Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Pola Paragraf Epilog Essay Dan Pidato

misal Paragraf epilog Essay dan Pidato - Paragraf epilog ialah paragraf final dalam sebuah ringkasan atau goresan pena yang berupa kalimat – kalimat kesimpulan, masukan, pesan maupun salam penutup.

Paragraf epilog tidak sanggup disepelekan atau dianggap tidak penting  dalam goresan pena lantaran paragraf ini ialah bab krusial yang akan mempersembahkan kesan positif bagi para pembacaanya. Berikut ini ialah paragaf epilog dalam essay dan pidato:

1. Paragraf epilog essay
Paragraf epilog dalam essay meliputi kesimpulan yang diambil dari ringkasan poin – poin yang sudah dibahas dalam badan essay sebelumnya. Di bawah ini ialah cara membuat paragraf epilog essay:
1. Mulailah paragraf epilog dengan kata taransisi menyerupai “Oleh lantaran itu”, “Oleh alasannya ialah itu”, “berdasarkan …”, “jadi”, dan lain – lain.
2. Ringkaslah poin – poin utama secara singkat dengan memakai kalimat lain untuk memperkuat kesimpulan yang akan dibuat.
3. Buatlah kesimpulan yang anggun dan menarikdanunik dalam satu kalimat.

 

A. misal Paragraf Penutup Essay


Paragraf epilog essay pendidikan

Berdasarkan poin – poin di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa ujian nasional melalui sistem online bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada ketika ini lantaran pada kenyataannya malah menjadikan permasalahan gres menyerupai ketidaksiapan sekolah – sekolah, belum sempurnanya fasilistas, dan menjadikan kemungkinan kebocoran yang lebih gampang. Oleh lantaran itu, pelaksanaan ujian nasional online ini harus direvisi kembali semoga dunia pendidikan kita menjadi lebih baik.

Paragraf epilog essay ekonomi

Oleh alasannya ialah itu, pertumbuhan ekonomi mikro sangat mensugesti pertumbuhan ekonomi di suatu Negara. Hal ini dikarenakan ekonomi mikro akan mempercepat laju peredaran uang, menghasilkan devisa Negara, dan mengangkat pendapatan perkapita penduduk di dalam suatu Negara. Jadi, bila pertumbuhan ekonomi masyarakatnya baik, maka tidak diragukan lagi pertumbuhan ekonomi suatu Negara juga akan membaik.

Paragraf epilog essay budaya

Berdasarkan uraian di atas, sanggup diketahui bahwa budaya akan mensugesti sikap insan dalam bersosialisasi di masyarakat. Budaya sanggup membentuk huruf seseorang, mengarahkan kehidupan seseorang dan membuat suatu kebiasaan. Oleh lantaran itu, tugas budaya tidak sanggup lepas dalam membentuk suatu kehidupan bermasyarakat baik hal yang jelek maupun baik.

Paragraf epilog essay kesehatan

Tak diragukan lagi bahwa merokok sanggup mengakhiri hidup para pengkonsumsinya lantaran di dalam rokok terkandung zat – zat berbahaya menyerupai nikotin, tar, Co, dan ammoniac yang sangat mematikan. Oleh lantaran itu, rokok ialah pembunuh masal yang berdarah cuek bagi manusia.
Advertisement

B. Paragraf Penutup Pidato


Paragraf epilog pada pidato sama pentingnya dalam essay lantaran paragraf ini yang akan memilih kesan pendengar akan pidato yang sudah disampaikan. Pada umumnya, paragraf epilog di dalam pidato meliputi kesimpulan pidato, masukan yang berupa ajakan, dan salam penutup. Di bawah ini ialah cara menutup pidato:

1. Ringkas kembali pidato yang sudah disampaikan dengan bahasa yang tidak sama dan singkat.
2. Bisa juga dimenambahkan kutipan, peribahasa, atau doa.
3. Sampaikan kesimpulan dan masukan.
4. Akhiri dengan titikpuncak atau nada yang tinggi untuk membangkitkan semangat dalam pidato tertentu.
5. Akhiri dengan salam penutup.

misal paragraf epilog pidato

Paragraf epilog pidato dengan doa

Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan pada peluang kali ini. Marilah kita peringati maulid Nabi Muhammad SAW ini dengan meneladani sikap dan sikap beliau. Semoga apa yang sudah saya sampaikan kali ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana dan bila ada kesalahan dalam penayampaian, saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Akhirul kalam. Wallahul muwafik, ilaa aqwamith thariiq, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh"

Paragraf epilog pidato dengan persuasif 

Hadirin yang berbahagia,

menurut uraian – uraian yang sudah saya sampaikan di atas, sanggup kita simpulkan bahwa menjaga kemembersihkanan lingkungan sangatlah penting lantaran akan menjadikan dampak yang baik bagi kita. Oleh lantaran itu, marilah kita bersama – sama memmembersihkankan lingkungan dengan memulainya dari lingkungan kita sendiri semoga kita terhindar dari penyakit. Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan kali ini semoga apa yang saya sampaikan sanggup berkhasiat bagi kita tiruana. Saya akhiri wassalamualaikum wr . wb.

Pargaraf epilog pidato dengan membangkitkan semangat

Demikianlah pidato singkat yang sanggup saya sampaikan kali ini. Di hari kemerdekaan ini, marilah kita jadikan momentum untuk kembali bersatu untuk mempertahankan negeri kita ini dan marilah bangun negeri ini semoga sanggup sejajar dengan bangsa – bangsa lain yang ada di dunia ini.

SEKALI  MERDEKA TETAP MERDEKA! MERDEKA!

Saya akhiri wassalamualaikum wr. wb.

Pargaraf epilog pidato dengan mengutip suatu kutipan

Hadirin yang berbahagia,

Seperti pepatah aneh yang menyampaikan “Men Sana in corpore sano” di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh lantaran itu ayolah berolahraga yang teratur semoga badan sehat dan menjadi berpengaruh sehingga kita sanggup mewujudkan apa yang sudah kita cita – citakan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan saya akhiri wassalamualaikum wr. wb.

Paragraf epilog dengan menambahkan peribahasa

Hadirin yang berbahagia,

Jika ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi, dan bila ada umur yang panjang semoga kita berjumpa kembali. Demikianlah pidato kali ini, Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada guru, dan mitra – mitra sekalian dan  semoga  hari perpisahan ini bukanlah hari terakhir kita berjumpa tetapi awal dimana kita menata kembali pertemuan yang lebih bermakna. Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan saya akhiri wassalamuwallaikum wr. wb.