambat melaksanakan pendaftaran. 

Adik-adik yang kurang beruntung masuk kampus negeri baiknya tidak hingga kecewa dan putus asa. Hal itu dikarenakan, di kota Makassar dan di beberapa kota/kabupaten di Sulawesi Selatan sudah mempunyai sejumlah kampus-kampus swasta yang tidak kalah kualitas dan akreditasinya. Bahkan, tidak sedikit dari alumni kampus swasta yang lebih kompetitif dan lebih praktis memperoleh pekerjaan dibandingkan lulusan universitas negeri. Lagipula, daerah kuliah sangat relatif dalam menentukan masa depan seseorang. Di manapun Anda kuliah, kalau tidak fokus maka kesudahannya pun tidak memuaskan. Jadi, mumpung masih ada peluang, silahkan perbanyak isu ihwal kegiatan pendaftaran masuk di banyak sekali kampus swasta yang tersebar di kota Makassar dan kota-kota/kabupaten lain di Sulawesi Selatan. 

Untuk itu, melalui goresan pena ini, saya berusaha mengumpulkan sejumlah isu kegiatan pendaftaran masuk sejumlah perguruan tinggi tinggi swasta terkenal di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Silahkan catat baik-baik dan siapkan diri Anda untuk mendaftar di salah satunya. Jangan sia-siakan peluang emas ini dan pilihlah daerah kuliah yang cocok dengan harapan Anda. Berikut isu selengkapnya:


1. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) 2017

Berdasarkan isu di situs resmi Unismuh Makassar, kegiatan pendaftaran masuk untuk kategori umum yaitu 17 April hingga dengan 19 Agustus 2017 sedangkan untuk jalur seruan dan konversi yaitu 17 April hingga 16 Juli 2017. Tempat pendaftaran berlokasi di Kantor UPT-PMB Unismuh Makassar. Biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa S1 yaitu 250 ribu rupiah (jurusan umum), kedokteran (750 ribu rupiah), dan untuk calon maba pascasarjana sebanyak 500 ribu rupiah. 

Bagi adik-adik yang berminat mendaftar di kampus ini, silahkan perhatikan syarat-syarat dan siapkan berkas-berkas di bawah ini!
  • Fotocopy Ijazah yang sudah dilegalisir atau SKHU, serta Kartu Keluarga/KTP
  • Calon Maba yang  boleh mendaftar di Kedokteran spesialuntuk dari jurusan IPA SMA/MA
  • Usia ijazah 4 tahun (kecuali yang sudah bekerja) membawa Keterangan Kerja dari instansinya
  • Pas Foto 3x4=2 Lembar (pas foto resmi terbaru)
  • Membayar biaya pendaftaran Rp.750.000,- untuk Calon Maba Kedokteran, Non Kedokteran Rp.250.000,-, dan untuk Pascasarjana Rp.500.000,- (Bank Mitra Unismuh)
  • Bagi Jalur Undangan, membawa Rekomendasi dari PDM, PMW, Kepala Sekolah, dengan melampirkan fotocopy raport 3 semester terakhir (dilegalisisr) & bukti prestasi
 (sumber: pmb.unismuh.ac.id/)

Jika masih gundah dan butuh isu lebih detail, tidakboleh galau untuk menghubungi Call Center PMB Unismuh Makassar di nomor 085 823 367 079 atau bertanya melalui layanan Email di: info@unismuh.ac.id. Begitupun dengan isu adanya kegiatan penerimaan gelombang ke-2 atau perubahan lain, silahkan konsultasikan dengan panitia penerimaan mahasiswa gres Universitas Muhammadiyah Makassar. 

2. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Muslim Indonesia (UMI) 2017

Bagi adik-adik calon mahasiswa yang berkeinginan mendaftar di Universitas Muslim Indonesia, salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di luar Jawa dan tertua di Sulawesi Selatan, silahkan mencatat kegiatan pendaftaran diberikut. Menurut situs resmi UMI Makassar, kegiatan pendaftaran dimulai tanggal 3 April hingga dengan 18 Mei 2017. Tempat pendaftaran yaitu di Menara UMI Jl. Urip Sumoharjo KM. 5 Makassar. Jika kesusahan menemukan alamat tersebut atau ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan menghubungi telp. 0411-455666 atau 445696. 

Sistem pendaftaran di kampus ini memakai sistem online. Jadi, silahkan adik-adik perhatikan langkah-langkah dan alur pendaftaran SPMB di UMI Makassar diberikut ini:
  • Membuat akun SPMB online di situs http://penerimaan.umi.ac.id dan memperoleh nomor pendaftaran dan password
  • Login ke SPMB Online dengan memasukkan nomor pendaftaran dan password
  • Melengkapi formulir pendaftaran Online ibarat Biodata, Pilihan Prodi, Unggah Foto, dan Berkas Ijazah.
  • Verifikasi berkas dengan mengatakan ijazah orisinil atau SKHU ke Bagian Verifikasi Berkas.
  • Membayar biaya pendaftaran ke Bank BRI atau BMT Menara UMI Lt. I. Catatan: pembayaran di BRI harus melalui teller (berarti tidak dianjurkan melalui transfer online)
  • Mencetak Kartu Peserta Ujian. Batas waktu pengambilan kartu peserta ujian yaitu 3 hari sebelum pelaksanaan ujian SPMB. 
  • Mengikuti ujian SPMB dengan membawa dan mengatakan Kartu Peserta Ujian.
  • Pengumuman Hasil Ujian. Silahkan login ke SPMB Online dengan melihat hasil seleksi
(sumber resmi: spmb.umi.ac.id) 


Adapun kalau ada perubahan kegiatan pendaftaran masuk di kampus ini, silahkan dikonfirmasikan dengan panitia resmi penerimaan mahasiswa gres di kampus tersebut atau terus mengecek situs resminya di alamat www.umi.ac.id dan/atau spmb.umi.ac.id dan/atau penerimaan.umi.ac.id

3. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Islam Makassar (UIM) 2017

Sesudah mengecek situs resmi kampus UIM di alamat : http://pmb.uim-makassar.ac.id, ternyata belum ada isu terbaru ihwal kegiatan pendaftaran masuk di kampus ini untuk tahun 2017/2018. Namun, kalau ingin merujuk pada kegiatan pendaftaran tahun lalu, sebagaimana tercantum di situs tersebut, kegiatan pendaftaran berlangsung 3 gelombang. Gelombang pertama biasanya di bulan Mei, gelombang ke-2 di bulan Agustus, dan gelombang ke-3 di bulan September. Bagi yang berminat kuliah di kampus ini, silahkan mengirimkan berkas melalui pos (bagi calon maba di luar kota Makassar) atau membawa sendiri ke alamat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Makassar: Biro Administrasi Akademik & Kemahasiswaan (BAAK), Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 No. 29 Makassar, atau menghubungi kontak resmi di nomor Telp : 0411-588167/590023. (sumber: http://pmb.uim-makassar.ac.id/)

4. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Fajar (Unifa) Makassar 2017

Bagi yang berminat kuliah di Universitas swasta ini, silahkan catat kegiatan pendaftaran masuk diberikut ini. Menurut situs resmi UNIFA, diperoleh isu bahwa kegiatan pendaftaran dan penerimaan mahasiswa gres dimulai tanggal 2 mei hingga dengan 5 September 2017. Adapun untuk jalur prestasi dimulai tanggal 9 januari hingga 29 April 2017. Sistem pendaftaran di UNIFa sanggup dilakukan offline atau online. Silahkan cek situs http://www.spmb.unifa.ac.id/ untuk melaksanakan e-registrasi. Untuk isu selengkapnya silahkan hubungi nomor kontak UNIFA (0411) - 447508 atau eksklusif ke alamatnya di Jalan Prof. Dr. H. Abdurrahman Basalamah (Ex. Jalan Racing Center) No. 101. Atau boleh juga melaksanakan konsultasi melalui email info@unifa.ac.id. 

5. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Bosowa (Unibos) 2017

Bagi yang tertarik mendaftar di kampus ini, silahkan catat baik-baik isu pendaftaran diberikut ini. Menurut situs resmi Unibos di alamat: https://universitasbosowa.ac.id/, penerimaan mahasiswa gres akan berlangsung mulai bulan Maret 2017 hingga Agustus 2017. Adapun tes gelombang I akan diadakan pada tanggal 29 dan 30 April 2017. Pengumuman resminya direncanakan tanggal 9 Mei 2017. Untuk isu gelombang ke-2, silahkan update isu Anda di situs resmi Unibos yang tertera di atas. 

Bagi yang butuh isu lebih jelas, silahkan menhadiri alamat Unibos di Jalan Urip Sumoharjo Km.4, Kota Makassar, Sulawesi Selatan atau silahkan menghubungi nomor kontak 08114192787 (Ferdi), 081285089728 (Rara), 08513331188 (Nas). Jika kalian ingin gabung dengan fanpage Unibos di Facebook, silahkan search: Universitas Bosowa-Makassar. 

6. Jadwal Pendaftaran Masuk Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) 2017

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Parepare, Sidrap, Soppeng, Bone, Sengkang, Barru, Pinrang, Enrekang, Mamuju dan berminat kuliah di UMPAR, salah satu kampus swasta kesukaan di Sulawesi Selatan, silahkan catat isu lengkap jadwal-jadwal penerimaan mahasiswa gres diberikut ini.

PENDAFTARAN
Jalur Undangan   : 15 Februari - 01 April 2017
Jalur Tes Gel. I    : 03 April - 30 Juni 2017
Jalur Tes Gel. II  : 12 Juli - 19 Agustus 2017

SELEKSI
Jalur Tes Gel. I   : 05 Juli 2017
Jalur Tes Gel. II : 24 Agustus 2017
PENGUMUMAN LULUS
Jalur Undangan   : 06 April 2017
Jalur Tes Gel. I    : 11 Juli 2017
Jalur Tes Gel. II  : 29 Agustus 2017
PENDAFTARAN ULANG
Jalur Uandangan  : 07 – 15 April 2017
Jalur Tes Gel. I     : 12 - 22 Juli 2017
Jalur Tes Gel. II   : 04 - 09 September 2017 

Adapun kalau masih ada hal-hal yang kurang jelas, silahkan hadir eksklusif ke panitia penerimaan mahasiswa gres di kampus UMPAR, tepatnya di alamat  Jl. Jenderal Ahmad Yani Km 6 , Pare-Pare 91111, Sulawesi Selatan atau boleh juga menghubungi nomor Telepon: (0421) 22757-25524, Fax: (0421) 22757. Atau mengunjungi Website resmi penerimaan mahasiswa gres UMPAR di link: www.spmb-umpar.ac.id atau mengirimkan Email ke-umparpare@gmail.com

Tentu masih banyak universitas-universitas swasta lainnya yang belum sempat saya hadirkan di postingan ini. Jadi, adik-adik calon mahasiswa yang ingin mencari isu pendaftaran lainnya, silahkan rajin searching di Google, atau boleh konsultasikan dengan saya di kolom komentar goresan pena ini. Sebagai catatan penutup, saya tidak pernah berhubungan dengan kampus manapun di atas. Niat saya spesialuntuk ingin memmenolong adik-adik pelajar menyediakan satu paket isu pendaftaran dan penerimaan mahasiswa gres di kampus swasta terbaik dan terkenal di kota Makassar dan sekitarnya dalam satu halaman. Share dan like goresan pena ini kalau bermanfaa dan tidakboleh lupa share ke kawan-kawan kalian di medsos biar lebih banyak yang memperoleh kebaikan atas isu ini. Salam Mahasiswa!