Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Paragraf Esai Perihal Pendidikan Lengkap

misal Paragraf Esai Tentang Pendidikan - Essai yaitu sebuah goresan pena yang ialah opini penulis wacana suatu permasalahan yang sedang hangat - hangatnya terjadi. Tulisan ini ialah adonan dari fakta dengan imajinasi, pendapat atau perasaan penulis. 

Essay yang baik yaitu essay yag berbobot. melaluiataubersamaini kata lain, goresan pena ini mempunyai kemampuan untuk memmenolong pembacanya memahami problem yang sedang berlangsung. Berikut ini yaitu teladan essay wacana pendidikan.

Mungkinkah Pendidikan Menjadi Gratis

Saat ini aneka macam para calon pemimpin, baik pemimpin tempat maupun pemimpin sentra yang menggadang – gadangkan akan mempersembahkan pendidikan gratis bagi para masyrakatnya. Mereka berjanji kalau mereka terpilih, mereka akan mempersembahkan pendidikan layak secara gratis. Akan tetapi, di lapangan wacana pendidikan gratis ini sangat tidak mungkin untuk dilaksanakan lantaran tidaklah tepat. Wacana ini akan menemukan beberapa permasalahan yang akan terjadi di lapangan kalau tetap dilakuakn. Berikut ini yaitu beberapa paragraf yang mengemukakan alasan mengapa pendidikan gratis tidaklah sempurna untuk dilaksanakan di negeri ini.

Alasan yang pertama adalah, kata gratis dalam wacana tersebut mengindikasikan bahwa tidak ada sepeser pun biaya yang harus dikeluarkan. Namun nyatanya, di sekolah tetap saja ada pungutan. Para siswa tetap akan dikenai biaya menyerupai membeli baju olahraga, seragam, dan keperluan sekolah lainnya. Hal ini dikarenakan menolongan yang didiberikan spesialuntuk menolongan operasioanl saja, menyerupai biaya listrik, air, buku – buku pelajaran, dan lain – lain. Itupun tidaklah cukup karna sekolah juga membutuhkan biaya operasional yang harus dikeluarakan setiap harinya seperti, biaya fotokopi, spidol, dan lain – lain. Sehingga sekolah niscaya akan tetap menarikdanunik bayaran kepada siswanya. Oleh alasannya yaitu itu, kata gratis dalam wacana ini tidaklah sempurna dan tak lebih spesialuntuk sebagai komplemen saja. 

Alasan yang kedua adalah, Jika digratiskan sekalipun, para pelajar tidak akan mempunyai rasa tanggung jawaban. Mereka akan seenaknya saja bersekolah lantaran mereka pikir sekolah tidak memerlukan pengorbanan sedikit pun. Akan tetapi, kalau membayar para siswa akan mempunyai tanggung tanggapan yang sangat tinggi untuk belajar. Mereka akan fokus mengikuti pelajaran di sekolah. lantaran mereka akan berpikir, kalau mereka tidak fokus dalam belajar, maka mereka akan merugi.

Selanjutnya, Jika pemerintah tetap berkomitmen dengan waacana pendidikan grartis, berarti pemerintah akan mengucurkan dana yang besar. Akan tetapi, yang menjadi permasalahan di sisni bukanlah besarnaya dana itu, melainkan proses pencairan dana yang akan menjadikan beberapa permasalahan. Seperti yang sudah diketahui bahwa Pencairan dana biasanya dilaksanakan di pemerintah pusat, sehingga untuk mencapai sekolah dana itu harus melewati beberapa post terlebih lampau. Hal inilah yang akan membuat peluang – peluang kejahatan. Akan ada oknum – oknum yang memotong dana tersebut dengan alasan biaya administrasi. Akibatnya dana yang hingga di sekolah tidak lagi utuh menyerupai awalnya.

Terlebih lagi, pencairan dana ini akan terjadi dengan sangat lama. Bahkan membutuhkan waktu berbulan – bulan hingga hingga ke sekolah. Padahal, sekolah sangat membutuhkan biaya – biaya tersebut untuk membiayai keperluan opersional sekolah yang harus segera di bayar. Akibatnya, sekolah – sekolah tidak bisa berjalan dengan optimal. misalnya, kalau ketiadaan spidol, ataupun fotokopi mereka niscaya meminta dana kepada anakdidik san ujung – ujungnya mereka tetap membayar juga.

Berdasarkan alasan – alasan yang sudah dijabarkan di atas, sanggup disimpulkan bahwa pendidikan gratis spesialuntuklah kesepakatan – kesepakatan belaka lantaran tidak mungkin untk dilaksanakan dan kalau dilaksanakan pun akan tidak efektif. Hal ini  dikarenakan beberapa hal diantarany, dana yang didiberikan pemerintah tidak akan cukup, membuat siswa menjadi tidak bertanggung jawaban, dan prosesnya yang usang dan susah. Oleh lantaran itu, wacana pendidikan gratis lebih sempurna dan masuk nalar kalau diganti dengan pendidikan murah.
Advertisement

Menanamkan Pendidkan Karakter

Dewasa ini, kehidupan remaja sudah melenceng sangat jauh dari norma – norma yang ada. Banyak sikap mereka yang tidak baik seperti, seks bebas, narkoba, dan lain – lain. Perilaku – sikap tersebut timbul dikarenakan tidak adanya huruf pada remaja. Ketiadaan huruf yang ada ketika ini dikarenakan kurangnya pendidikan huruf yang didiberikan di sekolah. Oleh lantaran itu, penulis beropini bahwa pendidikan huruf di sekolah sangatlah penting. Pendidikan ini mempunyai beberapa manfaat bagi para remaja. Agar lebih kongkret, di bawah ini yaitu 2 paragraf yang akan mamaparkan wacana pentingnya pendididikan karakter.

Manfaat yang pertama yaitu pendidikan huruf akan membentuk sikap individu yang baik. Hal ini dikarenakan mereka akan dididik tidak spesialuntuk dengan ilmu – ilmu dunia saja, akan tetapi mereka juga dididik wacana sikap – sikap yang baik. Jika mereka mendapat pendidikan itu semenjak dini di sekolah, maka perilkau tersebut akan terus tertanam hingga mereka dewasa. Akibatnya, mereka akan menjadi remaja yang bependidikan dan juga bermoral.

Manfaat yang kedua yaitu pendidikan huruf akan membuat individu – individu yang berpengaruh mental. Mereka akan siap terjun ke dunia masyrakat sehingga mereka tidak praktis untuk frustasi menghadapi dunia yang keras ini. Remaja – remaja yang mempunyai mental yang kuat, niscaya akan mempunyai percaya diri yang besar. Alhasil, mereka akan praktis mencapai kesuksesan. 

Oleh lantaran itu, pendidikan huruf sangatlah penting untuk diterapkan di sekolah. hal ini dikarenakan pendidikan huruf mempersembahkan manfaat, diantaranya yaitu membuat sikap yang bermoral, dan membuat remaja yang bermental baja.