Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Paragraf Titik Puncak Dan Antiklimaks Lengkap

misal Paragraf Klimaks dan Antititikpuncak - Paragraf ialah kumpulan kalimat yang mempunyai gagasan utama atau topik utama yang padu. Agar menjadi sebuah paragraf yang baik, kalimat – kalimat tersebut perlu dikembangkan gagasan utamanya.

Pengembangan paragraf tersebut ialah cara memperinci atau mengurutkan gagasan utama ke dalam gagasan-gagasan penjelas dan gagasan penjelas ke dalam gagasan-gagasan penjelas lainnya.

Berdasarkan tehnik pengembangannya, paragraf dibedakan menjadi dua jenis paragraf yaitu paragraf titikpuncak dan anti titikpuncak.

 

1. Paragraf Klimaks


Paragraf titikpuncak ialah suatu paragraf yang dikembangkan dengan cara menyajikan gagasan – gagasan yang kedudukannya lebih rendah terlebih lampau, kemudian diperinci dengan gagasan-gagasan lain yang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi. melaluiataubersamaini kata lain, paragraf ini diawali dengan suatu gagasan yang rendah kemudian diakhiri dengan gagasan yang lebih tinggi.

misal:

Ada beberapa tahapan pendidikan yang harus dilalui oleh para pelajar di Indonesia. Tahapan pertama yang harus dilewati ialah taman kanak-kanak (TK). Pada tingkatan ini, mereka mencar ilmu hal-hal yang sederhana ibarat membaca dan menulis selama satu tahun. Sesudah itu, mereka memasuki tahapan SD (SD) selama 6 tahun. Di tahapan ini mereka mulai mempelajari membaca dan menghitung yang lebih rumit ibarat perkalian dan pertolongan. Sesudah menghabisi waktu 6 tahun di SD, mereka melanjutkan tingkat pendidikannya di sekolah menengah pertama (SMP). Di tahapan ini mereka menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk mempelajari hal yang lebih kompleks dari sekedar membaca dan menghitung. Mereka juga mendapat pelajaran-pelajaran lain ibarat ilmu alam dan ilmu sosial. Kemudian, mereka akan memasuki tahapan SMA, sama ibarat Sekolah Menengah Pertama mereka menghabiskan waktu selama 3 tahun. Di tahapan ini mereka sudah mempunyai kemampuan analisa yang lebih baik. Sesudah lulus dari SMA, mereka masuk ke dunia kampus. Lama masa study di kampus ini tidak sama-beda sesuai dengan kemapuan mereka masing-masing. Di kampus ini mereka sudah terserius dalam satu bidang keilmuan saja dan sehabis selesai, barulah mereka menjadi seorang sarjana.

Gagasan utama paragraf di atas ialah beberapa tingkatan pendidikan yang harus dilalui sebelum mendapat gelar sarjana. Gagasan utama tersebut dikembangkan atau diperinci dari tahapan yang paling rendah ibarat TK, SD, SMP, SMA, kemudian kuliah. Gagasan-gagasan tingkat rendah tersebut didukung oleh gagasan-gagasan penjelas lainnya dan kemudian diakhiri dengan gagasan yang lebih tinggi kedudukannya.
Advertisement

 

2. Paragraf Antititikpuncak


Paragraf antititikpuncak ialah suatu paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara memperinci lampau gagasan-gagasan yang dianggap mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dan kemudian diakhiri dengan gagasan-gagasan yang kedudukannya dianggap rendah. melaluiataubersamaini kata lain, paragraf ini diawali dengan gagasan yang kedudukannya lebih tinggi dan diakhir dengan gagasan yang lebih rendah.

misal:

Hari kemerdekaan Indonesia dirayakan di seluruh penjuru Indonesia. Di kota-kota besar, orang-orang merayakannya dengan hal-hal yang sangat glamor dan meriah. Mereka biasanya mengadakan pertunjukan musik, pertunjukan kembang api, dan perhelatan akbar lainnya. Sedangkan, di daerah-daerah kabupaten atau kota lainnya, orang-orang biasanya mengadakan perlombaan tingkat kota atau kabupaten dan kemudian diakhiri dengan pertunjukan musik lokal. Tak spesialuntuk di kota atau di tempat lainnya, desa juga ikut merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Meskipun tak semewah perayaan di kota besar dan tempat lainnya, perayaan hari kemerdekaan di sini juga tak kalah meriah. Mereka akan mengadakan perlombaan ibarat balap karung, makan kerupuk dan masih banyak lagi. Tak spesialuntuk itu, mereka juga mempercantik desa mereka dengan atribute atau bendera Indonesia.

Gagasan utama paragraf di atas ialah hari kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan meriah di seluruh penjuru Indonesia. Gagasan utama tersebut dikembangkan dengan memperincinya ke dalam gagasan-gagasan yang tingkatannya lebih tinggi yaitu perayaan di kota besar sampai ke gagasan yang lebih rendah kedudukannya yaitu perayaan di desa.

 

misal – misal Paragraf Klimaks dan Antititikpuncak


Paragraf Klimaks

Saat ini alat transportasi sudah mengalami perkembangan yang luar biasa canggihnya. Pada zaman lampau, orang-orang berpergian dengan spesialuntuk berjalan kaki. Mereka berjalan dengan menembus hutan, menyisiri sungai dan menjelajahi gurun untuk mencapai tujuannya yang jauh. Sesudah insan bisa menjinakan binatang, mereka mulai menggunakanya sebagai alat transportasi. Binatang-binatang ibarat kuda, unta, dan keledai menjadi hewan yang berkhasiat pada ketika itu. Namun, penerapan hewan ternyata tidak cukup efisien alasannya ialah spesialuntuk bisa menampung dua atau tiga orang saja. Sesudah ditemukannya roda, insan mulai bisa berpergian dengan beramai-ramai. Mereka membuat gerobak dan kereta yang ditarik oleh binatang-binatang tersebut. Penemuan roda tersebut, menjadi awal perkembangan alat tarnsportasi ke arah yang lebih modern. Manusia mulai membuat kendaraan yang digerakan oleh mesin-mesin dan bahkan sekarang mereka sudah membuat pesawat dan kapal maritim yang bisa membawa mereka ke tempat tujuannya dengan sangat cepat dan gampang.

Paragraf Antititikpuncak

Sebelum terciptanya Negara Indonesia, negeri kita ini mengalami beberapa masa yang dianggap penting dalam perjalanan sejarahnya. Yang pertama ialah masa penjajahan Jepang. Negeri kita ketika itu, harus tunduk dibawah kekuasaan kekaisarn Jepang selama 3.5 tahun. Tetapi sebelum Jepang, kita terlebih lampau dijajah oleh Belanda. Mereka menguasai sumber daya kita selama 3.5 periode lamanya. Inggris juga pernah menguasai Indonesia tetapi kekuasaan mereka tidak bertahan usang alasannya ialah harus menyerahkannya kepada Belanda. Jauh sebelum itu, Indonesia ialah sebuah kepulauan yang terdiri dari kerajaan-kerajaan besar ibarat kerajaan demak, samudera pasai dan lain-lain. Tetapi lebih jauh lagi sebelum kerajaan-kerajaan itu, kerajaan Majapahit lah yang menguasai nusantara ini.