Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Bahasa Abnormal Yang Seharusnya Dipelajari Dan Dikuasai

INIRUMAHPINTAR - INI 13 Bahasa Asing yang Seharusnya Dipelajari dan Dikuasai. Belajar dan menguasai bahasa asing tentu akan mempersembahkan kegampangan bagi penuturnya untuk berkomunikasi dengan banyak kalangan di seluruh dunia. Hal ini pun kemudian membawanya lebih simpel untuk mempelajari banyak hal dari buku-buku atau rujukan berbahasa asing tersebut. Selain itu, akan ada nilai tambah ketika akan menjalin kerjasama dan berkunjung ke negara-negara pengguna bahasa asing tanpa merasa khawatir tersesat atau susah diberinteraksi dengan penduduk asli. 

Menguasai banyak bahasa asing pun ialah pecahan dari memperkaya kualitas diri. Seseorang yang bisa berbahasa satu atau dua bahasa asing boleh dikatakan sebagai insan super di zaman millenial menyerupai dikala ini. Dirinya bisa berbuat lebih ketimbang orang-orang yang spesialuntuk bisa berbahasa lokal. Bahkan, tidak sedikit penutur banyak bahasa asing ini terpilih sebagai diplomat atau pengusaha multinasional yang sukses. 

Di Indonesia sendiri, menguasai bahasa asing terperinci akan mempersembahkan manfaat yang banyak sekali. Selain menguasai bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia, dan satu atau dua bahasa lokal menyerupai bahasa Jawa, Sunda, Bugis, Makassar, dsb, menambah keterampilan diri dengan bahasa asing akan mempersembahkan peluang lebih besar dalam berkarya di masa depan. Untuk itu, para pelajar di negeri seharusnya dibekali dengan bahasa asing secara sistemik dan berkala melalui kurikulum. Bukan spesialuntuk melalui kursus atau les embel-embel di luar jam pelajaran.

Nah, diberikut ini ada 13 Bahasa Asing yang Seharusnya Dipelajari dan Dikuasai oleh generasi Indonesa biar bisa berbuat banyak untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia di masa akan hadir:
13 Bahasa Asing yang Seharusnya Dipelajari dan Dikuasai

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sudah dikenal sebagai salah satu bahasa Internasional. Hampir tiruana negara memasukkan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran inti. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris berstatus sebagai bahasa asing (foreign language) dan diajarkan di tingkat sekolah, mulai dari sekolah dasar, menengah, atas, sampai akademi tinggi. 

Siapapun yang menguasai bahasa Inggris terperinci punya kelas dan nilai lebih untuk memasuki dunia kerja, memperoleh beasiswa pendidikan ke dalam maupun luar negeri, sampai mempunyai saluran lebih banyak untuk mendalami banyak rujukan luar, terutama dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia. 

Di sisi lain, menguasai bahasa Inggris memungkinkan penuturnya bisa menyuarakan nilai-nilai kebaikan, memperkenalkan budaya dan norma-norma Indonesia ke negara-negara luar dengan lebih elegan dan berterima, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. 

2. Bahasa Arab

Bahasa Arab yakni bahasa yang paling banyak dipakai di Timur Tengah dan negara-negara di Afrika Utara. Namun dalam perkembangannya, bahasa Arab sebetulnya menjadi bahasa umat Islam se-dunia. Hal itu dikarenakan bahasa Al-Qur'an sebagai wahyu Allah diturunkan dalam bahasa Arab. 

melaluiataubersamaini demikian, mempelajari dan menguasai bahasa Arab sanggup mempersembahkan pemahaman yang mendalam ihwal Al-Qur'an dan juga hadist, tidak terkecuali buku-buku berbahasa Arab lainnya. Untuk itu, keutamaan menguasai bahasa Arab sebetulnya sangat menguntungkan bagi pemeluk agama Islam pada khususnya.

Keuntungan lainnya yakni negara-negara Arab dikenal sebagai negara kaya. Jadi, menguasai bahasa Arab memungkinkan adanya peluang lebih besar untuk bekerja sama dengan orang-orang Arab di banyak sekali bidang, terutama di bidang perminyakan, sains, dan teknologi. 

Bagi orang-orang Indonesia sendiri, dengan menguasai bahasa Arab, kelak akan termenolong bila berkunjung ke Mekkah untuk menjalankan ibadah Haji atau Umrah. 

3. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin yakni bahasa yang dipakai di negara China dan di seluruh wilayah Pecinan seluruh dunia. Uniknya, hampir tiruana negara mempunyai wilayah yang dihuni masyarakat-masyarakat keturunan Tionghoa dan mereka masih menjaga bahasa tutur mereka, yaitu bahasa Mandarin. 

Adanya jiwa dagang etnis Tionghoa yang mendarah daging, memungkinkan mereka menginjakkan kaki di tiruana kawasan di muka bumi. INI kemudian yang mengantarkan China menjadi negara maju sampai dikala ini. 

Agar bisa menjalin kerjasama dengan negara China atau mempelajari rahasia-rahasia kesuksesan China dalam kehidupan yang terinspirasi dari kitab-kitab klasik para penlampaunya, maka sangat perlu bagi pembelajar untuk mempelajari dan menguasai bahasa Mandarin. 

Lagipula, imbas China di dunia sudah tampak jelas. Maka dari itu, bahasa Mandarin sebagai aset China bertahap akan tumbuh menjadi bahasa yang dituturkan di banyak wilayah dan negara. 

4. Bahasa Jepang

Bangsa Jepang sangat dikenal dengan peradaban teknologinya yang tinggi. Mereka membuat banyak produk mutakhir untuk umat manusia. Hal ini kemudian menjadi magnet bagi para pembelajar untuk melanjutkan pendidikan di negara tersebut. Dan alat komunikasi utama yang perlu dikuasai para pembelajar asing yakni bahasa Jepang.

Orang Jepang sangat menjaga bahasa aslinya. Mereka percaya diri untuk menggunakannya di mana pun. Jadi, siapapun yang akan hadir ke Jepang sebaiknya mempunyai skill berbahasa Jepang terlebih lampau. 

Apalagi bahasa Jepang (Salah satunya Kanji) mempunyai banyak jenis aksara yang membingungkan siapa saja yang mempelajarinya. Untuk itu, perlu pendalaman yang fokus biar bisa menyesuaikan diri dengan tiruana hal yang berbau Jepang. 

5. Bahasa Rusia

Rusia yakni salah satu negara dengan kekuatan peradaban yang besar. Negara ini pun mempunyai teknologi yang maju pesat layaknya Amerika Serikat. Salah satu produk pesawat buatan Rusia yang familiar di pendengaran orang Indonesia yaitu Sukhoi sebab produk ini memang sudah melengkapi kekuatan militer Angkatan Udara Indonesia. 

Maka dari itu, ialah hal yang masuk akal dan perlu bagi para generasi Indonesia untuk mempelajari dan menguasai bahasa Rusia. Terutama dalam mempercepat transfer teknologi ketika membeli produk buatan Rusia.

Lagipula, Rusia mempunyai kemajuan di bidang-bidang lain. Termasuk pendidikan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya, para pelajar dan mahasiswa Indonesia melirik Rusia sebagai salah satu kawasan menimba ilmu pengetahuan dan teknologi di muka bumi. Dan tentu saja, salah satu syarat utamanya yakni mempunyai kemampuan berbahasa Rusia yang memadai.

6. Bahasa Spanyol

Di Indonesia, Spanyol lebih dikenal dengan liga sepakbolanya yang mengundang perhatian. Bagi kalian pendukung Real Madrid dan Spanyol, perlu mengetahui bahwa kedua klub papan atas tersebut berasal dari Spanyol.

Selain itu, sejumlah jawara MotoGP yang memukau pun banyak berasal dari Spanyol menyerupai Jorge Lorenzo, Dovisiozo, dan Marc Marquez. 

Jadi, menguasai bahasa Spanyol sanggup mempersembahkan ruang lebih terbuka untuk menjelajahi peradaban negara berjuluk negeri Matador tersebut. 

7. Bahasa Italia

Di dunia sepakbola, Italia pun menjadi corong dunia. Hampir tiruana orang mengenal Juventus, AC Milan, Napoli, dll. Begitupun di dunia balap MotoGP, Valentino Rossi yang berasal dari Italia sangat dikenal publik internasional. 

Belum lagi dengan destinasi wisata Italia yang sangat luar biasa dan memukau. Tentu tiada yang menolak untuk berkunjung ke sana. Oleh sebab itu, tidak ada ruginya mempelajari dan menguasai bahasa Italia.

8. Bahasa Jerman

Mungkin masih ada yang tidak menyangka bahwa ilmuwan terhebat Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Presiden ke-3 Indonesia, Prof. B.J. Habibie yakni lulusan salah satu universitas metode terkemuka Jerman, yaitu Universitas RWTH Aachen. 

Hal ini tentu menjadi bukti bahwa Jerman menjadi negara dengan kualitas pendidikan yang superior. Oleh sebab itu, mempelajari dan menguasai bahasa Jerman memungkinkan para pembelajar untuk memperoleh beasiswa pendidikan berguru di Jerman. 

9. Bahasa Perancis

Menara Eiffel yang ialah salah satu keajaiban dunia terletak di Paris, ibukota Perancis. Selain itu, Perancis pun dikenal dengan julukan negeri mode sebab sangat sering menjadi kiblat dunia dalam memilih tren berbusana. Walaupun dalam perkembangannya kemudian, dunia mode sudah semakin merata di seluruh dunia.

Selain daya tarik di atas, Perancis pun termasuk negara dengan kunjungan wisatawan terbanyak di benua Eropa. Hal itu dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang begitu eksotis, menyerupai pantai, pepegununganan Alpen, dan bangunan-bangunan klasik modern lainnya. 

Negara ini pun digelari sebagai negara paling romantis di dunia. Jadi, ialah sebuah keberuntungan bila pembelajar Indonesia tertarik untuk mempelajari dan menguasai bahasa Perancis. Siapa tahu sanggup peluang untuk kuliah atau berlibur di negara tersebut.

10. Bahasa Turki

Turki ialah negara yang kental dengan sejarah kejayaan Islam di masa lalu. Sehingga tidak mengherankan bila banyak yang berkunjung ke Turki untuk mempelajari Islam, termasuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sana.

Kini, Turki pun menjadi negara berpengaruh di Timur Tengah yang patut diteladani. Negara ini sangat sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan semakin di banyak sekali bidang. 

Oleh sebab itu, hampir tiap tahun, banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan di sana. Dan tentu saja, syarat utamanya yakni mempunyai kemampun berbahasa Turki yang mumpuni. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengoleksi bahasa Turki sebagai life skill masa depan.

11. Bahasa Korea

Beberapa tahun terakhir, Korea Selatan tumbuh menjadi negara mode, yang dibawa ke seluruh dunia melalui karya film dan drama-dramanya, juga melalui para boy grup musik dan girl band-nya. 

Populeritas Korea pun menjangkiti Indonesia. Imbasnya, banyak pemuda-pemudi Indonesia yang kesemsem untuk mempelajari bahasa Korea. Bahkan tidak sedikit yang tertarik untuk mengenal Korea lebih dalam.

Dan untuk membuka peluang berguru lebih luas, terampil dalam ber-bahasa Korea menjadi sebuah keharusan. Jadi, tidak ada salahnya para pelajar Indonesia membekali diri dengan bahasa ini.

12. Bahasa India

Dikenal dengan pamor Bollywood-nya, India menjadi negara yang khas dengan film-filmnya yang mendunia. Memadukan jalan dongeng dengan lagu dan tarian yakni daya tariknya. Dan beberapa tahun ini, India pun menjadi salah satu negara tujuan berguru sejumlah mahasiswa Indonesia. 

Oleh sebab itu, tidak salah, bahasa India masuk sebagai salah satu daftar bahasa asing yang wajib dipelajari dan dikuasai para generasi muda Indonesia.

13. Bahasa Belanda

Belanda yakni negara yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun di masa silam. Walaupun sudah merdeka, Indonesia tidak bisa memungkiri bahwa imbas Belanda masih ada yang tersisa. Salah satunya yakni bangunan-bangunan klasik peninggalan Belanda, yang masih kokoh terpelihara di sejumlah tempat. Di kabupaten Soppeng contohnya. Salah satu kota di Sulawesi Selatan ini dihadiahi bangunan bergaya Belanda dan masih dijaga pemerintah setempat sampai dikala ini yaitu Villa Yuliana. Bangunan unik ini bahkan spesialuntuk ada 2 di dunia, satunya lagi ada di negara Belanda. 

Dan kitab sastra terpanjang La Galigo yang ialah pondasi kejayaan masyarakat bugis masa kemudian sekarang tersimpan di museum Belanda. Oleh sebab itu, ialah sebuah nilai tambah bila generasi muda terutama dari kalangan Bugis untuk bisa menguasai bahasa Belanda biar bisa berguru ke sana. Lalu, kembali mengukirkan kembali falsafah La Galigo di tengah-tengah masyarakat bugis abad millenial. 
****
Demikianlah celotehan saya yang berjudul 13 Bahasa Asing yang Seharusnya Dipelajari dan Dikuasai. Semoga bermanfaa dan menginspirasi!