Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pola Inspirasi Pokok Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, Deskripsi, Narasi, Persuasi, Argumentasi, Eksposisi

misal misal Ide Pokok Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, Deskripsi, Narasi, Persuasi, Argumentasi, Eksposisi - Ide pokok atau topik utama yaitu gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. melaluiataubersamaini kata lain, inspirasi pokok yaitu unsur pembangun utama dari sebuah paragaraf yang kemudian dikembangkan menjadi inspirasi – inspirasi penjelas sehingga terbentuklah suatu paragraf yang utuh.

Ide pokok di dalam sebuah paragraf tersirat atau tersurat pada kalimat utama yang biasanya terletak pada bab awal, akhir, atau awal dan tamat paragraf. Kalimat yang mengandung inspirasi pokok tersebut disebut dengan kalimat utama, sementara itu, kalimat yang mengandung inspirasi penjelas disebut dengan kalimat pendukung.

 

Ciri – Ciri Ide Pokok


1. Membicarakan hal yang umum atau luas sehingga bisa dikembangan kembali.
2. Merupakan inti sebuah paragraf sehingga dibicarakan atau dibahas pada setiap bab kalimat baik secara tertulis maupun tersirat.
3. Memiliki pendukung atau penguat berupa alasan, contoh, atau opini pada kalimat penjelas.

 

Teknik Menemukan Ide Pokok


Untuk menemukan inspirasi pokok di dalam sebuah paragraf, hal pertama yang harus dilakukan adalah:

1. Membaca tiruana paragraf dengan jelas.
2. Menemukan kalimat utama.
3. Menemukan inspirasi pokok dengan menjustifikasikan kalimat utama dengan hal yang selalu dibahas dalam setiap kalimat.

misal :

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredar bahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak spesialuntuk menyerang orang bau tanah dan cukup umur saja, tetapi remaja bahkan anak – anak bisa menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ini. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya alasannya penyakit ini menyerang korbannya secara datang – datang sehingga kalau tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.

Ide pokok pada kalimat ini tertulis secara terang pada kalimat utamanya yaitu Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Hal ini bisa diperkuat dengan kalimat – kalimat pendukung yang mengambarkan betapa bahayanya penyakit ini di seluruh kalimat.

 

misal – misal Ide Pokok Paragraf Lengkap


Ide pokok pada paragraf induktif

Setiap sore hari banyak kendaraan beroda empat yang melewati jalanan ini. Mereka biasanya ialah para pekerja kantoran yang bekerja di Jakarta. Tak spesialuntuk kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat kecil, kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat besar pun turut meramaikan jalanan ini ibarat kendaraan beroda empat bus, truk dan kendaraan beroda empat besar lainnya. Hal ini dikarenakan jalanan ini sangat strategis. Oleh alasannya itu, tak heran jalananan yang menghubungkan antara Provinsi Jakarta dan Banten ini sangat padat oleh kendaraan bermotor.

Ide pokok : Jalanan penghubung antara Provinsi Jakarata dan Banten sangat padat oleh kendaraan bermotor.

Ide pokok pada paragraf deduktif

Bunga mawar yaitu bunga yang Indah. Bunga ini bahkan menjadi lambang cinta alasannya keindahannya. Tak jarang banyak para pasangan yang menghadiahi bunga mawar untuk pasanganya. Setangkai bunga mawar terlihat sangat romantis bahkan kalau dalam bentuk karangan bunga mawar, keindahannya tak akan tertandingi oleh apa pun.

Ide pokok: Bunga mawar yaitu bunga yang indah.

Ide pokok pada paragraf campuran

Olahraga sangat bermanfaa bagi badan kita. melaluiataubersamaini berolahraga, badan kita akan selalu sehat dan prima sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan membuat kita terhindar dari penyakit sehingga kita bisa menjalani acara tanpa halangan apapun. Tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit akan megampangkan kita mewujudkan mimpi – mimpi kita. Oleh alasannya itu, Olahraga sangatlah penting untuk dilakukan.

Ide pokok:  Olahraga sangat bermanfaa bagi badan kita
Ide pokok: Olahraga sangat penting untuk dilakukan
Advertisement

 

Ide pokok yang tersirat


Pada paragraf deduktif, induktif, dan adonan topik utamanya terang terlihat pada kalimat utama. Sedangkan pada paragraf narasi, deskripsi dan lainnya topik utamanya tersirat di dalam setiap paragraf. Di bawah ini yaitu topik utama yang tersirat di dalam paragraf.

Ide pokok pada paragraf deskripsi

Ani bisa mengerjakan soal matematika dengan sangat cepat. Dia bahkan bisa mengerjakan soal – soal yang sangat susah dengan begitu gampangnya. Tak jarang guru kami selalu memintanya untuk menggantikan dirinya kalau ia tidak bisa masuk. Salah satu presatasi yang membanggakannya yaitu ia pernah menjuarai lomba olimpiade matematika siswa tingkat nasional.

Ide pokok: Ani sangat bakir dalam hal matematika.

Ide pokok pada paragaraf narasi

Hari ini saya bertemu dengan mitra lamaku. Sebenarnya kami sudah usang tidak bertemu dan alhasil kami kini bisa bersama lagi. Aku pun mengajaknya bermain bersama – sama. Kami main ke taman dan bersenang – senang. Semua masalahku terasa hilang ketika itu berkat sobat bersahabat lamaku.

Ide pokok: Hari itu saya sangat bahagia bertemu dengan sobat bersahabat lama.

Ide pokok pada paragraf persuasi

Bersihkanlah lingkungan tempat tinggal kita alasannya kalau lingkungan membersihkan, maka tak ada bibit penyakit yang menyebar. Marilah kita bersama – sama menyapu, dan memmembersihkankan tiruana kotoran yang ada. Jika pekerjaan ini dilakukkan bersama – sama, maka kemembersihkanan lingkungan yang kita idamakan akan praktis tercapai.

Ide pokok: Marilah bersama – sama memmembersihkankan lingkungan.

Ide pokok pada paragraf argumentasi

Ujian nasional secara Online bukanlah jawabanan dari permasalahan ketika ini. Bahkan ujian nasional secara online ini malah menjadikan permsalahan gres bagi sekolah maupun siswanya. Permasalahan – permasalahan yang timbul misalnya, sekolah dituntut harus mempunyai akomodasi yang memadai ibarat komputer, kalau sekolah itu bisa hal ini tdak jadi masalah, tetapi bagaimana dengan sekolah – sekolah yang ada di daerah. Tak spesialuntuk itu, ujian nasional tahun ini tetap terjadi kebocoran kunci jawabanan bahkan lebih praktis alasannya sistemnya yang online.

Ide pokok: Ujian nasional online menjadikan problem gres bagi siswa dan sekolah.

Ide pokok pada paragraf eksposisi

Jeruk mempunyai kandungan vitamin c yang sangat banyak. Kandungan vitamin c ini baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Jika badan kita belum sempurnanya vitamin c, maka kita akan mengalami sariawan yang sangat mengagangu. Bahkan lebih parah lagi, kalau kita belum sempurnanya vitamin c, kita akan lebih praktis terjangkit penyakit. Tak spesialuntuk kandungan vitamin c yang banyak, jeruk juga mempunyai minyak astiri yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Ide pokok: Jeruk sangat bermanfaa bagi tubuh.