Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Vasektomi - Prosedur, Imbas Samping, Pemulihan, Pengaruh

INIRUMAHPINTAR - INI klarifikasi perihal Pengertian VASEKTOMI - Resiko dan Pengaruhnya. Vasektomi yaitu bentuk kontrasepsi laki-laki yang bersifat permguan dengan melibatkan pemotongan atau pemblokiran vas deferens, tabung yang membawa sperma dari testikel ke penis.
Sperma diharapkan untuk menyuburkan telur wanita. melaluiataubersamaini memotong tabung, vasektomi mencegah sperma mencapai semen.

Sesudah mekanisme vasektomi, seorang laki-laki sanggup berejakulasi, tetapi tidak akan ada sperma.

Vasektomi yaitu cara permguan untuk mencegah kehamilan. Diperkirakan lebih dari 99 persen efektif. Kurang dari 1 dalam setiap 100 tetap sanggup hamil pada tahun pertama setelah pasangannya mempunyai vasektomi. Dan vasektomi dimungkinkan pada tiruana usia.

Prosedur, Harapan Sesudah Melakukan Vasektomi

Vasektomi yaitu pemutusan permguan vas deferens, yang membawa sperma dari testis ke penis.
Vasektomi yaitu mekanisme rawat jalan. Ini sanggup dilakukan di kantor medis, rumah sakit, atau klinik, biasanya di bawah guastesi lokal.

Dokter sanggup atau mungkin juga tidak menggunakan pisau bedah dalam melaksanakan vasektomi

Vasektomi konvensional

Jika vasektomi melibatkan pisau bedah, dokter bedah akan membuat dua akutan kecil di kedua sisi skrotum.

Ini memungkinkan dokter bedah untuk masuk dan mengeluarkan bab tabung yang mengangkut sperma, yang disebut vas deferens.

Tabung kemudian disegel, diikat, atau dibakar menggunakan arus listrik, dan pecahan ditutup dengan jahitan.

Vasektomi tanpa skalpel

Dalam vasektomi tanpa skalpel, klem kecil menahan vas deferens, dan dokter membuat lubang kecil di kulit skrotum. Lubang terbuka untuk memungkinkan hebat bedah memotong pecahan vas deferens sebelum menutupnya. Tidak ada jahitan.

Prosedur ini menjadi lebih umum alasannya yaitu ada risiko komplikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan metode konvensional.

Teknik terbaik yaitu berbicara dengan dokter dan memilih jenis vasektomi yang terbaik.

Sebuah akutan vasektomi membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dilakukan, tetapi mekanisme non-scalpel biasanya lebih cepat.

Efek Samping Vasektomi

Segera setelah operasi, vasektomi sanggup mempunyai banyak sekali imbas jelek (samping) pada tubuh, yakni:

  • pembengkakan
  • ketidaknyamanan enteng atau nyeri
  • darah dalam air mani
  • skrotum memar
  • pendarahan dan pembekuan di dalam skrotum


Pemulihan

Berkonsultasilah dengan dokter atau seorang hebat keluarga berencana untuk mengukur jenis vasektomi yang terbaik.

Prosedurnya minimal invasif, jadi kebanyakan laki-laki tidak mengalami rasa sakit yang signifikan.

Namun, beberapa ketidaknyamanan yang membengkak dan enteng sanggup bertahan selama beberapa hari sesudahnya. Penggunaan kompres es sanggup memmenolong mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Mungkin ada darah di air mani untuk beberapa ejakulasi pertama setelah operasi.

Para hebat kesehatan merekomendasikan menunggu setidaknya seminggu sebelum ejakulasi, untuk memungkinkan luka sembuh terlebih lampau.

Sesudah operasi, laki-laki dimasukankan untuk menggunakan pakaian dalam yang pas, untuk mendukung skrotum. Ia juga harus menjaga area genital semembersihkan mungkin. Dokter juga akan menyarankan wacana mekanisme memmembersihkankan tubuh atau mandi secara keseluruhan.

Kebanyakan laki-laki sanggup kembali bekerja setelah 1 sampai 2 hari, tetapi mereka harus banyak diberistirahat dan menghindari angkat berat selama seminggu atau lebih.

Pengaruh Vasektomi terhadap Seks?

Sekitar seminggu setelah prosedur, pasien sanggup mulai melaksanakan relasi seksual lagi.

Namun, jumlah sperma akan tetap konkret pada awalnya. Mungkin diharapkan 15 sampai 20 ejakulasi, atau 3 bulan untuk jumlah sperma mencapai nol, sehingga pengendalian kelahiran aksesori akan diharapkan untuk beberapa waktu.

Pria harus menjalani tes jumlah sperma antara 8 dan 16 ahad setelah operasi, sebelum berafiliasi seks tanpa alat kontrasepsi.

Sesudah dua tes air mani yang jelas, umumnya kondusif untuk melaksanakan relasi seksual tanpa harus menggunakan kontrasepsi sekunder.

Dalam jangka panjang, vasektomi seharusnya tidak mensugesti hormon. Seharusnya tidak ada dampak pada libido pria, atau dorongan seksual, atau acara seksual. Dan tidak ada risiko kesehatan jangka panjang.

Pendapat Penulis

Vasektomi yaitu salah satu alternatif menggunakan teknologi modern yang bertujuan mengendalikan jumlah kelahiran, atau jumlah penduduk dalam skala besar. Bahasa kasarnya, vasektomi yaitu cara untuk mensterilisasi atau memandulkan laki-laki normal selamanya.

Bagi penulis, selama masih ada cara lain, vasektomi seharusnya tidak perlu dilakukan. Walaupun sudah menerima jaminan dari para hebat wacana resiko dan keinginan setelah melaksanakan tiruana prosedur, sesuatu yang normal, anugrah dari Tuhan, diubah-ubah fungsinya, justru akan mempunyai dampak negatif.

Ada cerita, seorang laki-laki normal mempunyai seorang istri dan 2 orang anak. Keluarga mereka bahagia. Sang suami memutuskan melaksanakan vasektomi, sehingga secara permguan ia tidak bakalan sanggup punya anak. Ia merasa udah cukup dengan 2 orang anak saja. Suatu hari, saat ditinggal kerja, sang istri dan 2 orang anaknya mengalami peristiwa alam kebakaran. Rumah, istri, anak-anaknya meninggal. Singkat cerita, sang suami kehilangan tiruananya. Meski ia sekarang sanggup berkeluarga lagi, tetapi ia tidak punya keinginan untuk mempunyai keturunan. Generasinya terputus! Sungguh miris bukan.

Oleh alasannya yaitu itu, penulis menyimpulkan vasektomi bukanlah gaya hidup yang direkomendasikan. Dan saya yakin, sangat jarang lelaki normal ingin melakukannya. Bagaimana berdasarkan Anda?