Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Negara Maju Dan Negara Berkembang (Lengkap)

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan apa perbedaan negara maju dan negara berkembang secara lengkap? Berikut penjelasannya! Negara-negara dibagi menjadi dua kategori utama oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yakni negara maju dan negara berkembang. Klasifikasi negara-negara didasarkan pada status ekonomi menyerupai PDB, GNP, pendapatan per kapita, industrialisasi, standar hidup, dll. Negara-negara maju mengacu pada negara yang berdaulat, yang ekonominya sudah sangat maju dan mempunyai infrastruktur teknologi yang hebat, dibandingkan ke negara lain.

Negara-negara dengan industrialisasi rendah dan indeks pembangunan insan yang rendah disebut sebagai negara berkembang. Negara-negara maju menyediakan suasana yang bebas, sehat dan kondusif untuk hidup sementara negara-negara berkembang, tidak mempunyai hal-hal ini.

Sesudah melaksanakan penelitian menyeluruh pada keduanya, kami sudah mengumpulkan perbedaan antara negara maju dan negara berkembang dengan mempertimbangkan banyak sekali parameter, dalam bentuk tabel, sebagai diberikut:

Ciri-Ciri PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP)
Dasar Perbedaan Negara Maju Negara Berkembang
Definisi Negara maju yaitu suatu negara yang mempunyai tingkat industrialisasi dan pendapatan perorangan yang tinggi dan efektif. Negara berkembang yaitu negara yang mempunyai tingkat industrialisasi yang lamban dan pendapatan per kapita yang rendah.
Angka kemiskinan dan pengangguran rendahtinggi
Angka kematian, kelahiran, dan impian hidup Angka ajal bayi, angka ajal dan angka kelahiran rendah sementara tingkat impian hidup tinggi. Angka ajal bayi yang tinggi, tingkat ajal dan kelahiran, bersama dengan tingkat impian hidup yang rendah.
Kondisi Kehidupan Penduduk Baik Sedang
Sumber penghasilan Kebanyakan dari sektor industri Kebanyakan dari sektor jasa
Pertumbuhan ekonomi Pertumbuhan industri tinggi Pertumbuhan ekonomi bergantung pada negara maju
Standar hidup tinggi rendah
Distribusi pendapatan setara tidak sama
Faktor produksi efektif dimanfaatkan tidak efektif dimanfaatkan
PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP)

Definisi Negara Maju

Negara-negara maju yaitu negara-negara yang dikembangkan dalam hal ekonomi dan industrialisasi. Negara-negara maju juga dikenal sebagai negara-negara maju atau negara-negara dunia pertama, alasannya yaitu mereka yaitu negara-negara mandiri.

Statistik Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memeringkat negara-negara menurut perkembangan mereka. Negara yang mempunyai standar hidup tinggi, PDB tinggi, kesejahteraan anak yang tinggi, perawatan kesehatan, akomodasi medis, transportasi, komunikasi dan pendidikan yang sangat baik, perumahan dan kondisi hidup yang lebih baik, kemajuan industri, infrastruktur dan teknologi, pendapatan per kapita yang lebih tinggi, peningkatan dalam impian hidup dll dikenal sebagai Negara Berkembang. Negara-negara ini menghasilkan lebih banyak pendapatan dari sektor industri dibandingkan dengan sektor jasa alasannya yaitu mereka mempunyai ekonomi pasca-industri.

Berikut ini yaitu nama-nama beberapa negara maju: Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Norwegia, Swedia, Swiss, Amerika Serikat.

Definisi Negara Berkembang

Negara-negara yang sedang melewati tingkat awal pembangunan industri bersama dengan pendapatan per kapita yang rendah dikenal sebagai Negara Berkembang. Negara-negara ini termasuk dalam kategori negara-negara dunia ketiga. Mereka juga dikenal sebagai negara maju yang lebih rendah.

Negara-negara berkembang bergantung pada Negara-negara Maju, untuk mendukung mereka dalam membangun industri di seluruh negeri. Negara ini mempunyai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah yaitu negara tidak menikmati lingkungan yang sehat dan kondusif untuk hidup, Produk Domestik Bruto yang rendah, tingkat buta aksara yang tinggi, pendidikan, transportasi, komunikasi dan akomodasi medis yang buruk, dukungan pemerintah yang tidak berkelanjutan, distribusi yang tidak merata pendapatan, tingkat ajal dan kelahiran yang tinggi, belum sempurnanya gizi baik untuk ibu dan bayi yang mana angka ajal bayi yang tinggi, kondisi hidup yang buruk, tingkat pengangguran yang tinggi dan kemiskinan.

Berikut ini yaitu nama-nama beberapa negara berkembang: Cina, Kolombia, India, Kenya, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Turki.

Perbedaan Utama Antara Negara Maju dan Berkembang

Berikut ini yaitu perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang

1. Negara-negara yang berdikari dan makmur dikenal sebagai Negara Maju. Negara-negara yang menghadapi awal industrialisasi disebut Negara Berkembang.

2. Negara-negara maju mempunyai pendapatan per kapita yang tinggi dan PDB dibandingkan dengan Negara-negara Berkembang.

3. Di Negara maju tingkat melek aksara tinggi, tetapi di Negara Berkembang tingkat buta aksara tinggi.

4. Negara-negara maju mempunyai infrastruktur yang baik dan lingkungan yang lebih baik dalam hal kesehatan dan keselamatan, yang tidak ada di Negara Berkembang.

5. Negara-negara maju menghasilkan pendapatan dari sektor industri. Sebaliknya, Negara Berkembang menghasilkan pendapatan dari sektor jasa.

6. Di negara maju, standar hidup masyarakat tinggi, yang moderat di negara berkembang.
7. Sumber daya secara efektif dan efisien dipakai di negara-negara maju. Di sisi lain, memanfaatkan sumber daya yang tepat tidak dilakukan di negara berkembang.

8. Di negara-negara maju, tingkat kelahiran dan tingkat ajal rendah, sedangkan di negara-negara berkembang kedua tingkatnya tinggi.

Kesimpulan

Perbedaan fundamental antara Negara-negara Maju dan Negara Berkembang yaitu negara-negara maju sangat berdikari sementara negara berkembang gres berproses menjadi negara maju. Selanjutnya, negara-negara maju mempunyai Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi dibandingkan dengan Negara-negara Berkembang.

Menurut engkau Indonesia kelak sanggup menjadi negara maju atau spesialuntuk sanggup bertahan menjadi negara berkembang saja?