Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

27 Pola Kalimat Tanggapan

Berbagai misal Kalimat Tanggapan - Tanggapan ialah reaksi atau komentar seseorang setelah melihat, mendengar, membaca, mencicipi suatu peristiwa, atau bacaan (teks). Makara kalimat tanggapan ialah sebuah kalimat yang mengandung pendapat atau reaksi eksklusif yang bertujuan untuk mengomentari suatu insiden atau teks.

Kalimat tanggapan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kalimat tanggapan positif dan kalimat tanggapan negatif. Kalimat tanggapan positif ialah suatu komentar atau reaksi yang bersifat optimis atau mendukung. Sebaliknya, kalimat tanggapan negatif ialah reaksi atau komentar yang bersifat menjatuhkan atau tidak baiklah dengan suatu insiden atau teks.

Meskipun tanggapan ada yang bersifat negatif, dalam memberikan tanggapan hendaknya sopan dan tidak mejatuhkan atau menyakiti perasaan orang lain.

misal – misal Kalimat Tanggapan:

Pernyataan : Pemerintah akan menaikan harga materi bakar minyak pada bulan depan.
Tanggapan positif : Langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah sudah sempurna sebab dengan begitu pemerintah sanggup menghemat pengeluaran Negara.
Tanggapan negatif : Pemerintah melaksanakan blunder yang sangat besar, dengan naiknya harga BBM ini akan mengakibatkan kenaikan harga kebutuhan pokok, sehingga sanggup menyusahkan rakyatnya.


Pernyataan : Guru ialah orang yang bertanggung balasan dalam mendidik sifat anak asuhnya di sekolah.
Tanggapan positif : Meskipun guru sangat berperan dalam mendidik anak asuhnya, kiprah orang renta juga tidak kalah pentingnya.
Tanggapan negatif : Guru bukanlah orang yang paling bertanggung balasan dalam sikap anak asuhnya sebab guru juga ialah insan biasa.


Pernyataan : Kurrikulum 2013 sudah ditarik kembali dan sekolah kembali menerapkan Kurrikulum KTSP.
Tanggapan positif : Penarikan Kurrikulum 2013 sangatlah sempurna sebab kurrikulum itu belum sesuai dengan dunia pendidikan Indonesia.
Tanggapan negatif : Penerapan kembali kurriukul KTSP ialah bukti bahwa pemerintah tidak konsisten dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Pernyataan : Penyanyi penhadir baru, Aria Nugraha meluncurkan album gres dengan single utama Cinta Itu Buta.
Tanggapan positif : Album gres yang diluncurkan oleh penyanyi penhadir baru, Aria Nugraha ialah bentuk kefokusan dirinya dalam dunia hiburan tarik suara.
Tanggapan negatif : Penyanyi penhadir baru, Aria Nugraha memanfaatkan situasai dengan banting setir menjadi seorang penyanyi berbekal bunyi yang tidak begitu merdu.
Advertisement

Pernyataan : Buku Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata terjual keras di pamasukan.
Tanggapan positif : Novel Laskar pelangi ialah novel yang mempunyai isi kisah yang anggun dan novel ini juga ialah karya terbaik Novelist, Andrea Hirata, sehigga patut digemari oleh orang banyak.
Tanggapan negatif : Novel Laskar Pelangi belum sanggup dijadikan novel terbaik sebab belum sanggup menggeser kepopuleran Novel, Ketika Cinta Bertasbih, karya Novelist Habiburahman.

Pernyataan : Lukisan Monalisa karya seniman terbesar Leonardo Da Vinci ialah karya seni yang sangat tak ternilai harganya.
Tanggapan positif : Lukisan Monalisa memang ialah lukisan terindah yang menyimpan sejuta misteri wacana siapa perempuan yang berada di dalam lukisan tersebut.
Tanggapan negatif : Lukisan Monalisa masih diragukan keindahannya sebab belum terang apakah lukisan tersebut orisinil buatan Sang Pelukis, Leonardo Da Vinci orisinil atau spesialuntuk rekayasa.

Pernyataan : Film Box Office Fast and Furious 7 sudah dirilis dan diputar di seluruh Bioskop di tanah air.
Tanggapan positif : Film ini sangat anggun sebab memakai tehnologi canggih untuk membuat dampak – dampak khusus yang terlihat nyata.
Tanggapan negatif : Meskipun Film Fast and Furious 7 ialah film yang sangat bagus, film ini tidak patut ditayangkan di tanah air sebab banyak mengandung adegan kekerasan di dalamnya.

Pernyataan : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusulkan untuk mengakibatkan petinngi Tentara Nasional Indonesia sebagai salah satu pimpinan KPK.
Tanggapan positif : Menjadikan salah satu petinggi Tentara Nasional Indonesia sebagai pimpinan KPK sanggup memperkuat KPK sehingga KPK akan bekerja lebih optimal.
Tanggapn negatif : Tentara Nasional Indonesia seharusnya dilarang diintervensi oleh pihak manapun semoga para penjaga keutuhan NKRI ini sanggup serius dalam melaksanakan tugasnya.

Pernyataan : Ujian nasioanal di beberapa sekolah akan diadakan dengan sistem Online.
Pernyataan positif : Pelaksanaa Ujian Nasioanl Online sudah sangat sempurna sebab sanggup mengurangi pengeluaran Negara dan menghindari terjadinya kebocoran kunci jawabanan.
Pernyataan negatif : Meskipun tujuan dilaksanakannya Ujian Nasioanal Online sangat bagus, tetapi banyak sekolah – sekolah yang belum siap untuk menjalankan sistem gres ini.