Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paragraf

Pengertian Paragraf
 ialah bab dari suatu karangan yang penulisannya dimulai dengan garis gres Paragraf
Paragraf yaitu / ialah bab dari suatu karangan yang penulisannya dimulai dengan garis baru. Setiap paragraf meliputi wacana satu kesatuan gagasan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat. Umumnya, paragraf terdiri atas sejumlah kalimat yang aling berkaitan untuk mengungkapkan suatu gagasan.

Dalam sebuah paragraf terdapat unsur-unsur tertentu yang tidak sama fungsi. Di bawah ini ialah unsur-unsur paragraf.
  • Gagasan Utama
    Gagasan utama yaitu gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama ditetapkan dalam sebuah kalimat utama. Letak kalimat utama tersebut bisa di awal dan di simpulan paragraf.
  • Gagasan Penjelas
    Gagasan Penjelas yaitu gagasan yang berfungsi menerangkan gagasan utama. Gagasan penjelas ditetapkan lebih dari beberapa kalimat dalam satu paragraf. Kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas.
Setiap paragraf harus disusun dengan baik biar pembaca tidak bingun dan kesusahan untuk memahami bacaan. Berikut ini syarat penyusunan paragraf.
Opini yaitu pendapat. Opini dalam paragraf berarti pendapat yang disampaikan oleh seseorang yang tercantum dalam sebuah paragraf. Biasanya terdapat kata menurut aku, berdasarkan (sebut nama orang yang berpendapat). Sedangkan fakta yaitu suatu keadaan atau kejadian yang ialah kenyataan atau benar-benar terjadi. Fakta suatu kejadian dalam sebuah paragraf biasanya disertai tabel, grafik, diagram, atau data-data yang sanggup diandalkan keakuratannya.

Kemampuan penemuan seseorang wirausaha ialah proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang bisa dijual. Oleh alasannya yaitu itu, jikalau seorang wirausaha  ingin sukses dalam usaspesialuntuk, ia harus membuat produk dengan penemuan baru. Hal tersebut dikarenakan penemuan ialah faktor penting dalam proses produk dan pelayanan. Tanpa adanya inovasi, produk dan pelayanan tidak akan perkembang, bahkan tidak akan sukses dalam wirausaha.

Ide pokok dalam paragraf di atas yaitu ....
a. Kemampuan penemuan seseorang wirausaha ialah proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang bisa dijual.

b. Oleh alasannya yaitu itu, jikalau seorang wirausaha ingin sukses dalam usaspesialuntuk, ia harus membuat produk dengan penemuan baru.

c. Hal tersebut dikarenakan penemuan ialah faktor penting dalam proses produk dan pelayanan

d. Tanpa adanya inovasi, produk dan pelayanan tidak akan berkembang, bahkan tidak akan sukses dalam wirausaha.

e. Banyak orang yang sudah menunjukan bahwa penemuan memang unsur terpenting dalam wirausaha.

Pembahasan Soal
Ide pokok disebut juga gagasan utama yang ditetapkan dalam sebuah kalimat utama. kalimat utama ialah kalimat inti yang menjadi contoh dari kalimat-kalimat penjelas. Dalam soal di atas yang menjadi inspirasi pokoknya yaitu kemampuan penemuan seseorang wirausaha ialah proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang bisa dijual. Kalimat-kalimat selanjutnya spesialuntuklah kalimat penjelas. (jawabanan a)