Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membaca Pidato

8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Pidato - Berpidato yaitu suatu acara berbicara di depan orang banyak, yang bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi, mengarahkan, mengajak, atau beroarasi. Pidato sanggup disampaikan dengan banyak sekali macam cara, yaitu bisa dengan impromptu, kontemporer, menghafal, atau membaca naskah.

Namun, cara - cara berpidato ibarat di atas, bukanlah indikator yang memilih cantik atau tidaknya suatu pidato. Pidato yang cantik yaitu pidato yang pidato yang sanggup membuat kesan yang baik kepada para pendengar pidato tersebut. Tidak tiruana orang bisa berpidato dengan baik di depan umum, lantaran kemampuan berpidato dengan baik tidak didapatkan dengan simpel dan memerlukan tes yang cukup. Oleh lantaran itu, untuk memmenolong Anda dalam berpidato dengan baik, di bawah ini yaitu hal – hal penting yang harus diperhatikan dalam membaca pidato.

1. Menguasai Materi

Sebelum Anda membacakan pidato, pastikan Anda mengetahui apa yang akan Anda sampaikan. Hal ini sangat penting meskipun Anda berpidato dengan memakai metode membaca teks. melaluiataubersamaini menguasai bahan pidato, tentunya Anda akan sangat nyaman dikala berpidato dan jauh dalam perasaan gugup yang sanggup mengganggu. Selain itu, hai ini juga bisa mengantisipasi pertanyaan – pertanyaan yang dikeluarkan oleh pendengar kepada Anda.

2. Berpenampilan Menarik

Penampilan yaitu salah satu kunci utama untuk menarikdanunik perhatian para pendengar. Yang dimaksud dengan berpenampilan menarikdanunik yaitu bukan berpakaian atau berdandan berlebihan, tetapi sopan dan rapi. 

3. Berpidato dengan Singkat, Padat dan Jelas

Ketika berpidato, usahakan Anda memberikan pidato dengan singkat, padat, dan jelas. Hindarilah hal – hal yang tidak penting atau pembicaraan yang keluar jauh dari bahan sebelumnya. Perjelas juga bab – bab pidato Anda, ibarat mana bab pembuka, mana bab isi, dan mana bab penutup. Hal ini dilakukan supaya para pendengar sanggup menangkap maksud atau isi pidato Anda dengan sangat gampang.  

4. Menggunakan Intonasi dan Mimik Wajah yang Tepat

Para pendengar pidato tentunya tidak menyukai pembaca pidato yang datar. Oleh lantaran itu, gunakanlah intonasi dan mimik wajah yang tepat. contohnya bila Anda berpidato untuk membangkitkan semangat, maka gunakan intonasi yang tinggi dan mimik wajah yang bergairah. Namun, tidakbolehlah terlalu berlebihan lantaran membaca pidato tidaklah sama dengan membaca puisi.

Advertisement
5. Menggunakan Gerak Tubuh yang Wajar

Selain intonasi dan mimik wajah, gerakan badan juga bisa dipakai untuk mencegah kedataran dalam berpidato. Gerakanlah bab tangan atau kepala Anda, ibarat menunjuk, mengangguk, dan lain – lain, sehingga para pendengar memusatkan perhatiannya kepada Anda. Namun, hindarilah gerakan badan yang terlalu berlebihan lantaran itu bisa merusak serius pendengar.

6. Hindari Ketegangan

Jika suasana terlalu tegang, pasti maksud atau tujuan pidato tidak akan tersampaikan kepada para pendengar. Oleh lantaran itu, ciptakanlah suasana yang santai, nyaman dengan cara menyelipkan candaan atau humor – humor di tengah – tengah pidato Anda. Tetapi tidakboleh terlalu banyak memakai humor lantaran hal itu bisa membuyarkan serius pendengar, sehingga susah bagi mereka untuk kembali berserius.

7. Menggunakan Bahasa yang Baik

Gunakanlah bahasa yang baik. Bahasa yang baik tidak harus bahasa yang benar, lantaran bahasa yang baik yaitu bahasa – bahasa yang sanggup dimengerti oleh para pendengar. Meskipun Anda mengunakan bahasa yang baku dan sesuai EYD tetapi para pendengar tidak mengerti apa yang Anda bicarakan, maka bahasa tersebut bukanlah bahasa yang baik. Oleh lantaran itu, sebelum berpidato, cari tahu terlebih lampau siapakah orang yang akan mendengar pidato Anda, apakah para intelektual, atau masyarakat biasa.

8. Jangan Terpaku dengan Teks

Jika Anda membaca pidato dengan memakai teks, tidakbolehlah terpaku dengan teks lantaran hal itu akan sangat membosankan. Anda bisa melihat teks, kemudian membacakannya dengan melihat ke arah pendengar. 

Demikianlah 8 hal penting yang harus Anda perhatikan dikala membaca sebuah pidato supaya pidato Anda menjadi pidato yang baik dan menyebabkan kesan bagi para pendengarnya. Ingat, kemampuan membaca pidato yang baik memerlukan tes dan pengalaman yang banyak. Oleh lantaran itu teruslah latihan.