Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Terbaik

misal Laporan Perjalanan Wisata Terbaik - Laporan perjalanan wisata ialah laporan yang disusun sehabis kegiatan study tour, maupun field trip yang dilaksanakan oleh beberapa sekolah atau universitas. Laporan ini disusun sebagai laporan pertanggungjawabanan sudah mengikuti kegiatan ini. Laporan perjalanan wisata disusun baik secara individual maupun kelompok.

Oleh sebab penyusunan laporan ini diwajibkan sehabis mengikuti perjalanan wisata, maka artikel kali ini akan mempersembahkan teladan laporan perjalanan wisata. Berikut ini ialah contohnya.

misal Laporan Perjalanan Wisata


Bab 1. Penlampauan


1.1 Latar Belakang


Kegiatan study tour yang sudah dilaksanakan ini ialah kegiatan tahunan yang diadakan di Sekolah SMAN 1 Suka Maju. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan seluruh siswa – siswa sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal – hal baru, ibarat daerah – daerah bersejarah, daerah penting, dan sebagai studi banding di sekolah lain.

Kegiatan perjalanan tahun ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 1 sampai 5 Mei 2015, dengan mengunjungi Kota Yogyakarta dan Bandung. 

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun laporan kegiatan perjalanan wisata ini sebagai laporan wacana hal – hal yang sudah didapat selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu dengan laporan kegiatan wisata ini, penulis sanggup membagikan pengalaman – pengalaman dan ilmu yang sudah didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

1.2 Tujuan


Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini ialah :

1. Melaporkan dan mendeskripsikan daerah – daerah wisata yang sudah dikunjungi.
2. Melaporkan hal – hal yang sudah didapatkan selama mengikuti kegiatan ini.


Bab 2. Isi Laporan


2.1 Laporan Perjalanan


Pada tanggal 1 Mei 2015, seluruh siswa – siswi mengikuti pembekalan terakhir sebelum keberangkatan yang dilaksanakan pada pukul 09. 00 wib. Pembekalan itu diisi oleh kepala sekolah yang memberikan hal – hal yang harus dilakukan dan pesan – pesan kepada siswa – siswi yang akan berangkat.

Pada pukul 15. 00 rombongan dipersilakan memasuki bus masing – masing yang sudah ditentukan. Ada sekitar 2 Bus besar yang menampung 80 siswa dan 4 orang guru sebagai pendamping. Sesudah, tiruana hal teknis selesai, bus berangkat menuju pelabuhan merak pada pukul 18. 00 wib. 

Pukul 20. 00 wib, bus menaiki kapal feri untuk menyeberang ke pulau Jawa. Di dalam kapal feri, seluruh siswa memasuki kelas 2 untuk diberistirahat. Sesudah 3 jam perjalanan dari pelabuhan Bakauheni ke Merak, rombongan datang di Banten pada pukul 23. 00. Sesudah itu, bus melanjutkan perjalanannya menuju Bandung sebagai tujuan pertama. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, sehingga rombongan datang di Bandung pada pukul 05. 00 wib. Rombongan menuju Islamic center untuk melakukan solat, memmembersihkankan diri, dan sholat.

Sesudah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Universitas Padjajaran. Di Unpad, rombongan disambut dengan hangat oleh pihak kampus, kemudian dilanjutkan mengikuti jadwal yang sudah dipersiapkan oleh pihak Unpad.  Sesudah menuntaskan kunjungan pertamanya, rombongan menuju Trans Studio Bandung pada pukul 13. 00. Di sana rombongan didiberikan waktu selama 3 jam untuk mengelilingi Trans Studio Bandung. 

Pada pukul 16. 00 rombongan dibawa menuju Cibaduyut untuk membeli oleh – oleh khas Bandung. Sesudah selesai, rombongan kembali melanjutkan perjalanannya menuju kota Yogyakarta dan datang di sana pada pukul 20. 00 wib. Karena hari sudah malam, rombongan menuju hotel untuk menginap.

Keesokan harinya, rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke daerah – daerah wisata yang ada di Yogyakarta, ibarat Taman Pintar, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Jalan – jalan di Malioboro pada malam harinya. Sesudah itu, rombongan diberistirahat di hotel yang sama. 

Hari diberikutnya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Universitas Ahmad Dahlan pada pukul 09. 00 sampai pukul 14. 00. Di sana rombongan mengikuti jadwal yang sudah dipersiapkan oleh pihak kampus. Sesudah itu, rombongan menuju Rumah Bakpia, yaitu daerah membeli bakpia sebagai oleh – oleh pulang.

Pada pukul 16. 00 rombongan kembali pulang ke Bandar Lampung. Kemudian, datang di sekolah pada pukul 07. 00 wib.  Selama perjalanan wisata ini, tiruana hal kondusif dan terkendali.        


Advertisement

2.2 Objek yang Dikunjungi


Objek - objek yang dikunjungi pada perjalanan wisata kali ini berguaka ragam, baik ialah daerah wisata pendidikan, sejarah, maupun hiburan. Di bawah ini ialah deskripsi objek - objek wisata yang dikunjungi selama perjalanan wisata.

2.2.1 Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran ialah sebuah akademi tinggi yang cukup populer di Jawa Barat. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 11 September 1957. 

2.2.2 Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung ialah salah satu wahana permainan indoor yang terbesar di Indonesia. Di dalam wahana ini banyak sekali permainan – permainan baik permainan yang menghibur maupun permainan yang mendidik. Selain itu, di dalam studio ini sering diadakan parade.

2.2.3 Cibaduyut

Cibaduyut ialah pusat Industri sepatu terbesar yang ada di Bandung. Tempat wisata belanja ini memberikan produk – produk buatan Indonesia. Selain itu, daerah wisata belanja ini populer dengan harganya yang sangat murah.

2.2.4 Taman Pintar

Taman Pintar ialah taman umum yang ada di kota Jogjakarta. Disebut dengan taman cerdik sebab di taman ini banyak sekali permainan – permainan yang mengedukasi masyarakat. 

2.2.5 Candi Prambanan

Candi Prambanan ialah kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada tahun 850 M. Komplek ini mempunyai beberapa bangunan candi yang masih utuh yang tingginya menjulang sampai 47 meter.

2.2.6 Keraton Jogjakarta

Keraton Jogjakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ialah istana resmi kesultanan Jogjakarta yang didirikan pada tanggal 1756 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Kini istana tersebut ditempati oleh Sultan Hamengkubuwono IX dan keluarganya.

2.2.7 Malioboro

Malioboro ialah daerah wisata belanja yang populer di Indonesia. Tempat ini menjual banyak sekali macam barang khas Jogja, ibarat bati, dan lain – lain. Tempat wisata ini buka setiap hari, tetapi akan sangat ramai pada malam hari sebab banyak para cowok yang mengunjunginya.

2.2.8 Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan ialah akademi tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyebarkan bidang keahlian atau jadwal studi-program studi dalam bidang teknologi, sosial dan humaniora.

2.2.9 Rumah Bakpia

Rumah Bakpia ialah pusat daerah pembuatan Bakpia, yaitu masakan khas kota Jogjakarta. Tempat ini wajib dikunjungi jikalau berkunjung ke Jogjakarta sebab ialah orisinil daerah produksinya dan juga harganya sangat murah.


Bab 3. Penutup


3. 1 Kesimpulan


Berdasarkan pengalaman yang didapat dari perjalanan wisata ini, sanggup disimpulkan Indonesia mempunyai banyak daerah wisata yang patut dikunjungi, khususnya kota Bandung dan Jogjakarta. Selain mempunyai daerah wisata sebagai hiburan, kota ini juga mempunyai daerah – daerah wisata, pendidikan, dan bersejarah.

3.2 Saran


Karya wisata ini sangat baik untuk dilaksanakan sebab mempunyai manfaat yang cukup banyak. Oleh sebab itu, kegiatan ini sebaiknya terus diadakan dengan mengunjungi daerah – daerah lain yang ada di Indonesia.