Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Tujuan Penulisan Dan Berguru Teks Deskripsi?

INIRUMAHPINTAR - Teks deskripsi ialah salah satu bahan pokok dalam bidang studi Bahasa Indonesia di tingkat SMP (SMP) dalam kurikulum 2013. Materi ini bahkan ditempatkan dalam kurikulum sebagai bahan pertama yang diajarkan di kelas 7. Hal ini berarti teks deskripsi mempunyai keutamaan. Apakah itu? Menurut aku, teks deskripsi jauh lebih praktis diajarkan dibandingkan jenis-jenis teks yang lain, menyerupai teks narasi (fantasi), teks fabel, teks laporan, dsb. 

Pada dasarnya, elemen-elemen dalam teks deskripsi hampir tiap hari kita gunakan untuk mengilustrasikan sesuatu atau seseorang kepada mitra bicara. Misalnya, dalam sebuah peluang kita saling menceritakan pengalaman di hari libur. Walaupun di dalamnya mengandung unsur naratif, inti penceritaan sanggup terpusat pada karakteristik teks deskripsi. 

Sebut saja Ani dan Budi. Mereka bercengkrama di waktu istirahat sekolah. Budi menceritakan bagaimana citra museum yang ia kunjungi ketika selesai pekan. Termasuk bagaimana bentuk gedung museum tersebut, ada apa saja di sana, bagaimana halamannya, bab dalamnya, dindingnya berwarna apa, siapa-siapa saja di sana, apa yang mereka yang lakukan, adakah pemandu khusus, suasananya bagaimana, adakah lampu-lampu hias, bagaimana pematidakboleh benda-benda di sana, dan masih banyak lagi.

Begitupun dengan Ani. Ia menceritakan wacana suasana kampung halamannya. Kebetulan ketika berkunjung di hari libur, kampungnya lagi trend pguan padi. Ia menggambarkan bagaimana orang-orang di jalanan, persawahan, dan seberapa ramai di sana. Ia juga menceritakan apa-apa yang dilihatnya ketika ikut nenek dan kakek memguan padi di sawah. Mulai dari memotong padi, mengumpulkan jerami, memasukkan gabah ke karung, sampai suasana kehangatan makan bersama di bawah pepohonan. 

Berdasarkan gambaran di atas, sanggup disimpulkan bahwa teks deskripsi bertujuan untuk mempersembahkan citra detail wacana sesuatu atau seseorang sehingga hal apapun yang diceritakan itu seolah-olah ada di depan mata sehingga mitra bicara sanggup ikut terhanyut dalam suasana tersebut. 


Apa tujuan pengajaran penulisan teks deskripsi di tingkat SMP?

Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan sesuatu. Agar teks desripsi sanggup menghasilkan gambaran yang baik dan menarikdanunik untuk dibaca, seorang penulis wajib mengikuti pola-pola penulisan yang sudah diputuskan. Di tingkat SMP, para siswa diajarkan wacana teks deskrispi sampai mereka benar-benar bisa menulis teks deskripsi mereka secara mandiri. Apakah tujuan pengajaran teks deskripsi sesederhana itu? Tentu saja tidak.

Kelak, jikalau para siswa kelas 7 SMP yang berguru menulis teks deskripsi tersebut berhasil mengembangkan bakatnya di bidang tulis-menulis, maka mereka berpeluang menjadi calon-calon penulis handal. Seorang penoles novel misalnya, dalam karyanya selalu ada unsur-unsur deskriptif yang menjadi bumbu-bumbu penyedap tulisan. Dasarnya ada dalam teks deskripsi. Dan pengembangannya dalam dipadukan dengan ungkapan-ungkapan majas metafora atau personifikasi. Penulis handal punya kompetensi itu dan terkadang tiruananya berawal dari sebuah pelajaran sederhana. 

Jadi, adik-adik pelajar yang mungkin pernah bertanya-tanya dalam hati, "untuk apa pelajaran teks deskripsi ini?" Jangan khawatir, itu yakni peluang kalian untuk menggali potensi diri. Setidaknya kalian punya keinginan untuk menulis apapun dengan karakteristik kalian. Tulislah teks deskripsi kalian apa adanya tanpa beban. Kreasikan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Semuanya tentu mempunyai nilai yang patut dihargai.

melaluiataubersamaini demikian, para guru Bahasa Indonesia yang bertindak sebagai referensi keinginan para siswa wajib membekali diri wacana tiruana komponen yang bekerjasama dengan teks deskripsi. Faktanya, tidak tiruana guru yakni penulis atau mempunyai kemampuan menulis yang handal. Namun, keinginan para penerima didik masa sekarang tidaklah muluk-muluk. Setidaknya guru mereka bisa menyediakan teori-teori, dasar-dasar, dan langkah-langkah menulis sampai memfasilitasi ke arah mencipta karya tulis deskripsi yang baik. 

Teks deksripsi yakni pelajaran yang sederhana, bersahabat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir tiruana orang selalu melisankan ungkapan deksriptif. Dan beranjak dari hal-hal sederhana tersebut, bangsa ini berharap di masa yang akan hadir, akan terlahir generasi-generasi emas yang bersahabat dengan dunia penulisan, apapun profesi mereka kelak. 

Menulis yakni hal sederhana, tetapi juga ialah salah satu upaya mengukir jejak-jejak sejarah untuk generasi-generasi diberikutnya. Akhir kata, yang terpenting bukanlah mempertanyakan sejauh mana tujuan penulisan dan berguru teks deskripsi, tetapi sedini mungkin melatih diri untuk menulis apa saja, termasuk menulis teks deskripsi. 

Bagaimana? apakah Anda sudah pernah berguru menulis teks deskripsi? Jika Anda ingin menyebarkan goresan pena tersebut di kolom komentar, saya dengan bahagia hati akan membacanya. Saya tunggu lho ya!