Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puisi

 yaitu bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran perasaan penyair PUISI
Pengertian Puisi. Puisi yaitu bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran perasaan penyair, disusun dengan memakai kata-kata yang indah dan kaya makna. Bahasa yang dipakai dalam sebuah puisi tidak sama dengan bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Bahasa dalam puisi itu ringkas, tetapi sangat kaya akan maknanya.

Berikut ini ialah unsur batin puisi.
  • Tema
    Tema yaitu pokok problem atau gagasan poko yang dikemukakan oleh seorang penyair. Tema tersirat dalam keseluruhan isi puisi. Persoalan yang diungkapkan oleh penyair ialah penggambaran suasana batin atau sanggup pula berupa apresiasi penyair terhadap kenyataan sosial budaya di sekitar penyair. Puisi sanggup berperan sebagai masukana untuk mengemukakan sesuatu yang sedang dialami oleh penyair atau sanggup pula sebagai ungkapan simpati atau keprihatinan penyair pada lingkungan di sekitarnya.
  • Perasaan
    Perasaan senang, tidak senang, benci, rindu, setiakawan sanggup kita jumpai dalam puisi. Puisi ialah karya sastra yang paling mewakili verbal perasaan seorang penyair. Saat membuat puisi, suasana perasaan penyair itu ikut diekspresikan dan harus sanggup dihayati oleh pembaca. Dalam tema yang sama setiap penyair akan membuat puisi yang tidak sama alasannya setiap penyair mempunyai perasaan yang tidak sama dalam memandang suatu tema. Bahasa dalam puisi pun terasa sangat ekspresif dan padat. Sehingga, sanggup mewakili verbal perasaan yang ingin disampaikan penyair.
  • Nada dan Suasanan
    Dalam menulis puisi, penyair mempunyai perilaku tertentu terhadap pembaca, apakah penyair ingin bersikap menggurui, menasehati, mengejek, menyindir, atau spesialuntuk ingin menceritakan sesuatu kepada pembaca. Sikap penyair kepada pembaca tersebut disebut nada puisi. Sedangkan suasana yaitu keadaan jiwa pembaca sehabis membaca puisi tersebut atau jawaban psikologi yang ditimbulkan puisi itu terhadap pembaca. Nada dan suasana puisi saling berafiliasi alasannya nada puisi menjadikan suasana terhadap pembaca. misal, nada sedih yang diciptakan penyair sanggup menjadikan suasana iba pada pembaca.
  • Amanat
    Amanat ialah pesan yang ingin disampaikan seorang penyair dalam puisinya. Amanat sanggup ditelaah sehabis kita memahami tema, nada, dan suasana dari puisi yang kita baca. Sesuai dengan tema yang dikemukakan penyair, maka amanat akan selaras dengan kawanya. Pesan-pesan tersebut terdapat dalam ungkapan yang tersembunyi.