Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Laporan Wawancara Singkat Mengenai Kewirausahaan

misal Laporan Wawancara Singkat Mengenai Kewirausahaan - Di bawah ini, ada sebuah pola laporan singkat tentang wawancara kewirausahaan. Semoga bermanfaa.

 

BAB 1 Penlampauan


1.1 Tujuan

Wawancara ini dilakukan untuk membuatkan terkena segala hal tentang kewirausahaan, sehingga sanggup menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan para pelajar.

 

Bab II Isi Laporan


2.1. Narasumber

Tokoh yang menjadi narasumber dalam wawancara ini yaitu salah satu ketua umum Himpunan Pengusaha Muda dan Sukses Indonesia (HPMSI), Bapak Chairul Azwar, M. Pd.

2.2. Waktu

Wawancara ini dilakukan pada :

Hari : Jum’at
Tanggal : 22 Mei 2015
Pukul : 17. 00 WIB

2.3. Tempat

Wawancara ini dilaksanakan di kantor sentra Himpunan Pengusaha Muda dan Sukses Indonesia (HPMSI), cabang Lampung, di jalan Sultan Badarudin II, no. 7, Bandar Lampung.

2.4. Pewawancara

Wawancara ini dilakukan oleh team yang terdiri dari :

Pewawancara : Ario Wiguna
Pencatat : Dewi Safitri

2.5. Transkip Hasil Wawancara

Pewawancara : Selamat sore pak, kami dari mahasiswa Unila mohon izin untuk meminta waktu bapak untuk sanggup diwawancarai.

Narasumber : Selamat sore, oke silahkan!

Pewawancara : Menurut Bapak apa sih wirausaha itu dan kenapa kita perlu berwirausaha ?

Narasumber : Wirausaha yaitu suatu perjuangan yang dilakukan oleh diri sendiri dengan cara mengidentifikasi peluang sehingga menghasilkan sebuah perjuangan yang sanggup menghasilkan sesuatu. Berwirausaha sangat penting dilakukan sebab dengan berwirausaha kita sanggup mencukupi kebutuhan hidup kita maupun orang lain di sekitar kita. melaluiataubersamaini menjadi seorang wirausahawan kita juga sanggup menjadi seorang yang baik sebab untuk menjadi orang yang baik, tentunya kita sanggup menolong orang lain. Oleh sebab itu, dengan berwirausaha kita sanggup menolong orang – orang yang membutuhkan dukungan kita.

Pewawancara : Bagaimanasih menumbuhkan jiwa wirausaha di dalam diri kita ?

Narasumber : Jiwa wirausaha harus ditumbuhkan semenjak dini yaitu dengan cara bergaul dengan orang – orang yang memang mempunyai latar belakang sebagai pengusaha. Disamping itu, menumbuhkan jiwa wirausaha juga sanggup dilakukan sendiri dengan cara membaca – membaca buku dan mengikuti seminar tentang kewirausahaan.

Pewawancara : Menurut Bapak, mengapa kita perlu mencar ilmu berwirausaha bukannya lebih baik kalau kita pribadi saja terjun ke dunia ini ?

Narasumber : Tentunya sangat perlu sebab segala sesuatu kita niscaya membutuhkan perbekalan. Nah, dengan mengetahui tehnik, manajemen, pemamasukan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan wirausaha kita sanggup menjadi lebih siap, sehingga kita sanggup terhindar dari kebangkrutan. Kita tidak sanggup memula suatu bisnis tanpa adanya persiapan, kalaupun tetap dilakukan saya yakin perjuangan tersebut akan menjadi bangkrut.
Advertisement

Pewawancara : Bagaimanasih cara kita memulai suatu perjuangan ?

Narasumber : Pertama – tama kita harus melaksanakan research tentang peluang suatu usaha. melaluiataubersamaini cara mencari tahu apa yang sedang diharapkan oleh masyarakat ketika ini, tetapi susah untuk didapatkan. Sesudah itu, siapkan segala sesuatunya dan jalani perjuangan tersebut dengan ulet dan tidakboleh cepat berputus asa. Jika gagal, cari terus peluang perjuangan yang menjanjikan sebab kegagalan yaitu kawannya para pengusaha.

Pewawancara : Dalam menjalani perjuangan kita, bisakah Bapak mempersembahkan tips dan trik biar perjuangan kita sanggup maju ?

Narasumber : Jika menjalani perjuangan hal pertama yang harus kita perhatikan yaitu pemamasukannya. Kita harus membuat promosi yang sangat anggun terkena barang yang kita jual sehingga produk kita sanggup terkena hati para konsumen. Sesudah itu, kita harus memperhatikan kualitas produk yang kita jual, dan yang terakhir sebagai seorang wirausaha, konsumen yaitu raja. Oleh sebab itu, perlakukan konsumen kita dengan sangat baik.

Pewawancara : Baiklah saya rasa cukup hingga di sini, Terimakasih Bapak atas waktu dan ilmu yang sudah Bapak diberikan kepada kami, semoga perjuangan yang Bapak jalani sukses.

Narasumber : Aminn. Terimakasih kembali.

2.6 Analisis Hasil Wawancara

Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Chairul Azwar, M. Pd, sanggup kita ketahui bahwa wirausaha yaitu suatu perjuangan yang dilakukan oleh diri sendiri yang sanggup menghasilkan sesuatu. Wirausaha sangat penting dilakukan, sebab dengan wirausaha kita sanggup memenuhi kebutuhan hidup kita maupun orang – orang di sekitar kita. Ketika ingin memulai suatu usaha, kita harus mempelajari seluk beluk wirausaha itu biar kita terhindar dari wawancara. Bapak Chairul Azwar, M. Pd. juga membagikan tips dan triknya dalam berwirausaha yaitu dengan memperhatikan promo, kualitas produk, dan pelayanan kepada konsumennya.

 

Bab III Penutup


3.1 Kesimpulan

Sesudah wawancara dilakukan, sanggup disimpulkan bahwa jiwa wirausaha harus ditanam semenjak dini biar kita menjadi pengusaha yang sukses dan tidak simpel meyerah, sehingga perjuangan yang kita lakukan sanggup berhasil. Terlebih lagi, sebelum melaksanakan suatu usaha, hendaknya kita mempelajari terlebih lampau tentang taktik – taktik dan cara berwirausaha.

3.2 Saran

Sesudah wawancara ini dilakukan, penulis menyarankan untuk tiruana orang yang ingin kebutuhan hidup diri dan keluarganya sanggup terpenuhi, maka berwirausahalah.