Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Fakta Unik Dan Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan

INIRUMAHPINTAR - Kali ini saya mengajak pembaca untuk mengupas tuntas wacana 14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan. Namun, sebelumnya perlu kita ketahui bahwa kimchi yakni kuliner tradisional Korea hasil fermentasi yang mengandung manfaat untuk kesehatan manusia. Kimchi dibentuk melalui serangkaian proses, termasuk menyiapkan kubis atau lobak, dan mencampurnya dengan banyak sekali bumbu dan rempah lainnya, kemudian difermentasi. Kimchi juga bisa dibentuk dari kol, lobak, daun bawang, atau mentimun sebagai materi sayuran utama. Bergantung selera pembuatnya.

Tentu, sobat erat penamasukan bukan untuk mengetahui manfaat dari Kimchi ini. Apalagi kuliner ini udah familiar bagi sobat erat yang menggemari film-film Korea. Kimchi sering nongol loh di sana. Ayuk kita simak klarifikasi lengkap diberikut ini:

Fakta Unik wacana Kandungan Nutrisi Kimchi

Kimchi kaya vitamin, mineral, serat makanan, dan unsur lainnya. Kimchi terbuat dari banyak sekali sayuran yang tinggi serat kuliner dan rendah kalori. Sayuran yang dipakai dalam kimchi juga berkontribusi terhadap nilai gizinya secara keseluruhan. Kimchi mengandung vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium, dan zat besi dan mengandung basil asam laktat, di antaranya yakni spesies Lactobacillus.

Temukan manfaat kesehatan dan penerapan kimchi yang terbukti menciptakannya harus mempunyai kuliner setiap hari alasannya yakni banyak alasan kesehatan.
14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan 

Manfaat Kimchi untuk Kesehatan


1. Kimchi Memmenolong Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kimchi yang difermentasi sanggup memmenolong tubuh memperbaiki parameter metabolik pada pasien yang mengeluh kelebihan berat tubuh atau mengalami obesitas. Bukan spesialuntuk itu, kimchi yang difermentasi juga mempunyai imbas faktual mengendalikan tekanan darah sistolik dan diastolik, persentase lemak tubuh, glukosa, dan kolesterol, dibandingkan imbas kimchi segar. Dan secara keseluruhan, kimchi memmenolong menurunkan berat badan. 

2, Kimchi Bagus untuk Arteri dan Jantung 

Kimchi mengandung asam propionat yang mempunyai imbas antioksidan pada pencegahan akumulasi plak di arteri, penebalan arteri atau aterosklerosis. Selain itu, sanggup kuat baik mengatasi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer. Studi juga sudah menunjukkan bahwa senyawa di kimchi (kubis yang difermentasi) lebih unggul dibanding simvastatin dalam menghambat aterosklerosis.

3. Kimchi Bagus untuk Kulit

Menurut sebuah penelitian, kimchi mengandung probiotik, Lactobacillus sakel, yang meentengkan peradangan kulit akhir alergi. Hal ini membuat kimchi efektif untuk mengobati alergi dan mengurangi peradangan kulit akhir alergi. Kimchi juga efektif dalam mengobati kulit gatal kronis yang dikenal sebagai dermatitis atopik atau eksim atopik. 

4. Kimchi Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa kimchi mempunyai acara antidiabetes. Termasuk mengonsumsi kimchi dalam diet terbukti bisa memmenolong mencegah diabetes.

5. Kimchi Mencegah Alergi

Menurut seorang studi, kimchi yang terbuat dari fermentasi Ixeris sonchifolia mengandung senyawa dengan sifat anti alergi dan memperbaiki reaksi alergi, menyerupai pruritus, anafilaksis, dan pembengkakan. 

6. Kimchi Memmenolong Melawan dan Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi, kimchi dan komponen aktifnya, termasuk beta-sitosterol, mempunyai potensi baik dalam pencegahan dan pengobatan kanker, dan sudah menunjukkan bukti meyakinkan bahwa imbas antikanker tercipta dalam proses pengolahan kimchi. Dalam studi lain, kombinasi chitosan dan Kimchi menunjukkan acara antiproliferatif pada sel kanker usus manusia.

7. Kimchi mencegah toksisitas BPA

Bisphenol A (BPA) yakni materi kimia yang umum dipakai untuk pengerasan plastik. Zat ini sanggup ditemukan di perangkat medis, compact disc, botol air, lapisan kuliner kalengan dan minuman, serta banyak sekali produk lainnya. Beberapa risiko BPA menyerupai mengganggu kenormalan hormon, berdampak negatif pada otak dan sikap bayi atau anak kecil, meningkatkan risiko kanker, duduk perkara jantung dan kondisi lain menyerupai obesitas dan diabetes. Penelitian sudah menunjukkan bahwa basil problotik yaitu  Bacillus pumilus dalam kimchi bisa merendahkan bisphenol A.

8. Anti-Mikroba

Kimchi mempunyai khasiat antimikroba yang memmenolong mencegah banyak sekali basil dan infeksi basil alasannya yakni makanan. Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa basil problotik di dalam kimchi yang dikenal sebagai Lactococcus lactis menghasilkan bakteriosin menyerupai nisin dengan fungsi anti-mikroba yang super.

9. Anti-Bakteri

Sebuah studi menyimpulkan bahwa bakterilorin yang diekstraksi dari kimchi menunjukkan acara antibakteri yang kuat.

10. Anti-Inflamasi

Kimchi mempunyai sifat anti-inflamasi yang menciptakannya mempunyai kegunaan mengatasi penyakit peradangan menyerupai bisul dan rheumatoid arthritis. Menurut sebuah penelitian, HDMPPA yang ditemukan di kimchi sanggup mempersembahkan respons anti-inflamasi dengan menekan lisan perantara proinflammatory dan sitokin yang diinduksi LPs.

11. Kimchi Melindungi Neuron (Sel Saraf)

Neuron yakni komponen inti otak dan sumsum tulang belakang dari sistem saraf sentra (SSP), dan ganglia dari sistem saraf perifer (PNS). Mengonsumsi kimchi memmenolong melindungi neuron atau sel saraf tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kimchi mengandung strain probiotik yang menghasilkan GABA dan mempunyai imbas neuroprotektif pada sel neuron.

12. Anti Jamur

Kimchi mengandung probiotik Lactobacillus plantarum dengan acara antijamur yang mencegah pembusukan jamur dan pembentukan mycotoxin dalam makanan.

13 Kimchi Mengurangi Toksisitas Natrium Nitrat

Nitrit, baik yang dimenambahkan maupun alami dalam makanan, yakni karsinogen potensial, dan mengendalikan seriusnya penting untuk menjaga kesehatan. Studi sudah menunjukkan bahwa basil asam laktat yang diisolasi dari kimchi mengurangi kadar natrium nitrat.

14. Kimchi Baik untuk Kesehatan Perut 

H. Pylor yakni basil yang mengakibatkan peradangan kronis di perut dan ialah penyebab terjadinya borok. Beberapa tanda-tanda infeksi helicobacter pylor (H. pylon) yaitu kembung, bersendawa, mual, muntah, atau ketidaknyamanan perut. Dan kimchi sanggup memmenolong menghambat infeksi tersebut.Menurut sebuah penelitian, lactobacillus paraplantarum yang terkandung dalam kimchi bisa menghambat pertumbuhan Helicobacter pylor dan kondusif terhadap sel epitel lambung. Karena itulah, kimchi baik untuk menjaga kesehatan perut
***
Nah, sekian pembahasan singkat perihal 14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan. Semoga bermanfaa!