Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Pola Paragraf Induktif Generalisasi

misal Paragraf Induktif Generalisasi - Paragraf generalisasi yaitu paragaf yang menggunkana pengembangan pola induktif, yaitu dengan menempatkan gagasan utamanya pada kalimat utama di selesai paragaraf. Paragraf ini menarikdanunik sebuah kesimpulan umum menurut data – data yang sudah dijabarkan sebelumnya. Data tersebut yaitu pernyataan – pernyataan yang berupa hal – hal khusus.

Berikut ini yaitu pola – pola paragraf generalisai

misal 1

Sehabis pulang sekolah Shinta mengerjakan Pr nya, kemudian ia memmenolong ibunya untuk menyiapkan makan siang. Sesudah makan siang, Shinta akan selalu merapaikan meja makan dan memmenolong ibunya untuk mencuci piring. Sehabis mencuci piring Shinta menjaga adiknya selagi ibunya sedang mencakuptirahat. Ketika hari sudah sore, Shinta akan memandikan adiknya dan membawanya untuk menpenghasilan ke rumah pak Sholeh. Begitulah acara sehari – hari Shinta sepulang dari sekolah. Dia tidak pernah menghabiskan waktunya tanpa melaksanakan hal yang berguna. Shinta memangalah anak yang berbakti kepada ibunya.

misal 2

Sesudah hasil ulangan umum dibagikan, Adi mendapatkan nilai IPS sebesar 80. Nilai itu yaitu nilai yang paling besar di kelasnya. Begitu juga dengan nilai bahasa Indonesia, ia mendapatkan nilai 90. Tidak spesialuntuk itu, nilai IPAnya pun ialah nilai yang terbaik di kelas, yaitu 85. Disamping itu, nilai matematikanya tak kalah hebat, ia menapat nilai 95, padahal matematika ialah pelajaran yang paling susah. Namun, Adi sanggup menguasainya dengan sangat baik. Semua mitra – kawanya merasa kagum dengan apa yang sudah dicapai oleh Andi. Tak heran Adi memang anak yang sangat pintar.

misal 3

Indonesia mempunyai ratusan ribu pulau yang tersebar dari sabang hingga merauke. Pulau – pulau tersebut terdiri dari ribuan pualu kecil dan 5 buah pulau besar. Di antara pulau – pulau tersebut, ada yang sudah mempunyai nama, dan ada juga yang belum mempunyai nama atau bahkan belum berpenghuni. Indonesia mempunyai 5 buah pulau besar, yaitu pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papu. Pulau – pulau tersebut sangatlah besar, bahkan pulau Kalimantan dan Sumatera masuk ke dalam pulau yang paling terbesar di dunia. Oleh lantaran itu, Indonesia disebut dengan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau.

Advertisement
misal 4

Sapi berkambang biak dengan cara melahirkan, mereka melahirkan anaknya setelah mengandung di dalam perut. Demikian pula dengan kambing, mereka juga berkembang biak dengan cara melahirkan. Berbeda dengan sapi, kambing mempunyai massa untuk mengandung anak yang lebih singkat daripada sapi. Tidak spesialuntuk sapi dan kambing, kerbau pun melahirkan anak – anaknya. Hal ini dikarenakan meraka mempunyai kelenjar susu yang ada pada badan bab bawah mereka. Oleh lantaran itu, tiruana binatang mamalia berkaki empat mempunyai kalenjar susu pada bab tubuhnya.  

misal 5

Kemarin hujan turun dengan sangat deras. Padahal lusa juga hujan turun dengan deras pula. Hal ini dikarenakan bulan ini ialah puncaknya ekspresi dominan hujan lantaran angina kencang masih selalu bertiup dengan membawa awan – awan dari daerah yang mempunyai ketinggian yang lebih tinggi. Disamping itu, cuaca selesai – selesai ini juga sangat dingin. Bahkan BMKG sudah memprediksikan hujan akan terus berlangsung hingga sebulan ke depan. Oleh lantaran itu, sanggup dipastkan bahwa hari ini juga akan turun hujan yang sangat deras.

misal 6

Para koruptor tidaklah mempunyai hati. Mereka dengan seenaknya memanfaatkan posisi atau jabatan mereka demi laba priawet dan kelompoknya. Mereka tidak mengerti atau seakan tidak peduli bahwa perbuatan tersebut ialah perbuatan dosa. Bahkan sudah terang dikatan bahwa mencuri atau memakan uang yang bukan miliknya ialah perbuatan haram. Padahal mereka sudah diajari ilmu agama baik di sekolah maupun di lingkungan keluarganya. Mereka pun tahu bahwa mereka akan mendapatkan eksekusi dari perbuatanny tersebut. Kaprikornus sanggup dipasatikan bahwa para koruptor ialah orang – orang yang tidak takut dengan Tuhan yang menciptakannya.

misal 7

Sebelum menjadi milyader yang populer ketika ini Mark Zukerbeg yaitu orang biasa. Dia yaitu salah seorang mahasiswa yang hampir drop ut. Begitu pula dengan Bill Gates, Sang pendiri Microsoft ini pun tidak tamat dalam kuliahnya. Dia terpksa tidak melanjutkan pendidikannya lantaran suatu permasalahan. TIdak spesialuntuk Bill Gates, Steve Jobs, orang yang mendirikan perusahaan Apple juga harus keluar dari kuliahnya. Oleh lantaran itu, sanggup dipastikan bahwa orang – orang sukses mempunyai sifat tidak praktis berputus asa.