Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pengertian Odha? Ini Penjelasannya

INIRUMAHPINTAR - Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya. ODHA yaitu kependekan dari Orang dengan HIV/AIDs. melaluiataubersamaini kata lain, ODHA yaitu sebutan bagi orang-orang yang sudah terserang penyakit HIV/AIDS. ODHA pada umumnya kurang mendapat kawasan yang layak di masyarakat. Mereka dikucilkan di masyarakat atau bahkan dikecam.

Bahkan tidak sedikit ODHA dikucilkan oleh keluarganya sendiri. Mereka terpinggirkan dan seakan sudah mati sebelum nyawanya berpisah dengan tubuh.

Dan memang susah dipungkiri, respon masyarakat terhadap ODHA sangat negatif. Masyarakat menganggap adanya ODHA di lingkungan mereka membahayakan. Jangan hingga menulari keluarga mereka.

ODHA atau orang-orang yang sudah terkena virus HIV/AIDS sebaiknya mendapat pendampingan dari keluarga semoga mereka tidak minder, atau depresi. Lagipula, keinginan hidup mereka tidak sama lagi dengan orang-orang normal pada umumnya.ODHA mestilah tetap dimanusiakan semoga mereka sanggup kembali bersemangat menghadapi sisa-sisa hidupnya.
Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya

Pendampingan untuk ODHA

Orang yang terinfeksi HIV membutuhkan perawatan dan sumbangan dari kawan, keluarga, dan komunitas mereka, terutama ketika mereka sakit.

Teman dan anggota keluarga terkadang khawatir bahwa mereka mungkin terinfeksi ketika merawat orang dengan HIV. Perlu diketahui bahwa HIV tidak sanggup menular dengan menyentuh, memeluk, batuk, atau membuatkan alat makan. HIV spesialuntuk sanggup ditularkan:

  • dengan melaksanakan relasi seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi, terutama relasi zina.
  • melalui kontak dengan darah yang terinfeksi
  • dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya yang belum lahir atau yang gres lahir (tetapi spesialuntuk beberapa bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi terinfeksi HIV)

Mungkin bagi orang yang terinfeksi HIV untuk menjalani hidup yang panjang dan sehat. Anda sanggup memmenolong mereka yang terinfeksi oleh:

  • menunjukkan cinta, hormat, dan dukungan
  • mengetahui fakta wacana HIV / AIDS dan berbicara secara terbuka wacana penyakit ini
  • memmenolong mengurangi stres dan situasi yang menekan
  • memmenolong menyediakan masakan yang seimbang dan bergizi
  • mendorong mereka untuk mendapat perawatan bila mereka sakit. Sebagian besar nanah simpel diobati dan disembuhkan, bahkan bila seseorang nyata HIV.

Mungkin ada situasi di mana Anda perlu memmembersihkankan cairan badan darah seseorang yang terinfeksi HIV. Penting untuk memakai sarung tangan karet atau plastik atau penghalang lain menyerupai kantong plastik atau kain tebal untuk mencegah kontak langsung. Pastikan bahwa Anda menyiapkan ini setiap saat.