Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Pola Teks Persuasi (Pendidikan, Advertensi, Politik, Dan Propaganda)

4 misal Teks Persuasi (Pendidikan, Advertensi, Politik, dan Propaganda) - Berikut ini yakni jenis-jenis teks persuasi dan contohnya.

1. Teks Persuasi Pendidikan

Ayo Raih Prestasi Sedini Mungkin!

Setiap insan di dunia ini niscaya ingin sekali sanggup berprestasi alasannya presatasi yakni suatu hal yang sangat membanggakan baik bagi diri sendiri maupun orang tua. Orang renta mana yang tidak besar hati bila anaknya berprestasi. Namun, mencapai prestasi bukanlah gampang. Presatasi tidak sanggup didapatkan spesialuntuk dengan perjuangan yang kecil, perlu diadakan pengorbanan yang luar biasa di dalamnya untuk menghadapi kerikirl-kerikil tajam yang siap menghadang di depan.

Kenapa kita harus berpresatsi sedini mungkin? Hal ini alasannya dengan berpreatasi sedini mungkin sanggup membuat pribadi yang kompetitif yang kelak akan selalu memacu dirinya untuk terbiasa berkompetisi dan berprestasi dikala dewasa. Selain itu dengan berpresatasi sedini mungkin juga sanggup membuat kita besar hati akan diri kita sendiri. Terlebih lagi, orang renta juga akan sangat bersyukur dengan pencapaian kita tersebut.

Temukanlah setiap potensi yang ada di dalam diri Anda alasannya setiap anak di duni ini pastilah mempunyai potensi untuk berpresatai. Lihatlah diri Anda lebih dalam lagi, niscaya terdapat sebuah potensi yang sanggup Anda asah menjadi suatu yang membanggakan. Berprestasi tidak spesialuntuk mencakup beberapa aspek pada bidang pendidikan saja. Banyak bidang lain yang sanggup Anda andalkan menyerupai olahraga, seni dan masih banyak lagi.  Asahlah potensi-potensi tersebut sehingga sanggup menjadi suatu hal yang sanggup menuntun Anda meraih prestasi. Oleh alasannya itu, marilah temukan potensi dalam diri kita, kemudian kembangkanlah potensi tersebut, jadilah anak yang berprestasi dan buatlah orang renta besar hati akan pencapaian kita. 

2. Teks Persuasi Advertensi

Sayangi Kesehatan Anda!

Dewasa ini berbagai beredar produk-produk air mineral kemasan yang tidak sesuai dengan standar kesehatan. Tanpa kita sadari produk-produk tersebut sanggup membahayakan kesehatan kita. Namun tidakboleh khawatir alasannya kini hadir air mineral G-Qua. Air mineral kemasan yang sudah teruji standar kesehatannya.

Kenapa G-Qua baik untuk kesehatan? G-Qua berasal dari mata air sumber pepegununganan yang masih asri dan belum terjamah kegiatan manusia. Mata air tersebut pribadi dialiri ke pabrik yang ada didekat kaki pepegununganan. Tidak spesialuntuk airnya yang terjamin membersihkan, G-Qua juga dikemas dalam kemasan yang kondusif dan sesuai dengan standar kemasan internasional.

Oleh alasannya itu, bila masih akung dengan kesehatan Anda, tinggalkan produk yang lain dan beralihlah ke G-Qua! Ayo konsumsi G-Qua kini juga!

Advertisement
3. Teks Persuasi Politik

Ayo Pilih No. 3 untuk Perubahan!

Sebentar lagi hari pemilihan kepala kawasan akan segera tiba. Kini sudah saatnya rakyat yang menentukan rakyat sebagai pemimpinya. Pilihlah Ahmad Husein, M.Pd calon pemimpin kawasan dari Partai Kebangsaan nomor urut 3!

Ahmad Husein, M. Pd sangat berkompeten untuk memimpin Rawa Bening selama lima tahun ke depan. jujur , Amanah, dan Sederhana itulah Ahmad Husein, M Pd. Karena berasal dari rakyat, dirinya tidak akan pernah melupakan rakyat.

Oleh alasannya itu, sudah siapkah Anda mendapatkan perubahan? Datanglah dan ajak tiruana keluarga, teman bersahabat ke TPS dan Jangan ragu, pilihlah Ahmad Husein, M. Pd!  Insha Allah membawa berkah.

4. Teks Persuasi Propaganda

Marilah kembali ke Hakekat Manusia!

Smart Phone, Stupid People, slogan itulah yang sempurna untuk menggambarkan keadaan insan kini ini. Saat ini banyak insan sudah disibukan oleh tekhnologi ini yang tanpa kita sadari sudah membawa kita keluar jauh dari garis hakekat insan sebagai makhluk sosial.

sepertiyang makhluk sosial, insan sangatlah membutuhkan insan lainnya. Tetapi dikala ini, kita sudah melupakan itu tiruana. Kita lebih menentukan bermain dengan HP kita dibandingkan dengan kawan-kawan kita. Kita lebih menentukan bertanya dengan HP kita daripada bertanya dengan orang-orang sekitar. Kita lebih menentukan diberinteraksi di dunia maya daripada diberinteraksi dengan orang-orang gres yang ada di sekitar kita.

Tanpa kita sadari sikap tersebut akan membuat pribadi yang pasif, hirau tak hirau dan anti sosial. Sebelum hal tersebut mensugesti kita lebih jauh lagi, Bangkitlah dari tempat duduk atau tempat pulas kita. Marilah matikan handpone kita sejenak, lihatlah sekeliling kita betapa banyak hal yang sanggup kita lakukan daripada spesialuntuk sibuk berkutat dengan handphone. Pergilah keluar dan diberinteraksilah dengan sesama. Sapalah dan diberikan senyum yang indah, maka kita akan menyadari betapa indah dunia ini tanpa tekhnologi-tekhnologi tersebut. Oleh alasannya itu, marilah kembali kepada hakekat umat mnusia dan tidakboleh mau dibodohi oleh smart phone yang membuat kita menjadi stupid people.

Kunjungi juga Ilmupendidikanku.net