Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pola Gagasan Utama Lengkap

misal misal Gagasan Utama Lengkap - Gagasan utama yakni topik utama yang menjadi pokok pembahasan di dalam suatu paragraf. Sebuah paragraf pada umumnya selalu mempunyai gagasan utama yang terkandung di dalam kalimat utamanya. Kalimat utama tersebut diletakan tidak sama – beda, tergantung dengan jenis paragrafnya. Pada paragraf deduktif, kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Paragraf induktif kalimat utamanya terletak di final paragraf. Sedangkan, paragraf adonan kalimat utamanya terletak di awal dan final paragraf. 

Di bawah ini yakni pola – pola gagasan utama pada paragraf deduktif, induktif, dan campuran.

Paragraf Deduktif


Paragraf deduktif yakni paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf

misal :

Paragraf 1

Arus kemudian lintas menuju puncak bogor mengalami kemacetan menjelang hari libur panjang yang terjadi. Kemacetan tersebut disebabkan oleh padatnya arus kemudian lintas terutama kendaraan beroda empat pribadi yang melintasi jalananan menuju puncak. Mobil – kendaraan beroda empat tersebut kebanyakan berasal dari orang - orang Jakarta yang ingin memanfaatkan momentum liburan panjang ini dengan mengisi liburan mengunjungi Puncak Bogor. Tidak spesialuntuk kendaraan beroda empat pribadi, arus menuju puncak ini juga dipenuhi dengan motor dan kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat pengangkut berukuran besar seperti, truk, dan fusso. Pada hari – hari biasa kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat pengangkut inilah yang selalu memenuhi jalanan ini. Namun, pada ketika liburan ini mereka harus membuatkan jalan dengan kendaraan – kendaraa lainnya lantaran jalanan ini memang ialah jalur strategis yang menghubungkan antara dua provinsi di Pulau Jawa. Kemacetan ini diperkirakan akan terus melonjak pada hari ahad menhadir. 

Kalimat utama : Arus kemudian lintas menuju puncak bogor mengalami kemacetan menjelang hari libur panjang yang terjadi. 
Gagasan utama : Arus kemudian lintas menuju puncak macet pada liburan final pekan.

Paragraf 2

Kota Bandar Lampung akan terus diguyur hujan deras sampai beberapa bulan ke depan. Musim hujan ini ialah demam isu yang terpanjang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Hal ini diperkuat oleh data yang dikeluarkan oleh pihak BMKG yang menyatakan bahwa angin yang membawa awan hujan terus bergerak dan bertiup menuju kota. Awan – awan tersebut mengumpul di atas langit kota dan siap menumpahkan air hujan. Tak spesialuntuk itu, cuaca yang tidak dapat diprediksi ini juga mengindikasikan bahwa demam isu hujan masih terjadi. Ditambah lagi dengan badai yang bertiup turut menandai bahwa demam isu hujan akan terus berlangsung. Diperkirakan hujan akan terus turun sampai final bulan depan. 

Kalimat utama : Kota Bandar Lampung akan terus diguyur hujan deras sampai beberapa bulan ke depan.
Gagasan utama : Hujan akan terus turun di Bandar Lampung sampai bulan ke depan.

Paragraf Induktif


Paragraf induktif yakni paragraf yang kalimat utamanya terletak di penggalan final paragraf.

Paragraf 1

Orang yang mempunyai kebiasan merokok sangat beresiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan zat – zat kimia yang sangat berbahaya di dalam rokok. Zat – zat tersebut juga akan menggerogoti organ – organ penting lainnya mirip paru – paru, hati, dan lain – lain. Disamping berbahaya bagi perokok, rokok juga membahayakan orang – orang disekitarnya. Mereka juga menghirup asap yang dihasilkan oleh perokok, sehingga mereka juga sangat rentan mendapat efek yang sama dengan para perokok. Orang – orang yang turut menghisap asap rokok ini disebut dengan perokok pasif. Oleh lantaran itu merokok sangat berbahaya bagi perokok dan orang – orang di sekitarnya. 

Kalimat utama : Oleh lantaran itu merokok sangat berbahaya bagi perokok dan orang – orang di sekitarnya. 
Gagasan utama : Merokok sangat berbahaya bagi tiruana orang.
Advertisement

Paragraf 2

Puluhan rumah di Desa Sukamaju hancur tertimpa ribuan kubik tanah yang longsor dari atas bukit. Longsor tersebut menimbun rumah – rumah beserta harta benda yang ada di dalamnya. Tidak spesialuntuk itu, longsor juga ikut menimbun perkebunan masyarakat. Sekitar 3 hektare kebun sayuran yang siap pguan tertimbun tanah, sehingga menjadikan kerugian bagi para masyarakat. Oleh lantaran itu, masyarakat Desa Sukamaju mengalami kerugian yang cukup banyak atas petaka ini.

Kalimat utama : Oleh lantaran itu, masyarakat Desa Sukamaju mengalami kerugian yang cukup banyak atas petaka ini.
Gagasan utama : Warga Desa Sukamaju mengalami kerugian lantaran tragedi longsor.

Paragraf Campuran


Paragraf adonan yakni paragraf yang kalimat utamanya terletak di penggalan awal dan final paragaf.

misal:

Paragraf 1

Tekhnologi mempunyai efek baik dan jelek bagi umat manusia. Tekhnologi dapat mempersembahkan manfaat yang sangat banyak bagi manusia.  melaluiataubersamaini hadirnya tekhnologi ini, tiruana urusan insan dapat dilakukan dengan gampang. contohnya tekhnologi transportasi ketika ini dapat menghubungkan antar pulau bahkan antar Negara spesialuntuk dengan hitungan jam. Namun, dibalik itu tiruana tekhnologi juga dapat mempersembahkan tragedi bagi manusia. Perkembangannya yang sangat tidak terbendung ini dapat membuat hal jelek bagi umat manusia. contohnya yakni senjata pemusnah masal yang dapat mengahncurkan makhluk hidup spesialuntuk dalam sekejap. Oleh Karena itu, tekhnologi  ibarat dua buah mata pisau yang dapat mempersembahkan manfaat sekaliugus membuat musibah bagi manusia.

Kalimat utama  : Tekhnologi mempunyai efek baik dan jelek bagi umat manusia. 
Oleh Karena itu, tekhnologi  ibarat dua buah mata pisau yang dapat mempersembahkan manfaat  sekaliugus menciptakab musibah bagi manusia 
Gagasan utama : Tekhnologi dapat mempersembahkan manfaat sekaligus mempersembahkan efek buruk.

Paragraf 2

Indonesia ialah negeri yang sangat kaya. Banyak sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. contohnya minyak bumi, gas alam, logam mulia, dan lain – lain. Selain sumber daya tersebut, Indonesia juga sangat kaya akan sumber daya alam hayati dan hewaninya. Banyak binatang dan flora yang hidup di Indonesia. contohnya Indonesia mempunyai spesies ikan yang sangat banyak di lautannya. Oleh alasannya yakni itu, Indonesia dijuluki sebagai negeri atlantis yang hilang.

Kalimat utama : Indonesia ialah negeri yang sangat kaya.
Oleh alasannya yakni itu, Indonesia dijuluki sebagai negeri atlantis yang hilang.
Gagasan utama : Indonesia disebut sebagi negeri atlantis yang hilang karean kekayaan sumber daya alamnya.