Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Motivasi Mencar Ilmu Sehabis Libur Panjang

INIRUMAHPINTAR - Libur panjang berangsur-angsur usai. Bahkan di sejumlah tempat, anak sekolahan mulai aktif kembali. Sesudah libur panjang, biasanya motivasi berguru mengalami penurunan. Selain alasannya yaitu masih terlena indahnya masa liburan, bisa juga alasannya yaitu mata pelajaran yang dihadapi di semester gres lebih susah dan membingungkan. 

Untuk itu, para siswa perlu melaksanakan refleksi diri. Sementara para orang bau tanah sangat perlu mendampingi supaya buah hati mereka mendapat kembali motivasi belajarnya di sekolah. 

Berikut ini yaitu beberapa cara meningkatkan movitasi berguru sehabis libur panjang yang berhasil saya rumuskan:

1. Mendaftarkan Anak ke Tempat Les/Kursus

Para siswa yang mengalami kesusahan berguru atau mengikuti keadaan dengan bahan gres sehabis libur panjang berpotensi mengalami stress dan depresi mendadak. Apalagi jikalau bayang-bayang kenikmatan liburan masih membekas dalam angan-angan. Bahkan harapan untuk membuka buku atau berusaha lebih keras untuk menjawaban pertanyaan-pertanyaan susah di dalam buku kiprah seakan belum move on dari angka nol. 

Dalam hal ini, para orang bau tanah perlu peka dan cepat tanggap mengatasi kesusahan anak tersebut. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memperlihatkan anak untuk ikut les/kursus/bimbingan berguru di tempat-tempat yang terpercaya. 
Teknik Meningkatkan Motivasi Belajar Sesudah Libur Panjang

Melalui kelas komplemen di kawasan les ini, para siswa akan semakin percaya diri dan berguru dapat bangun diatas kaki sendiri dengan suasana gres di sana. Lambat laun, kesusahan berguru yang dihadapi sehabis libur panjang akan teratasi.

2. Menyewa Guru Privat atau Memasukkan di Kelas Semiprivat

Tidak tiruana anak bisa berguru efektif dalam kelas yang heterogen di kawasan bimbingan belajar. Alasan utamanya yaitu alasannya yaitu si anak lebih lamban menyerap materi, atau bisa juga alasannya yaitu masih tingginya gengsi untuk memperlihatkan ketidaktahuan dan bertanya di hadapan kawan-kawannya yang lain. 

Oleh alasannya yaitu itu, para orang bau tanah perlu pandai-pandai melihat fenomena ini pada anak-anaknya. Berdiskusilah dengan buah hati dan putuskan untuk menyewa guru privat di rumah atau memasukkan anak ke kawasan les/kursus semiprivat dimana anak bisa dibimbing dapat bangun diatas kaki sendiri oleh satu pengajar/mentor ahli. 

Melalui tahapan bimbingan ini, insya Allah, si anak akan mempunyai motivasi berguru sekaligus prestasinya kembali sedikit demi sedikit.

3. Menjanjikan Hadiah yang Menarik

Semua orang suka didiberi hadiah termasuk para anak. Oleh alasannya yaitu itu, tidak ada salahnya bagi orang bau tanah untuk menjanjikan hadiah jikalau anak mereka berguru lebih giat, berprestasi lebih baik, dan mempunyai abjad yang semakin santun kepada orang tua, guru, mitra dan lingkungan sekitar. 

Ada yang menganggap cara ini yaitu metode kuno. Namun, bagi aku, cara ini sangat ampuh asalkan hadiah yang didiberikan bukanlah barang atau hal-hal yang memberatkan.

4. Mendoakan Anak dengan Khusyuk

Doa yaitu ibadah sekaligus kekuatan pengubah takdir paling manjur. Doa yang paling makbul yaitu doa orang bau tanah kepada anaknya. Jadi, selain memakai tips-tips di atas, para orang bau tanah wajib mendoakan anak-anaknya senantiasa supaya menjadi generasi yang selalu bersemangat dalam kebaikan, termasuk saat berguru di sekolah.

5. Mengajak Anak untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah

Motivasi yaitu kekuatan yang timbul dari dalam badan manusia. Tidak tampak menyerupai materi-materi padat dan cair layaknya kerikil dan air. Oleh alasannya yaitu itu, kekuatan yang membentuk motivasi akan terlahir dengan optimal jikalau rohani pun kuat. 

Dan cara terbaik untuk mengokohkan rohani yaitu meningkatkan kualias ibadah. Bagi orang Islam, menegakkan shalat 5 waktu yaitu cara terbaik untuk menguatkan rohani. Pada akhirnya, proses ini akan menaikkan rating motivasi belajar. 

Untuk itu, para orang bau tanah berkewajiban mengajak bawah umur mereka untuk diberibadah lebih baik, mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Mulai dari hal-hal terkecil, menyerupai tersenyum kepada orang lain. Atau menyingkirkan batu-batu kecil di tengah jalan, dsb. 

Demikianlah tips atau cara meningkatkan motivasi berguru sehabis libur panjang ala INIRUMAHPINTAR. Semoga bermanfaa dan jayalah pendidikan Indonesia.