Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Pola Paragraf Narasi Sugestif Singkat

2 misal Paragraf Narasi Sugestif Singkat - Narasi sugestif ialah jenis teks narasi yang menceritakan suatu insiden dengan unsur-unsur fiksif, yang ialah hasil buah pikiran (imajinasi/ khayalan) dari penulis/ pengarang. Paragraf sugestif mengisahkan sesuatu yang bersifat tidak aktual atau sanggup pula menceritakan suatu insiden di kehidupan aktual namun dikembangkan sesuai alur yang dibentuk oleh penulis. Sehingga, terkadang kita menemukan cerita-cerita aik dalam bentuk goresan pena ataupun drama yang mempunyai kesamaan dengan kehidupan nyata. 

Hal ini alasannya yaitu pengembangan dongeng sugestif sering diilhami oleh kehidupan nyata. Seperti pada umumnya, paragraf narasi ialah bentuk goresan pena yang menceritakan suatu insiden yang bertujuan untuk memdiberi wawasan atau informasi atau untuk menghibur pembaca yang disusun secara kronologi. Dalam teks narasi selalu menceritakan insiden yang di dalamnya terdapat konflik atau apa yang terjadi, oleh karenanya teks narasi sering dijadikan naskah dalam sebuah drama. Berikut merupkan pola paragraf narasi sugestif:

[CONTOH 1]


Windi duduk di depan cermin, memikirkan hal-hal yang sudah terjadi padanya.  Hatinya bergetar, wajahnya murung, ia menarikdanunik nafas panjang. Windi gres saja dipecah dari perusahaan dimana ia sudah mengabdi selama empat tahun. Krisis ekonomi memaksa perusahaan untuk mengurangi jumlah karyawan. Selama bekerja, Windi termasuk karyawan yang disiplin dan mempunyai kinerja yang baik. Tak sedikit usulan dari perusahaan-perusahaan lain yang melirik kemampuannya dan memintanya untuk bekerja dengan perusahaan tersebut. Namun, windi menolak usulan yang hadir padanya meski pihak perusahaan lain itu mengiming-imingkan penghasilan yang lebih besar dibanding penghasilan dimana ia bekerja di perusahaan itu. 

Alasan Windi menolak ialah alasannya yaitu rasa loyalitas kepada perusahaan. Menurut Windi, ia menjadi menyerupai kini alasannya yaitu pengalaman yang didiberikan oleh perusahaan tersebut. Namun sekarang, perusahaan sedang mengalami kesusahan dan dengan terpaksa memecatnya. Sangat diakungkan sungguh, kehilangan pekerjaan yang ia cintai dan juga kawan-kawannya. Windi sadar betul, bahwa masih banyak hal yang bisa dilakukannya. Ia harus menguatkan hatinya dan terus bergerak menyerupai halnya bumi berputar. melaluiataubersamaini pengalaman yang ia miliki, Windi bertekad  menhadirai perusahaan yang pernah menawarinya. Ia merasa yakin bahwa ia akan diterima di perusahaan tersebut. Kenyataan berbicara lain, nyatanya ia ditolak oleh perusahaan tersebut alasannya yaitu sedang tidak membutuhkan karyawan. 

Ia tak berputus asa, ia terus mencari peluang yang ada dengan meihat lowongan pekerjaan. Sebulan silam, belum ada panggilan dari lamaran yang ia kirimkan. Sampai pada alhasil ia menerima usulan dari kawannya untuk megembangkan sebuah butik fashion  yang terletak di jantung kota. Hal tersebut bukanlah absurd bagi Windi. Saat dulu bekerja, Windi mempunyai bisnis yang sama, namun ia sedang apes sehingga bisnisnya mengalami kerugian. Kesibukannya membuat ia tak lagi mencoba isnis kembali. Windi memberanikan diri untuk mengambil challange dari kawannya. Windi bertekad untuk fokus menekuni dunia bisnis yang menghampiri dirinya. melaluiataubersamaini demikian, kesedihannya sanggup berkurang.
Advertisement

[CONTOH 2]


Sudah usang Jefri berdiri di depan bandara, namun Luna tak kunjung hadir.  Jefri tetapkan untuk kembali tanpa membawa Luna bersamanya. Perasaan Jefri sedih dan kembali sepi untuk waktu yang tak sanggup ditentukan, merindukan sang pemiliknya hadir. Luna yaitu gadis idaman Jefri. Lima tahun yang kemudian mereka harus merelakan mimpi untuk bersama,  Luna pergi ke Perancis guna menjemput cita-citanya sebagai seorang designer. Dan ketika ini yaitu adalah sempurna lima tahun yang Luna janjikan akan kembali, menyerupai itulah janjinya kepada Jefri. Tak praktis bagi Jefri untuk melepas pujaan hatinya berada jauh dari sisinya. Namun ia begitu berpengaruh untuk melawan egonya demi kekasihnya itu. Diperjalanan menuju rumah, Jefri spesialuntuk melongo di dalam bus. Hatinya sangat ingin mengambil handphone dan menanyakan kabar pujaannya tak sanggup kembali sempurna waktu menyerupai yang ia janjikan. Namun, kekosongan jiwa menguasainya ketika itu. 

Sesampainya di rumah, Jefri pribadi menuju kamarnya tanpa menyapa anggota keluarganya. Tatapan Jefri amat kosong, lanngkah kakinya begitu lemas, dan ia pribadi terbaring di kawasan pulasnya. Jefri mengambil handphonenya dan melihat ada pesan yang masuk. Dan ternyata pesan tersebut berasaldari Luna yang meliputi undangan maaf Luna alasannya yaitu tak sanggup pulang tahun ini. Jefri makin lemas, matanya tertutup ingin pulas sejenak tanpa mengeluarkan kata-kata. Seseorang mengetuk pintu kamarnya, namun jefri tak menggubris sama sekali dengan bunyi itu. Hingga pada alhasil seseorang tersebut masuk dengan tanpa ijinnya membawakan makan siang untuknya. Jefri masih belum menggubris dan akal-akalan terpulas, hingga ketika seseorang yang masuk tersebut mengatakan makanan, Jefri mulai membuka matanya. 

Ia kenal dengan bunyi tersebut, itu yaitu bunyi Luna, kekasihnya. Namun, Jefri berfikir itu spesialuntuk khayalannya saja, alasannya yaitu Luna tak jadi pulang. Seseorang tadi memanggilnya lagi, dan kali ini membuat jefri benar-benar ingin menengok ke arahnya. Dan benar saja itu yaitu Luna. Jefri terbangun, melihat ke arah seseorang tersebut. Berkali ia mengucek-ngucek matanya untuk meyakinkan bahwa ia sedang tidak bermimpi. Namun, memang benar itu yaitu Luna. Jefri pribadi menyambut dirinya dan melepas rindu, rasa senang, bangga bercampur menjadi satu. Jefri bertekad tidak akan melepas Luna pergi lagi.