Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Argumentatif Ihwal Narkoba

Teks Argumentatif Tentang Narkoba - Narkoba ialah obat-obatan yang begitu berbahaya bagi manusia. Menggunakan goresan pena diberikut ini, diperlukan kita bisa mengingatkan kembali masyarakat khususnya anak muda wacana ancaman narkoba dalam kehidupan.

Bahaya Narkoba


Narkoba yaitu musuh besar bagi masyarakat di seluruh dunia. Bukanlah hal yang praktis untuk memberantas narkoba sebab peredarannya yang kian merajalela dengan banyak sekali cara. Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) biasanya dipakai dengan cara diminum, dihirup, maupun disuntikan sehingga mempersembahkan imbas mengubah pikiran, suasana hati atu perasaan, dan sikap seseorang. 

Zat ini yaitu zat adiktif yang bisa menjadikan imbas kecanduan atau ketergantungan yaitu apabila si pengguna tidak menggunakannya lagi, mereka akan mengalami sakau dan kesakitan. Zat ini sangat berbahaya bagi badan kita sebab bisa merusak jaenteng syaraf dan otak, serta kematian sebab overdosis dan sakau yang tidak direhabilitasi. Gangguan fisik lainnya yaitu gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan pada paru-paru, sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu badan meningkat, pengecilan hati dan susah pulas, penurunan fungsi hormon reproduksi dan gangguan fungsi seksual, perubahan periode dan ketidakteraturan menstruasi, amenorhoe (tidak haid), hepatitis B dan C, dan HIV. Adapun gangguan psikis, ibarat : lambat kerja, ceroboh, tegang dan gelisah, pesimis, apatis, pengkhayal, penuh curiga, menjadi berutal/ganas, sullit serius, perasaan kesal dan tertekan, dan sering menyakiti diri sendiri. Selain itu ada pula dampak sosial, ibarat : gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan, menjadi beban keluarga, dan masa depan menjadi suram.

Advertisement
Kasus-kasus wacana penyalahgunaan narkoba ini banyak terjadi di kalangan cerdik balig cukup akal dan anak muda. Meski ada juga masalah yang melibatkan orang renta ibarat artis-artis senior yang kita dengar kabarnya dari televisi bahwa mereka tertangkap mengkonsumsi narkoba. Anak muda cenderung tidak stabil dalam berpikir juga dalam mengatur emosi mereka. Kecenderungan untuk bersikap spontan dilakukan mereka. Kalangan cerdik balig cukup akal dan cowok lebih menyukai cara-cara cepat namun tidak berpikir panjang wacana akibatnya. Pemuda yang ialah pecandu narkoba tersebut beranggapan bahwa mereka bisa mendapat jalan keluar atas duduk masalah yang mereka hadapi dan menenangkan diri dengan memakai narkoba. Hal tersebut yaitu kekeliruan sebab hasilnya mereka bisa terkena macam-macam penyakit. Mereka justru menambah duduk masalah diri mereka sendiri dengan memakai narkoba. Pemuda seharusnya mengisi kemerdekaan Negara dengan aktivitas kasatmata dan referensi piker yang cerdas untuk membangun Negara bukannya malah menambah beban negara dengan terlibat dalam masalah penyalahgunaan narkoba. 

Bagi pecandu narkoba, melepaskan diri dari ketergantungannya pada zat adiktif ini yaitu susah. Butuh perjuangan keras dan kesadaran diri untuk terlepas dari jeratan narkoba. Tentu saja lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehingga, untuk mencegah bertambahnya masalah penyalahgunaan narkoba, dibutuhkan banyak kampanye, gerakan-gerakan, dan pengawasan yang ketat dari pihak orang renta dan lingkungan sekitar sehingga keluarga, kerabat, kawan, tetangga, dan siapapun yang berada di sekitar kita membersihkan dari narkoba.

Membangun lingkungan yang kondusif, religius, dan cerdas juga ialah perjuangan yang bisa dilakukan untuk terhindar dari ancaman narkoba. Tidak sanggup dipungkiri bahwa kehidupan social dan lingkungan sekitar mempengaruhi cara hidup. Dari klarifikasi diatas, penyalahgunaan narkoba yaitu berbahaya bagi fisik, psikis, maupun kekerabatan sosial kita. Mari kita gotong royong membangun lingkungan yang membersihkan dari narkoba. Setiap kita mempunyai harapan yang ingin diwujudkan. Jangan biarkan mimpi-mimpi itu tidak terwujud dan hancur awut-awutan sebab narkoba merenggutnya. Jauhi narkoba. Selamatkan diri dan lingkungan kita dari narkoba. Mari menjadi eksklusif yang baik, yaitu dimulai dengan baik terhdap diri sendiri. KATAKAN ”TIDAK” untuk NARKOBA.