Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Cara Penulisan Rupiah Lengkap

Aturan Teknik Penulisan Rupiah Lengkap - Apakah kalian tahu bagaimana cara menulis nilai mata uang dalam rupiah dengan benar? Terlihat sepele, namun kenyataannya banyak dari kita yang mengalami kekeliruan dalam menulis nilai mata uang rupiah dengan baik dan benar. Penulisan mata uang rupiah, sudah dibakukan dalam ejaan yang disempurnakan (EYD). melaluiataubersamaini demikian, dalam penulisannya maka seharusnya mengikuti kaidah- kaidah yang sudah ditentukan. Lalu, bagaimana penulisan nilai mata uang rupiah yang baik dan benar?

PENULISAN MATA UANG RUPIAH BERDASARKAN ATURAN EYD

Nominal Angka

Berdasarkan aturan ejaan yang disempurnakan, penulisan nilai mata uang rupiah yang benar yaitu rupiah yang disingkat menjadi Rp ditulis tanpa tanda titik dan spasi, kemudian tulis jumlah nominal angka uangnya, kemudian dimenambahkan dua nol dibelakang koma. Mengapa harus ada dua nol dibelakang koma??? Dua digit nol dibelakanng koma berfungsi untuk mengatakan nilai desimal. Hal ini didasari pada nilai tukar antar mata uang. misal nilai tukar 1 dollar dengan rupiah yaitu Rp13.345,34.  melaluiataubersamaini demikian, meski dalam sistem perbankan di negeri ini tidak sanggup transfer dalam nilai nominal, namuan suku bunga selalu memakai deseimal dibelakang koma. sehingga nanti akan berlaku aturan pembulatan. 

misal penulisan nilai mata uang rupiah menurut aturan EYD:

- Rp4.000,00 (benar)
- Rp. 4.000,00 (salah, tanpa titik pada penulisan Rp)
- Rp 4.000,00 (salah, tanpa spasi pada penulisana antara Rp dengan nominal angka)
- Rp4.000 (salah, harus dimenambahkan dua nol di belakang jumlah nominal angka)

Jika nominal angka yanng dituliskan terlalu besar dan adalah bilangan bulat, maka sanggup dikombinasikan dengan huruf. Seperti pada pola diberikut:

Rp4.000.000.000,00 sanggup dikombinasikan menjadi Rp4Milyar. 

Nominal Ditulis melaluiataubersamaini Huruf

Biasanya, dalam struk bank ataupun bukti pembayaran lain, biasa tertulis sejumlah uang baik dalam nominal angka dan juga huruf. Penulisan nilai mata uang dalam abjad sedikit tidak sama dan lebih simpel dibandingkan dengan angka, sebab aturannya lebih sedikit. Perhatikan pola diberikut:

- Rp1.000.500,00 maka jikalau dituliskan dalam abjad menjadi satu juta lima ratus rupiah.
- Rp305.555,00 maka sanggup ditulis dalam abjad menjadi tiga ratus lima ribu lima ratus lima puluh lima rupiah.
dari dua pola tersebut sanggup disimpulkan bahwa penulisan nilai uang mata uang rupiah dalam abjad harus benar-benar memperhatikan nominal uang. kita harus sanggup membedakan mana yang adalah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, ratusan ribu, dan seterusnya hal ini sangat penting, sebab jikalau salah maka akan mempengaruhi jumlah nominal yang disebutkan. misal ada sebuah pola penulisan uang dalam abjad dan kita diminta untuk mengubahnya menjadi kata:
- tiga ratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah maka ditulis dalam angka menjadi Rp330.500,00
- satu juta empat ratus lima puluh sembilan ribu tiga puluh dua rupiah jikalau diubah menjadi angka menjadi Rp1.459.032,00

Advertisement
PENULISAN NILAI MATA UANG RUPIAH DALAM SKALA INTERNASIONAL MENGGUNAKAN SIMBOL IDR

IDR adalah satuan nilai mata uang Indonesia dalam skala internasional. IDR adalah singkatan dari Indonesian Rupiah, instruksi ini sama menyerupai USD untuk United State Dollar atau EUR untuk Euro yaitu mata uang yang berlaku di Britain dan sekitarnya (Benua Eropa). 

Penulisan nominal mata uang rupiah dalam skala internasional belum ada ketentuan dari EYD. Namun, aturan yang sama berlaku untuk penulisan dalam bentuk IDR. Dalam penulisan nominal jumlah uang, kata rupiah membuktikan nominal jumlah uangnya. melaluiataubersamaini demikian berlaku aturan penulisan D-M yaitu diterangkan menerangkan. Perhatikan pola penulisan nilai mata uang rupiah dalam skala internasional.

- IDR 50.000 (Salah, IDR membuktikan nominal angka)
- 50.000 IDR (benar)

Seperti pada aturan EYD, dalam skala internasional juga sanggup dikombinasikan dengan abjad jikalau jumah angka yang memungkinkan. Perhatikan pola diberikut:

- 50K IDR (huruf K adalah singkatan dari Kilo yang nilainya seribu)
- 1 Bilion IDR 

Demikian artikel terkait penulisan rupiah yang benar. Semoga dengan membaca artikel ini, kita sanggup segera mengaplikasikannya dalam penulisan nilai rupiah yang sesuai dengan EYD.