Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pengisian Data Kondisi Ekonomi Bidikmisi 2017

[www.e-sbmptn.com] Pengisian Data Kondisi Ekonomi 2017/2018. Apabila adik-adik (siswa) pertama kali memasuki sajian ekonomi, siswa akan masuk ke halaman Form Ekonomi yang menampilkan form untuk mengisi/melengkapi data kondisi ekonomi orang tua. Pada halaman Form Ekonomi, terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna melengkapi data ekonomi keluarga siswa, diantaranya adalah: 

 terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna melengkapi data ekonomi keluarga sisw Teknik Pengisian Data Kondisi Ekonomi Bidikmisi 2017
Data kondisi ekonomi orang renta (Bidikmisi)
  • Pekerjaan Ayah/Wali. Isi dengan pekerjaan yang sedang ditekuni Ayah ketika ini
  • Penghasilan Ayah. Pilih pilihan yang sesuai dengan rata-rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ayah / Wali dalam 4 bulan terkahir. misal : pilih kotak < 1 Juta bila penghasilan kotor 4 bulan terakhir yaitu 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-
  • pertolongan pemerintah (Jika Ada).  Pada form ini juga ditampilkan formulir menolongan pemerintah. Jika ialah pemegang menolongan-menolongan ini silahkan Anda isi kolom isian ini. Pastikan juga data yang Anda isikan benar-benar valid. Kosongkan bila Anda bukan pemegang menolongan-menolongan ini.
  • Pekerjaan Ibu. Isi dengan pekerjaan yang sedang ditekuni Ibu ketika ini.
  • Penghasilan Ibu. Untuk penghasilan ibu silahkan adik-adik pilih pilihan yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ibu dalam 4 bulan terakhir. misal : pilih kotak < 1 Juta bila penghasilan kotor 4 bulan terakhir yaitu 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-'
  • Total Hutang Kepada Pihak Lain. Jika orang renta mempunyai pinjaman kepada pihak lain maka silahkan isikan berapa totalnya. misal: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan. Isi dengan Cicilan pinjaman yang dibayarkan per bulan. misal: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Total Piutang Kepada Pihak Lain. Isi dengan jumlah piutang kepada pihak lain. misal: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan. Isi dengan jumlah cicilan piutang dibayar per bulan. misal: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Tabungan Keluarga. Isi dengan Tabungan Keluarga Bentuk Kas / Giro atau setara kas lainnya
Penting!!: Perlu diketahui bahwa data pada form Ekonomi sehabis disimpan tidak sanggup dirubah kembali, maka dari itu dimasukankan untuk lebih teliti dalam mengisi form ini. 

Sesudah data disimpan, secara otomatis adik-adik (siswa) akan masuk ke dalam Halaman Ekonomi yang menampilkan gosip kondisi ekonomi yang sebelumnya diinput. Langkah selanjutnya yaitu mengunggah foto SKTM melalui pgual sebelah kanan pada halaman Ekonomi. Tekniknya adalah:
  • Klik/tekan tombol Pilih file foto scan SKTM lalu pilih filenya pada komputer. 
  • File foto harus berukuran tidak lebih dari 300Kb.
  • Sesudah foto dipilih, kemudian tekan tombol Simpan


Pertanyaan dan Jawaban Seputar Pengisian Data Kondisi Ekonomi Bidikmisi

Mengapa sehabis mengisi bab kondisi ekonomi saya ditetapkan tidak layak?

Jawab:
Jika anda sudah mengisi laman registrasi bidikmisi untuk siswa, pada bab kondisi ada keterangan bahwa saya tidak layak mendapatkan bidikmisi, kenapa ini terjadi ada kemungkinan sistem mencatat pendapatan yang anda isikan lebih besar daripada terbaik pendapatan orang renta yang diperkenankan yaitu 3 juta rupiah per bulan ada kemungkinan sistem mencatat jumlah pendapatan orang renta dibagi jumlah tanggungan lebih besar dari 750 ribu rupiah.
Jika ternyata anda percaya bahwa isian yang dilakukan tidak benar, sanggup mengajukan usul pembetulan kondisi ekonomi pada laman yang sama, usul yang diajukan akan direview oleh operator dan akan diputuskan paling usang 7 hari kerja.
JIka nanti ternyata anda menemukan ada kandidat lain yang tidak layak dengan tanda tanda misalkan bergaya hidup mewah, atau ada laporan masyarakat keluarganya sering umroh, mohon dilaporkan ke panitia bidikmisi PT untuk diverifikasi ulang kelayakannya. Kandidat yang memalsu data akan dikenai hukuman hingga dengan penghapusan penerimaan di PT terkait.
Kami menganggap setiap pelanggaran terhadap peraturan ialah hal yang sangat fokus sehingga akan ditindaklanjuti dengan sangat fokus.