Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap

misal Paragraf Induktif Analogi Lengkap - Paragraf induktif analogi ialah paragraf yang dikembangkan dengan memakai teladan induktif, yaitu pengembangan paragraf yang memaparkan suatu hal - hal khusus terlebih lampau, kemudian pada bab final disimpulkan dalam bentuk suatu kesimpulan yang umum. Paragraf ini memberikan gagasan utamanya dengan cara membandingkan dua hal yang tidak sama yang mempunyai banyak kesamaan. Persamaan – persamaan itu kemudian akan disimpulkan ke dalam satu kesimpulan umum.

misal Paragraf analogi antara roda dan kehidupan

Roda selalu berputar. Kadang sisi yang di atas menjadi di bawah dan kadang sisi yang di bawah akan berada di atas. Perputarannya pun tak dapat diprediksi, kadang perputarannya cepat dan ada kalanya berputar sangat lama. Begitu juga dengan kehidupan di dunia ini. Kadang kita berada di ketika – ketika yang sangat senang dan kadang pula kita berada di masa – masa susah. Jika kita sedang merasa bahagai berarti kita sedang berada di atas, tetapi tidakbolehlah lupa daratan lantaran sewaktu – waktu kehidupan akan berputar kembali dan menempatkan kita pada posisi yang susah. Begitu juga bila kita sedang berada di posisi yang sangat rendah, tidakbolehlah merasa frustasi atau kecewa, yakinlah bahwa kita akan bergeser dari posisi tersebut. Tetapi, berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Oleh lantaran itu, Kehidupan di dunia ini sama menyerupai perputaran roda yang akan terus berputar.

misal paragraf analogi antara warna dan manusia

Di dunia ini aneka macam warna yang tidak sama – beda. Warna – warna tersebut bersatu padu untuk menghiasi dunia ini menjadi sangat indah. Jika mereka dipisahkan, maka keindahan tersebut tidak akan tercipta lantaran akan terjadi kemonotonan warna. Hal ini sama juga dengan manusia. Kita diciptakan oleh Tuhan dengan tidak sama – beda, baik bangsa, bahasa maupun warna kulit. Tetapi perbedaan ini bukanlah suatu yang harus diperdebatkan lantaran gotong royong perbedaan itu sangatlah indah dan perbedaan inilah yang memdiberi warna bagi kehidupan ini. Coba bayangkan bila di dunia ini tiruana insan mempunyai ciri – ciri fisik yang sama, tentunya dunia akan menjadi masbodoh tanpa suasana. Oleh lantaran itu, jangalah memandang perbedaan sebagai suatu hal yang guah lantaran gotong royong perbedaan itu membuat sesuatu yang indah.
Advertisement

misal paragraf analogi antara rayap dan koruptor

Rayap ialah hewan yang sangat merugikan bagi manusia. Mereka selalu menggerogoti perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Mereka selalu memakan barang – barang tanpa henti dan rakus sampai habis tanpa tersisa. Begitu juga dengan para koruptor yang ada di negeri ini. Mereka tak lebih dari seujung rayap yang selalu menggerogoti uang rakyat, tanpa memikirkan akibatnya. Para koruptor ini tak memperdulikan rakyat yang sudah memilihnya. Mereka lebih mementingkan perut mereka sendiri dan kelompoknya. Oleh lantaran itu, para koruptor tak lebih dari seujung hewan yang sangat kejam dan kotor.

misal paragraf analogi antara anak insan dan anak burung

Seujung anak burung tidak dapat lepas dari induknya ketika mereka gres menetas. Mereka akan selalu di rawat oleh induknya. Bahkan untuk makan pun mereka selalu disuap. Induk mereka tak akan pernah berhenti mempersembahkan kasih akungnya kepadanya. Namun, ketika mereka sudah dapat terbang, mereka akan meninggalkan masukangnya untuk mencari kehidupannya sendiri. Hal ini juga sama dengan kehidupan anak manusia. Ketika kecil, kita selalu bergantung dengan orang tua. Mereka selalu mempersembahkan kasih akungnya yang tak terhingga sampai kita dewasa. Kita akan terlepas dari tanggungan orang bau tanah kita dan mencari kehidupan kita sendiri. Akan tetapi, tidakbolehlah menyerupai anak burung yang tidak akan kembali lagi kepada Induknya. Kita harus selalu mengingat jasa – jasa yang sudah mereka diberikan kepada kita. Oleh lantaran itu, kehidupan seorang anak insan sama halnya dengan kehidupan anak burung yang selalu tergantung kepada induknya.     

misal paragraf analogi antara kasih akung ibu dengan matahari

Matahari tak pernah berhenti mempersembahkan kehidupan kepada tiruana makhluk hidup di bumi ini. Dia selalu menyinari dunia ini, bahkan dunia pun tidak akan dapat terus berlangsung tanpa adanya matahari. Begitu juga dengan kasih akung seorang ibu yang tak pernah habis untuk anak – anaknya. Ibu selalu merawat kita sampai kita tumbuh dewasa, tanpa kasih akung seorang ibu kita tak mungkin dapat hidup di dunia ini. melaluiataubersamaini kasih akung seorang ibu juga, kita akan tumbuh menajadi pribadi yang kuat. Oleh lantaran itu, kasih akung seorang ibu menyerupai sebuah matahari yang tak pernah berhenti menyinari dunia ini.