Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dongeng Fabel Untuk Bawah Umur Terbaru

misal Cerita Fabel untuk Anak-Anak - Fabel ialah seni drama yang menceritakan kisah kehidupan hewan- binatang yang menggambarkan kisah kehidupan manusia. sanggup dikatakan bahwa fabel merupkan seni drama yang memakai lakon hewan. Penyampaian pesan- pesan yang akan diungkapkan terkandung dalam setiap lakon yang dibawakan oleh tokoh- tokoh hewan. Hewan- binatang yang ditampilkan dalam dongeng fabel biasanya ialah penggambaran tokoh atau sifat manusia. sehingga dalam hal ini sifat- sifat insan digambarkan dalam bentuk hewan. Dalam dongeng fabel mengandung pesan- pesan yang ingin disampaikan melalui lakon yang diperankan oleh hewan- binatang tersebut. Biasanya, hewan- binatang yang dipakai ialah binatang –hewan yang familiar dengan orang awam, biar lebih simpel dalam menyampaiakn pesan moral. melaluiataubersamaini fabel, nasihat- nasihat yang ingin disampaikan lebih menarikdanunik alasannya ialah memakai binatang – hewan. Meski demikian, fabel sering memasukkan tokoh insan ke dalamnya namun pernananya sangat minim. Cerita fabe ialah dongeng fiksi atau imajinasi penulis saja dengan maksud untuk memberikan pesan biar terlihat menarikdanunik. Sering kita melihat ditelevisi atau membaca dalam buku cerita, bentuk – bentuk fabel yang disajikan dengan dongeng yang apik. Dalam artikel ini akan didiberikan satu pola fabel untuk anak- anak. Semga menghibur.

Hewan dan Pemburu

Alkisah hiduplah sekawanan binatang di padang rumput Afrika yang penuh kedamaian. Hingga pada suatu hari, hadirlah sekelompok singa yang memasuki kawasan tersebut. Kelompok itu dimpin oleh Romi, si singa jantan yang membawa empat betinanya. Sejak ketika itulah, masyarakat parum tak pernah nyenyak pulas, mereka gelisa sepanjang waktu mengkhawatirkan kelangsungan hidupnya.

Sebagai pemimpin kelompok, Romi populer dengan kejam dan pemalas. Romi selalu mengandalkan empat istrinya untuk menangkap mangsa, setelah itu ia akan menguasainya. Namun, hal ini ialah ialah suatu konsekuensi bagi mereka. Karena Romi akan menjaga anak- anak serta keamanan mereka dari serangan singa atau binatang lain.

Setiap harinya, singa – singa jantan itu memburu siapa yang lemah, sehingga menjadikan momok bagi hewan- binatang lain terutama kelompok anak- anak. Pada suatu hari, anak – anak romi pergi bermain di sekitar wilayahnya.

“ ayah, bolehkan kami keluar bermain??? Kami sangat bosan di sini menunggu ibu pulang”, ujar sulung, anak pertama Romi.

“ Tidak!!! Kau dihentikan kemana- mana sampa Ibu-Ibumu pulang!!!”, tangkas Romi.

“ o. O..ohh, ayolah Ayah, biarkan kami main sebentar saja. Hanya di sekitar sini kok Ayah. Kami ini kan anak penguasa wilayah masa kami harus takut”, Rayu Tio, anak bungsu Romi.

“Kau benar, kalian ini ialah anak- anak ku, saya dihentikan takut akan apapun. Karena tiruana takut padaku. Hahahaha “, ungkap Romi bangga.

“jadi kami boleh main Ayah??”, tegas Dayu, anak gadis Romi.

“Ya tentu, kalian tidak perlu takut, pergilah!!! Dan tidakboleh terlalu jauh Oke. Aku harus mengawasi kalian”, balasan Romi.
‘ yeee.. asikk akhirnya kita bermain di luar. Terima kasih Ayah”, ucap bawah umur Romi.

Walhasil, pergilah ketiga ana – anak Romi bermain di padang rumput yang luas. Ketika mereka sedang asik bermain, mereka melihat sekelompok anak rusa, jerapah, dan juga kelinci yang sedang asik bermain petak umpet. Ketiga anak singa itu tertarik ingin ikut bermain bersama mereka, dan akhirnya mereka memutuskan untuk menghampiri sekelompokan anak- anak binatang yang sedang bermain.

“ Haii,, apakah kami boleh ikutan bermain???”, sapa Tio si bungsu.

“Heii, kamu singa.. Kami tidak ingin ada singa di sini. Pergi kau!!!” sambut Rori si anak rusa.

“iya, kami tidak ingin ada singa di sini. Pergi!!”. Tambah Dio si kelinci.

“ Tapi kenapa kalau saya singa??? Kau tidak tau ayahku ialah penguasa di sini??? Makara biarkan kami bermain dengan kalian”, tanya Dayu.

“ ayahmu bukanlah penguasa disini. Dulu tempat ini damai. Tapi kehadiran kalian merusak segalanya. Kalian ialah perampok negeri kami. Pergi!!!”, balasan kelinci

“ itu tidak benar, Ayahku menjaga keamanan wilayah ini demi kalian”, balasan Tio.

“ Apa??? Menjaga keamanan??? Hahaha, yang benar saja! Ayahmu spesialuntuk peduli dengan keserakahan. Apakah pernah kamu tau apa yang dilakukan ibu-ibumu setiap hari??”, sahut jerapah.

“tentu, Ibu-ibuku setiap hari bekerja, sedangkan ayah menjaga keamanan wilayah. Pekerjaan yang sangat hebat bukan???”, terang Dayu.

“Ibumu setiap hari memburu, membunuh, dan memakan kami. Itukah yang kamu bilang hebat??? Penguasa macam apa keamanan ibarat apa yang ayahmu cipatakan. Jelaskan padamu. Keamanan macam apa, jikalau setiap harinya merasa tidak tenang. Coba kamu jelaskan!!!”, ungkap serli sambil menangis, si anak rusa yang semenjak dari tadi terdiam.

“Hei, hati- hati bicaramu, jikalau kamu ingin selamat”, tangkas sulung.

“kakak, tidakboleh menakuti mereka. Kita ingin berkawan bukan mencari musuh”, ucap Dayu kepada sulung.

“kau siapa, kenapa kamu berbicara ibarat itu”, tanya serli kepada anak rusa dengan lembut.

“aku serli, saya anak rusa. Ketika ibuku pergi mencari makan untukku, ia tak pernah kembali. Aku mencarinya sepanjang hari tapi saya tak pernah menemukannya. Sampai pada suatu hari, terdengar kabar bahwa ibu sudah ditemukan, namun ketika saya kesana, saya spesialuntuk melihat jasad ibuku yang tak berdaya. Tubuhnya penuh luka bahkan tanduknya mengilang. Para tetua bilang bahkan itu ialah ulah singa. Itu ulah keluargamu. Apa kamu dengar?? Jelas serli kepada anak- anak singa.

“ kamu niscaya salah paham, kami tidak memburu kalian. Kalian ialah kawan. Percayalah”, balasan Tio.

“Kau bohong, kemudian apa yang terjadi dengan Ibuku dan saudara- saudaraku yang lain??? Kau tidak tau apa yang saya rasakan. Setiap hari saya ketakukan. Pergi kamu dasar anak singa”, ucap serli kesal.

Seketika itupun serli dan kawan- mitra pergi meninggalkan anak- anak singa.

“hei, hei, tunggu, mau kemana kalian??? Bukankah kita akan bermain??? Hei!!!”, panggil Dayu.

“sudahlah,biarkan mereka pergi. Ayo kita pulang saja”, pinta Sulung.

Ketiga anak singa pun akhirnya kembali pulang, sepanjang perjalanan mereka bercakap-cakap kisah yang dialami oleh Ibu serli.

“kakak, apakah benar Ibu membunuh Ibu serli???”, tanya Dayu

“aku tidak yakin. Tpi kurasa itu bukan ulah Ibu. Kau ingatkan kalau Ibu bilang ia tidak berburu, tapi mencari hewan- binatang yang sudah mati untuk kita makan”, ungkap Sulung meyakinkan adik-adiknya.

“kau benar kakak, mereka niscaya sudah salah sangka.” Ujar Tio percaya.
Advertisement

Percakapan cukup panjang antara anak- anak singa itu. Ketika di tengah perjalanan, ketiga anak singa menemukan Rusa dengan luka di sekujur tubuhnya serta kepalanya berdarah alasannya ialah kehilangan tanduk. Anak- anak singa itu pun menghampiri Rusa yang tengah di ujung maut.

“bibi, bibi, bibi, kamu kenapa? Kau baik- baik saja???” tanya Dayu.

“Sulung dan Tio berlarian mencari pertolongan, “tolong...tolong...tolong...”

Dan segerombolan binatang – binatang pun hadir.

“hey, anak- anak singa. Apa yang kamu lakukan?? Apakah ini perintah ayahmu??? Kau membunuh rusa yang tidak bersalah”, tuduh kiro si gajah.

“bukan paman, kamu salah paham. Aku menemukan bibi ini sudah ibarat ini. Lihat ini paman. Bibi masih hidup. Tanyakan padanya jikalau kamu tidak percaya”, terang Dayu.

“Rubi, apa yang terjadi padamu??? Katakan???”, Tanya Kiro kepada rusa yang terluka itu.

“Dia benar kiro. Anak- anak singa ini tidak bersalah. Pemburu- pemburu itu yang melaksanakan ini padaku. Untung saja Raja singa itu segera hadir. Kalau tidak saya sudah mati. Aku cukup terluka dengan peluru- peluru mereka”, terang Rubi.

“oke, kamu diamlah. Aku akan membawamu ke tabib Sukui si jerapah yang populer ampuh. Ayo tiruananya bubar”, balasan Kiro.

Sesudah menolong Rubi yang terluka, penghuni padang rumput berbondong-bondong menuju singgasana Raja singa. Mereka mendiskusikan duduk kasus yang terjadi.

“ada duduk kasus apa kalian ramai-ramai ke mari???” tanya Romi si Raja Singa

“Wahai Raja Singa, kenapa kamu tak bilang kalau ada pemburu di wilayah kita??? Tiga masyarakat sudah terbunuh. Kami kira itu ialah ulahmu. “, ungkap Kiro

“Benar, Sudah satu pekan ini wilayah kita dimasuki pemburu. Aku tidak mengatakannya alasannya ialah saya tidak ingin kalian risau. Aku dan istri – istriku sudah berjanji menjaga kalian. Namun, pemburu-pemburu itu tetap saja hadir dengan peralatan-peralatan yang makin canggih.”, terang Romi.

“kalau begitu, kami akan memmenolongmu untuk menangkap pemburu- pemburu itu, terang Kiro.

“Ya benar, kami akan memmenolongmu”, sahut hewan-hewan lain.

“aku tidak ingin melibatkan kalian. Keamanan wilayah ini ialah tanggung jawabanku”, ungkap Romi dengan gagah

“tapi Ayah, mereka benar. Jika kita bersama-sama kita akan menangkap pemburu-pemburu itu dan membuat mereka jera”, ungkap Sulung.

“dengarlah Raja Singa. Anakmu benar”, ungkap Kiro

“baiklah jikalau begitu, mari kita atur strategi”, Romi menyetujui.

Dan akhirnnya mereka mengatur taktik untuk menangkap para pemburu itu.

Suatu hari, kelompok pemburu-pemburu itu hadir. Kehadiran mereka diketahui pertama kali oleh jerapah, sesuai dengan strategi, jerapa membuat suara-suara yang ialah sinyal bagi yang lainnya. Hewan- binatang yang lain saling bersiap. Kali ini Kiro yang akan menjadi umpan. Para binatang yakin pemburu-pemburu itu akan mengambil gading yang dimiliki kiro.

Pemburu1: hey, hey, lihat ada gajah.

Pemburu2: wah, hari ini benar-benar keberuntngan bagi kita. Kita akan mengambil gadingnya buka??? Kolektur itu niscaya akan membayar mahal.

Pemburu1: iya kamu benar, dan saya akan berlibur ke Dubai setelah pembayaran lunas.

Pemburu2: sudah tidakboleh mencakupk. Nanti gajah kita kabur. Ayo serius bekerja.

Para pemburu itu tidak sadar kalau gotong royong yang sedang diintai ialah dirinya. Para binatang sudah bersiap dengan jaringnya. Ketika para pemburu itu makin bersahabat dengan si Kiro, dan haaap, jaringpun dilepaskan. Para pemburu itu gelagapan apa yang terjadi dengan mereka.

Pemburu1: hey apa ini. Kenapa kita tersangkut jaring???

Pemburu2: saya juga tidak tahu. Apa mungin ada pemburu lain yang akan menangkap binatang – binatang ini???

Tiba-tiba, terdengar auman singa. Singa dan gerombolan binatang mengelilingi pemburu yang tersangku jaring. Para pemburu itu bergetar ketakutan.

Raja Singa: aaauuummm,, hey manusia. mengapa kamu membunuh saudara-sauadaraku???

Pemburu1: a..a..aku spesialuntuk ingin mengambil tanduknya saja.

Raja singa: auuumm,dasar kamu insan tidak mempunyai rasa belas kasihan. Kami juga punya hak untuk hidup. Keserakahanmu menciptakanmu buta. Kau tidak memperhatikan nasib kami. Apa kamu ingin menjadi makananku??

Pemburu2: ti..ti. tidak Raja Singa. Kami spesialuntuk disuruh, sungguh maafkan kami. Daging kami tidak enak, kami sudah banyak membunuh saudara-saudaramu terbunuh, maafkan kami.

Raja Singa: Kau ini insan yang mempunyai akal, seharusnya kamu ini ikut melestarikan kami. Katakan pada atasanmu dan manusia-manusia lain untuk tidak mengambil secara paksa, gading, tanduk dari saudara-saudara kami. Biarkan kami hidup bebas.

Pemburu1: baik kami janji

Raja singa: apa kamu bisa memegang janjimu?

Pemburu2: te..tentuuu

Raja singa: aaaaummm, lepaskan dia.

Kiro: tapi Raja, bagaimana kalau mereka berbohong

Raja Singa: mereka akan menanggung akibatnya.

Akhirya para pemburu itu dilepaskan oleh kawanan hewan. Pemburu-pemburu itu lari terbirit-birit.

Waktu sudah silam, meski tidak ada lagi pemburu, para binatang tetap saling kompak berjaga menjaga keamanan wilayah mereka, dan akhirnya mereka hidup tenang tanpa pemburu.

Pesan moral yang ingin disampaikan. melaluiataubersamaini kebersamaan dan rasa saling percaya maka kita bisa mengusir orang-orang yang ingin mengambil kekayaan wilayah. Saling tolong menlong dan salinng pundak membahu menjaga keamanan wilayah ialah kiprah bersama.