Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Pola Karangan Bebas Dalam Bahasa Indonesia Dan Pengertiannya

2 misal Karangan Bebas dalam Bahasa Indonesia dan Pengertiannya - Karangan bebas yakni suatu karya tulis yang tidak terikat dengan hukum penulisan menyerupai dalam puisi maupun pantun dan juga ialah hasil acara seseorang untuk mengungkapkan gagasan kepada para pembacanya atau menghibur. melaluiataubersamaini kata lain, karangan bebas disebut juga dengan prosa. Berikut ini terdapat dua pola karangan bebas terbaru dalam bahasa Indonesia.

 

Hari Kesialanku


Pagi hari itu, saya berdiri kesiangan. Ku lihat jam dinding yang ada di dinding kamarku sudah membuktikan pukul 7.00. Sontak saya segera meloncat dari kasurku dan menuju kamar mandi. Tanpa sikat gigi dan sabunan, saya bersiap diri untuk berangkat ke sekolah. Ibuku yang mengetahui saya telat spesialuntuk mengomel dan memarahiku.

Tak sempat lagi saya sarapan pagi yang sudah disediakan oleh ibuku, saya keluarkan motor dan memacunya ke sekolah. Di tengah-tengah perjalanan, motor yang saya kendarai mogok. Aku pun semakin gelagapan dan bingung. Sesudah ku teliti ternyata motorku kehabisan bensin. Aku harus mendorongnya untuk menemukan kawasan pengisian bensin. Sesudah saya mendorongnya sejauh 100 meter, saya menemukan kawasan pengisian bensin. Baju seragamku pun menjadi berair akhir keringat yang keluar dari tubuhku.

Ku penuhi bensin pada motorku, dan gres saja saya menghidupkan kembali motorku, tragedi jelek kembali menimpaku. Hujan turun dengan tiba-tiba dan deras, padahal waktu itu cuaca sangat cerah tanpa ada awan mendung satu pun. Terpaksa saya berteduh di bawah halte pinggir jalan. Aku pun sempat berfkir takdir memang tak mengizinkanku pergi kesekolah waktu itu.

Sesudah menunggu cukup lama, hujan alhasil berhenti. Lalu saya memacu motorku dengan sangat kencang. Hingga alhasil datang di sekolah. Benar saja saya sudah terlambat waktu itu, kulihat dari kejauhan satpam sekolah mulai menutup pagar sekolah. Aku pun tidak sanggup masuk dan terpaksa harus menunggu sampai 30 menit di depan gerbang. Pada dikala gerbang kembila dibuka, saya pun masuk ke sekolah dan ternyata Pak Herman guru yang paling galak di sekolahku sudah menunggu dengan tatapan mengerikannya. Aku sudah pasrah, ku serahkan saja pada Pak Herman nasibku hari ini. Terbayang sudah eksekusi push up dan lari keliling lapangan yang akan saya terima hari itu.
Advertisement

 

Kebohongan Zaenal


Ada seorang anak yang berjulukan Zaenal. Dia yakni seorang anak yang pembangkang dan gemar berbohong. Pada suatu hari Zaenal dan teman dekatnya Ali berencana untuk membohongi seluruh kawan-kawan sekelasnya. “Hey Ali, gimana bila kamu sebarkan diberita bahwa saya kecelakaan dan di rawat di rumah sakit selepas pulang sekolah” kata Zaenal kepada Ali. “Wah itu inspirasi bagus, niscaya Azis, ketua kelas kita akan sangat sedih, hhaa,” balasan Ali.

Selepas pulang sekolah Zaenal dan Ali pun mulai melakukan rencananya. Ali yang sudah berada di rumah menelpon Azis sang ketua kelas. “Halooo Azisss, gawaat Zaenal kecelakaan dan kondisinya parah,” “Apaaa, fokus engkau ? kini ia ada di mana?” balasan Azis. Kemudian Ali memdiberitahukan bahwa Zaenal ada di rumahnya.

Ali dan Zaenal yang mendengar ekspresi Azis yang ketakutan pun tertawa terbahak-bahak. Mereka sangat bahagia dan berfikir bahwa planning mereka sudah berhasil. Tak usang sehabis itu, Azis kembali menelpon Ali, “Haloo Ali, saya dan seluruh mitra sekelas akan pergi ke rumah Zaenal, apa kamu ingin ikut,”. Mengetahui Azis dan mitra sekelas akan hadir Ali pun panic, “Wah gawat ini, mereka akan ke rumahmu sekarang, lebih baik diberitahu mereka diberiita tersebut bohong”. Zainal pun menjawaban, “Haaahaha sudahlah biarkan saja, mari kita lanjutkan planning ini, kamu telpon kembali Azis dan kabari saya dibawa ke rumah sakit dan tak perlu kemari,”. Ali pun melakukan perintah Zaenal.

Berita bohong tersebut ternyata semakin tersebar, bahkan kini grur-guru sudah mengetahui diberita tersebut. Banyak sms yang masuk ke HP Zaenal untuk menanyakan kabarnya, tetapi Zaenal malah tertawa. Keesokan harinya dikala seluruh sekolah tengah bersedih, Zaenal dan Ali dengan santainya masuk ke sekolah. Sontak seluruh penghuni sekolah khususnya mitra sekelas gempar. Mereka sudah tertipu diberita tersebut dan memarahi Zaenal dan Ali. Bahkan guru-gur pun ikut memarahi mereka juga. Zaenal dan Ali pun meminta maaf kepada seluruh penghuni sekolah.

Tiga bulan sehabis tragedi tersebut, Zaenal dan Ali benar-benar mengalami kecelakaan yang parah, bahkan Zaenal mengalami patah kaki. Pada awalnya kawan-kawan tidak ada yang mau hadir alasannya menduga itu yakni diberita bohong, Mereka berdua pun sedih. Ternyata kebohongan yang mereka buat benar-benar terjadi kepada mereka.