Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips Dan Trik Menulis Cerpen Yang Harus Anda Coba!

3 Tips dan Trik Menulis Cerpen yang Harus Anda Coba! – Cerpen ialah salah satu karya sastra yang menceritakan suatu kisah, baik yang berasal dari hasil imajinasi atau terilhami dari kehidupan nyata. sepertiyang layaknya karya seni, cerpen mempunyai gestur dan sifat khas yang membedakannya dengan sastra lain. Cerpen mempunyai panjang aksara yang lebih pendek dibanding dengan novel.

Jika Anda berniat menulis cerpen, maka sebelum itu ketahuilah karakteristik-karakteristik diberikut ini:

  • Cerpen ialah kisah pendek yang mempunyai panjang antara 1.000 hingga 20.000 kata.
  • Cerpen mengisahkan sebuah kisah ihwal kehidupan, yang berasal dari buah pedoman (imajinasi), oleh alasannya itu cerpen bersifat fiktif. Meski demikian, cerpen juga sanggup dikembangkan dari sebuah kisah yang benar-benar terjadi dalam kehidupan.
  • Cerpen ialah jenis prosa dramatik, artinya terdapat percakapan di dalamnya.
  • Seperti karya sastra lainnya, cerpen mengandung unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik. (lihat artikel ihwal unsur-unsur instrinsik sastra).


Sesudah mengetahui hal-hal fundamental di atas, selanjutnya kita sanggup memikirkan bagaimana caranya membuat cerpen yang menarikdanunik perhatian pemirsa (pembaca). Berikut uraian tips dan trik dalam menulis cerpen dari kelasindonesia.com. Selamat membaca!

a. Perbanyaklah Membaca 


Membaca cerpen orang lain mempersembahkan laba baik bagi calon penulis cerpen secara khusus. Sebagai calon penulis, dengan membaca karya orang lain (terutama cerpen-cerpen best seller), akan mempersembahkan wawasan kepada kita dalam menulis dan membuatkan cerita. melaluiataubersamaini demikian, nantinya sanggup menjadi bekal awal bagi kita dalam menulis cerpen biar sanggup semenarikdanunik mungkin. Dalami genre cerpen yang menjadi kesukaan bacaan Anda, contohnya genre horor, misteri, jenaka, romantika, dan lain-lain sebagainya. Hal ini alasannya menulis cerpen sesuai harapan dari si penulis akan membuahkan karya yang terbaik. 

Selain itu, dengan perbanyak membaca, sanggup mengakibatkan harapan untuk menulis yang ialah hal paling utama dalam hal ini. Ketika seseorang yang “jatuh hati”dengan sebuah karya, maka ia sanggup menumbuhkan minat untuk membuat karya yang sama dengan kualitas yang tidak sama tentunya. Membaca karya orang lain, juga sanggup menumbuhkan atau membuatkan imajinasi-imajinasi yang akan melahirkan ide-ide jago untuk dibentuk sebagai suatu karya. 

b. Membuat Konsep


Dalam membuatkan cerpen, tentu saja dimulai dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen itu sendiri, antara lain:

Tema / Judul

Bagian ini yaitu yang paling utama dalam sebuah karya sastra, termasuk cerpen. Tema yaitu ruh dari sebuah sastra. Tema / ide sanggup diperoleh dari hasil imajinasi yang sanggup diinspirasi dari aneka macam hal, menyerupai aktivitas membaca karya orang lain, atau diinspirasi dari hasil pengamatan terhadap kehidupan orang lain atau bahkan dengan mendekatkan ke alam, serta menurut pengalaman pribadi. Jika sudah memilih tema, maka tulislah dalam buku konsep cerpen yang akan dikembangkan. 

Perwatakan / Penokohan

Dalam buku konsep tersebut, kembali uraikan terkena tema cerpen yang hendak dikembangkan. Uraikan tokoh-tokoh yang terlibat dan bagaimana perwatakannya. Hal ini untuk megampangkan langkah diberikutnya. 

Advertisement
Alur

Alur atau plot ialah setting waktu sebuah cerpen akan dikembangkan. Tentukan alur untuk megampangkan pengembangan cerpen. Ada tiga macam jenis alur yaitu alur maju artinya kisah dikembangkan dari kehidupan kini ke masa depan. Alur mundur artinya kisah kembali ke masa lalu, sementara alur gabungan ilah gabungan keduanya. 

Setting atau Latar

Merupakan unsur penting lainnya yang juga harus ditentukan sebelum membuatkan cerpen. Penentuan latar mencakup daerah dan waktu insiden tiap insiden pada kisah pendek tersebut.

Sudut Pandang

Karena cerpen ini ialah kisah fiksi, maka memakai sudut pandang orang ketiga.

Gaya Bahasa

Unsur ini ialah unsur yang membedakan karya penulis satu dengan penulis lain. Penulis sanggup memakai gaya bahasa yang dipilihnya asal sanggup dimengerti oleh pembaca. Gunakanlah gaya bahasa yang simpel dimengerti dan dipahami oleh pembaca. Penulis-penulis jago dikenal dengan gaya bahasa yang unik, bandingkan karya-karya Raditya Dika, Dee Lestari, Tere Liye, dan penulis jago lainnya. Masing-masing mempunyai gaya bahasa sendiri yang jenik dan unik. Oleh alasannya itu, unsur ini yaitu yang paling penting yang membedakan karya kita dengan yang lainnya. 


c. Kembangkan Konsep


Sesudah memilih konsep-konsep menyerupai pada penggalan (b), maka selanjutnya kita sanggup membuatkan kisah pendek tersebut. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuatkan sebuah kisah pendek??? Perhatikan uraian diberikut:

Pembukaan 

Bagian pembukaan ialah gerbang sebuah kisah akan diceritakan. Pembukaan amat penting dalam sebuah kisah yang akan menarikdanunik perhatian pembaca. Oleh alasannya itu, buatlah pembukaan atau pengantar kisah semenarikdanunik mungkin, mulai dengan konflik atau sebuah teka-teki. Intinya buatlah kesan pertama yang baik dan menarikdanunik, biar pembaca merasa tertarik untuk mengungkap misteri dibalik teka-teki tersebut yang tersimpan dalam cerita. 

Konflik

Dalam sebuah kisah selalu ada konflik yang terjadi antar tokoh. Konflik ialah bumbu pada suatu kisah biar suasana kisah lebih hidup dengan demikian kisah tidak berjalan datar saja, namun berkat adanya konflik emosi jiwa pembaca sanggup terpancing ikut mencicipi kisah yang berlangsung di dalam cerpen kita. 

Penutup

Bagian ini ialah penggalan penyelesaian konflik dan juga penggalan tamat sebuah cerita. Keingintahuan pembaca yang menggebu-gebu selalu ingin mengetahui tamat dari kisah tersebut. Penyajian konflik demi konflik yang terjadi pada tiap fase kisah membuah pembaca ingin terus membaca guna untuk mengetahui tamat dari kisah yang dibuat. 

Demikian tips dan trik dalam menulis cerpen. Selamat mencoba...