Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Pola Karangan Perihal Lingkungan Hidup Terbaru Dalam Bahasa Indonesia

3 misal Karangan Tentang Lingkungan Hidup dalam Bahasa Indonesia - Lingkungan hidup ialah gosip yang akan dibahas pada contoh-contoh karangan diberikut ini.

 

misal Karangan 1


Hutanku Sayang Hutanku Malang

Dahulu hutan kami sangat lestari dan indah. Di sanalah terdapat ribuan jenis tumbuhan dan hewan yang hidup saling berdampingan. Selain menjadi daerah tinggal para tumbuhan dan binatang, hutan juga ialah sumber utama bagi kehidupan manusia. Hutanlah yang menyediakan sumber kuliner bagi kita. Binatang dan tumbuhan  yang ada di sana menjadi sumber kuliner yang tidak terbatas bagi kita.

Selain menyediakan sumber makanan, hutan juga menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian orang. Kayu dan sebagian tumbuhan yang ada di dalam hutan sanggup dimanfaatkan oleh mereka untuk dijual. Bahkan hutan berperan penting sebagai pemasok udara membersihkan bagi manusia, sehingga hutan juga disebut dengan paru-paru dunia yang mempersembahkan oksigen kepada kita tiruana untuk bernafas.

Namun, sekarang hutan sudah kehilangan kelestariannya. Mereka sudah hancur dan bahkan sudah hilang  dengan beralih fungsi menjadi perkebunan dan pemukiman penduduk. Hal ini disebabkan oleh manusia-manusia yang rakus. Mereka dengan membabi buta mengeksploitasi hutan, menebang pohon dan memburu binatang-binatang demi kepentingan pribadi mereka dan demi memenuhi kantong-kantong mereka.

Akibat dari perbuatan keji itu, dikala ini hutan sudah kehilangan fungsinya. Hutan sudah tidak lagi menjadi daerah hidup para tumbuhan dan binatang. Bahkan sebagian dari mereka ikut punah tanggapan kehilangan daerah tinggalnya. Hutan juga sekarang tidak sanggup lagi menyediakan sumber kuliner bagi manusia. Habislah sudah sumber daya di dalam hutan sehingga sekarang insan tidak sanggup lagi memnfaatkannya.

Sumber-sumber air pun sekarang ikut menghilang lantaran rusaknya pohon-pohon di dalam hutan, sehingga membuat kekeenteng dimana-mana. Bahkan sekarang hutan sudah bukan lagi menjadi paru-paru dunia untuk menyediakan udara membersihkan bagi kita lantaran habis sudah pohon-pohon di dalam hutan.

Kini hutan bahkan seakan murka kepada manusia. Mereka tidak mau lagi berteman dekat. Akibatnya terjadilah bencana-bencana alam yang mengerikan ibarat tanah longsor dan kekeenteng dimana-mana. Tidakkah kita mendengar jeritan mereka, tidakah kita peduli dengan mereka. Marilah kita berteman bersahabat kembali dengan mereka demi keberlangsungan hidup kita dan anak cucu kita kelak.

 

misal Karangan 2


Riwayat Sungaiku Kini

Bersih, jernih dan asri itulah sungaiku lampau. Disanalah tempatku bermain bersama tema-kawan. Kami sangat bahagia berenang, memancing, dan mencari ikan bersama-sama. Sungaiku juga menjadi daerah tinggal puluhan jenis ikan yang berenag-renang dengan bebasnya. Jernihnya sungaiku lampau bahkan sering kami gunakan untuk minum. Setiap sore, para ibu dan gadis desa selalu mandi dan mencuci di sana. Tak spesialuntuk itu, sungaiku juga sering dipakai sebagai irigasi untuk mengairi ribuan hektare petani.

Advertisement
Namun, sekarang sungaiku sudah tercemar. Tercemar oleh tumpahan limbah pabrik yang sangat mematikan. Limbah-limbah tersebut sudah merusak sungai dan meracuni tiruana kehidupan di sana. Jernih dan membersihkannya sungai sekarang sudah berganti menjadi keruh dan dipenuhi oleh busa-busa limbah beracun. Tak ada lagi, daerah bermain bagi kami, taka ada lagi ikan-ikan di sungai kami. Semuanya sudah hilang tergantikan dengan amis yang tidak sedap.

Marilah kita selamatkan sungai kita dengan menghentikan limbah-limbah yang masuk ke dalam sungai. Sehingga sungai kita yang lampau jernih dan bersiah kembali lagi.

 

misal Karangan 3


Jagalah Kemembersihkanan

Kemembersihkanan yaitu suatu keadaan dimana tak ada sampah yang awut-awutan di mana-mana. Kemembersihkanan sangatlah penting untuk dilakukan lantaran dengan kebersiahanlah yang akan menjaga kita dari ancaman-ancaman penyakit yang hadir. Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mendapat kemembersihkanan.

Yang pertama yaitu menjaga kemembersihkann diri sendiri. Menjaga kemembersihkanan diri sendiri ibarat mandi 2 kali sehari, memotong kuku dan menggosok gigi akan membuat badan kita selalu membersihkan. Sehingga jikalau kemembersihkanan telaah didapat, maka badan kita akan menjadi sehat dan tidak akan simpel terjangkit oleh penyakit.

Selain menjaga kemembersihkanan tubuh, menjaga kemembersihkanaan lingkungan daerah tinggal juga sangat penting untuk dilakukan. Memmembersihkankan seisi rumah dan lingkungan sekitar akan membuat lingkungan menjadi membersihkan dan tidak menjadi masukang bagi penyakit untuk tumbuh dan berkembang. Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk menjaga kemembersihkanan lingkungan kita seperti, mengubur barang-barang bekas, menguras kolam mandi dan menutup tiruana sumber air sehingga nyamuk tidak sanggup berkembang biak di sana.

Demikianlah cara hidup membersihkan dan manfaat yang sanggup kita dapatkan. Oleh lantaran itu, marilah kita tiruana menjaga kemembersihkanan baik kemembersihkanan diri maupun kemembersihkanan lingkungan semoga kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit yang mengancam.