Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Berguru Bahasa Inggris Belajar Sendiri Bagi Pemula

INIRUMAHPINTAR - Memiliki keahlian berbahasa gila yaitu sebuah modal penting di masa globalisasi ibarat ketika ini. melaluiataubersamaini kemampuan tersebut, Anda bisa lebih simpel menerima pekerjaan yang berkelas, memperoleh beasiswa studi ke luar negeri, atau melaksanakan travelling keliling dunia. 

Sayangnya, proses pengajaran bahasa Inggris di Indonesia masih berstatus sebagai Foreign Language atau bahasa asing, sehingga para pelajar lulusan Sekolah Menengan Atas umumnya masih terbata-bata dan kurang percaya diri dalam berkomunikasi memakai bahasa Inggris.

Bahkan lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris di perguruan tinggi tinggi sekalipun masih banyak yang belum bisa mencapai skor ideal dalam tes standar bahasa gila contohnya TOEFL, IELTS, TOEIC, dsb. 

Hal tersebut tentu sangat mencengangkan. Bagaimana mungkin bangsa ini bisa bersaing dengan negara-negara lain jikalau kebutuhan skill bahasa gila ini masih belum dirumuskan secara mendalam dan sistemik. 

Sebagian siswa atau mahasiswa yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris kesannya menentukan untuk mendaftar di kursus-kursus dalam negeri atau mengikuti agenda petes intensive (short course) di negara berbahasa Inggris ibarat di Amerika, Australia, Canada, atau di Singapura.

Namun, biaya kursus bahasa Inggris cukup mahal bagi sebagian besar pembelajar. Oleh sebab itu, berguru belajar sendiri yaitu satu-satunya pilihan. Lalu bagaimana memulainya? Mungkin ada di antara Anda pernah mencoba berguru sendiri tetapi gagal dan berakhir dengan kekecewaan. 

Saya pikir proses itu yaitu pecahan dari keberhasilan yang tertunda. Untuk itu, kawan-kawan yang sangat ingin berguru dan lancar ber-Bahasa Inggris, ada baiknya membaca dan mengikuti tips-tips yang saya bagikan diberikut ini:

1. Tentukan dulu alasan Anda mengapa ingin berguru bahasa Inggris!

Langkah pertama yaitu temukanlah hal-hal yang memotivasi Anda ingin mempelajari bahasa Inggris. Entah itu sebab ingin lancar berkomunikasi, ingin memperoleh beasiswa dan berguru di luar negeri, atau ingin lebih simpel memahami teks-teks ber-bahasa Inggris. Langkah pertama ini sangat penting dan menjadi pondasi awal menentukan langkah-langkah diberikutnya.

2, Tentukan skill apa yang Anda ingin Perahli!

Sesudah mengetahui alasan mempelajari bahasa Inggris, langkah selanjutnya yaitu memetakan skill yang dibutuhkan. Misalnya Anda ingin lancar berkomunikasi, berarti Anda perlu melatih dan memperahli skill speaking dan listening Anda. Jika Anda spesialuntuk serius untuk memahami teks berbahasa Inggris, maka cukup kuasai skill reading (grammar+vocabulary). Lain lagi jikalau Anda menargetkan memperoleh skor ideal pada tes TOEFL dan IELTS, perlu kerja keras menguasai seluruh skill bahasa Inggris secara komprehensif. 

3. Belajarlah bahasa Inggris secara Alami!

Belajar secara alami lebih sangat senang dibandingkan berguru dalam nuansa kelas yang kaku. Begitupun dalam mempelajari bahasa Inggris. Apalagi bahasa itu sejatinya memang tumbuh secara alami dengan kehidupan manusia. Jadi, jikalau Anda bisa hidup bersama bahasa Inggris tanpa beban, maka peluang untuk berhasil jauh lebih besar. 

Bagaimana caranya? Sinergikan hobby Anda dengan nuansa bahasa Inggris. Jika Anda senang menonton film misalnya, biasakanlah menonton film barat, dengarkan baik-baik pengucapan aktor/aktrisnya, bacalah subtitle-nya, kemudian seraplah bahasanya setahap demi setahap. Lain lagi jikalau Anda senang mendengarkan musik, carilah lagu-lagu berbahasa Inggris, putarlah berulang-ulang dan bandingkanlah dengan liriknya, kemudian seraplah satu persatu ungkapan-ungkapan kalimat yang terkandung dalam lagu tersebut. 

4. Carilah sumber berguru yang tepat!

Saat ini, tidaklah susah menemukan sumber belajar. Ada banyak bahan bahasa Inggris yang tersedia di YouTube. Ada juga di situs-situs tutorial bahasa Asing lainnya. Berselancarlah di mesin pencari Google dan temukan yang cocok dengan kebutuhan Anda. 

5. Bergabunglah dengan komunitas Pembelajar bahasa Inggris!

Saat ini, ada banyak komunitas pembelajar bahasa Inggris siap menyebarkan dan berkomunikasi dengan Anda kapanpun dan dimanapun. Anda bisa melaksanakan video call baik berduaan maupun berkelompok. Di beberapa situs malah disediakan Online Class baik premium maupun gratis. 

Namun, jikalau Anda terhalang oleh jaenteng Internet, tidakboleh berkecil hati. Ajaklah kawan-kawan Anda yang mempunyai visi misi sama untuk mempelajari bahasa Inggris. Buatlah meeting club! kemudian undanglah guru atau pengajar kompeten di lingkungan Anda untuk menyebarkan ilmu. 

Tidak sedikit dari mereka rela tidak dibayar lho. Jadi, tidakboleh sia-siakan peluang tersebut! Jadikan kegiatan ini sebagai acara faktual yang berkesinambungan, biar skill ber-bahasa Inggris Anda berkembang pesat sembari memperkuat jalinan perteman dekatan dengan banyak orang. 

Demikianlah gosip wacana 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Bagi Pemula. Jangan lupa like dan share biar banyak mitra atau kenalan Anda yang juga memperoleh manfaat dari goresan pena ini! Terima kasih.