Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Pola Kerangka Karangan, Dan Cara Membuatnya

Pengertian, misal Kerangka Karangan, dan Teknik Membuatnya - Kerangka atau outline yaitu suatu rencana yang memuat garis-garis besar dari suatu susunan yang akan dibentuk dan meliputi rangkaian wangsit yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. Sedangkan karangan yaitu sebuah karya tulis yang dipakai untuk memberikan suatu gagasan kepada pembaca.

Makara kerangka karangan yaitu suatu suatu rencana atau rancangan yang memuat garis besar atau wangsit suatu kaya tulis yang disusun dengan sistematis dan terstruktur.

 

Fungsi atau Manfaat Kerangka Karangan


1. Untuk megampangkan penulisan sebuah karya tulis biar menjadi lebih sistematis dan rapih.
2. Untuk mencegah penulis keluar dari wangsit awal yang akan dibahas dalam suatu karangan yang akan digarap.
3. Untuk mencegah penulis mengulas suatu wangsit atau topik bahasan yang sudah dibahas sebelumnya.
4. Untuk megampangkan penulis mencari informasi pendukung suatu karangan yang berupa data atau fakta.
5. Untuk memmenolong penulis menyebarkan ide-ide yang akan ditulis di dalam suatu karangan biar karangan menjadi lebih variatif dan menarikdanunik.

 

Teknik Membuat Kerangka Karangan


Adapun cara membuat kerangka suatu karangan yaitu sebagai diberikut:

1. Merumuskan tema dan menetukan judul suatu karangan

Sebelum membuat karangan, tentukanlah lampau tema karangan yang akan dibuat. Tema ini yang akan mempengaruhi seluruh isi dari karangan yang akan dibuat. Pilihlah tema-tema yang sedang hangat atau tema yang menjadi kesenangan Anda. Hal ini akan sangat membatu untuk menyebarkan karangan.

Sesudah mendaptkan tema, tentukan juga judul karangan yang akan dibuat. Usahakan membuat judul yang singkat dan menarikdanunik pembaca untuk membaca karangan tersebut.

2. Mengumpulkan bahan

Sesudah mendapat tema, yang harus dilakukan yaitu mengumpulkan materi pendukung yang berupa topik-topik yang bekerjasama dengan tema untuk dikembangkan menjadi sebuah karangan. Topik-topik tersebut antara lain, pengertian, tujuan, jenis, contoh, dan lain-lain.  Catatlah tiruana topik yang terlintas di dalam pikiran untuk megampangkan penseleksian materi atau topik.

3. Menseleksi bahan

Sesudah mendapat topik, seleksilah topik-topik tersebut yang sesuai dengan tema karangan dan penting. Hindari mengulas topik-topik yang tidak penting untuk di bahas.

4. Mengembangkan kerangka karangan

Jika sudah mendapat tema, judul dan topik, buatlah karangan yang utuh dengan cara menyebarkan kerangka karangan yang sudah dibuat. Perluas topik-topik yang sudah ditentukan pada kerangka dan usahakan tidakboleh mengulas topik yang tidak ada di dalam kerangka karangan.
Advertisement

 

misal Kerangka Karangan


1. Tema    : Kesehatan
Judul    : Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan

2. Definisi

2.1 Pengertian pulas cukup

3. Dampak Kurang pulas

3.1 Kurang pulas sanggup menyebabkan tergangunya konsentarsi
3.2 Kurang pulas praktis terjangkit penyakit
3.3 Kurang pulas sanggup mempengaruhi emosi

4. Manfaat pulas cukup

4.1 Meningkatkan serius
4.2 Meningkatkan daya tahan tubuh
4.3 Meningkatkan energi

5. Tips biar pulas nyenyak

5.1 Berolahraga
5.2 Membuat jadwal pulas
5.3 Jangan mengkonsumsi kuliner berat sebelum pulas

 

misal Pengembangan Kerangka Karangan


Manfaat pulas cukup bagi kesehatan

Tidur yaitu suatu ativitas dimana seluruh badan sedang berada dalam keadaan istirahat total. Menurut para ahli, insan membutuhkan pulas yang cukup yaitu sekitar 6 hingga 8 jam setiap hari. Lamanya waktu tersebut tidak sanggup dicicil, dengan kata lain waktu 6 hingga 8 jam yaitu waktu sekali pulas.

Ada beberapa dampak jelek yang disebabkan kalau kita tidak mendapat pulas yang cukup. Dampak-dampak tersebut sangat kuat bagi kesehatan kita, diantaranya yaitu kurang pulas sanggup menggangu konsenterasi. Hal ini dikarenakan otak kita mengalami kelelahan sehingga memacu mata dan mempengaruhi badan menjadi lemas dan mengantuk. Hilangnya serius ini sangat berbahaya, terutama bagi mereka yang mengendarai kendaraan bermotor.

Dampak selanjutnya yaitu kurang pulas membuat badan lebih praktis terjangkit penyakit. Hal ini terjadi akhir dari melemahnya sistem imun atau kekebalan badan sehingga penyakit sanggup dengan praktis menyerang. Terlebih lagi, kurang pulas membuat emosi seseorang menjadi terganggu. Biasanya orang yang mengalami belum sempurnanya pulas akan praktis lelah dan cepat marah.

Agar terhindar dari dampak-dampak tersebut, usahkanlah untuk selalu mendapat pulas yang cukup, lantaran badan kita akan mendapat manfaat yang baik, diantaranya yaitu dengan pulas yang cukup, badan akan berkonsentarsi dengan baik lantaran otak mendapat istirahat yang cukup.

Selain itu, pulas yang cukup sanggup meningkatkan daya tahan badan sehingga terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang. Yang terakhir yaitu badan akan mendapat energy yang banyak untuk melaksanakan aktifitas di hari esok.

Demikianlah manfaat dari pulas yang cukup, biar mendapat manfaat-manfaat pulas di atas. Usahakan untuk mendapat pulas yang nyenyak kareana pulas yang cukup dan nyeyak ialah kombinasi yang baik. Berikut ini yaitu tips-tips untuk membuat pulas nyenyak.
yang pertama yaitu berolahraga sebelum pulas, dengan berolahraga badan akan menjadi lelah dan megampangkannya untuk pulas nyenyak. kemudian usahakan untuk membuat jadwal pulas yang teratur biar pulas menjadi suatu kebiasaan yang baik dan yang terakhir tidakboleh makan-makanan yang berat sebelum pulas biar badan tidak kembung.